Cara Mengukur Tekanan Fuel Pump Mobil Injeksi Dengan Mudah

Cara Paling Mudah Mengukur Tekanan Fuel Pump Mobil Injeksi Dengan Benar Dan Ciri-ciri Kerusakannya.cara-mengukur-tekanan-fuel-pump-mobil-injeksi-dengan-mudah-mekanikmitsubishi

Mekanikmitsubishi.com – Mobil dengan sistem injeksi, terdapat pompa bahan bakar yang berfungsi mengalirkan bahan bakar ke injektor. Namun tekanan bahan bakar yang ukurannya sudah tidak sesuai bisa menghambat aliran bahan bakar tersebut.

Tekanan bahan bakar tidak boleh terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, sebab tekanan bahan bakarnya harus selalu stabil. Apabila tekanan bahan bakarnya terlalu tinggi, bisa mengakibatkan slang dan seal o ring bocor.

Baca juga : Tanda dan gejala ECU mobil bermasalah dan dampak kerusakannya.

Sedangkan tekanan bahan bakar yang terlalu rendah akan menyebabkan hal berbahaya pada pembakaran. Sebab proses pembakaran yang menuju injektor tidak sesuai dengan kebutuhan pembakaran. Sehingga mobil bisa mbrebet.

Contohnya saja mobil Toyota mempunyai tekanan 300 kpa hingga 350 kpa. Maka ketika mobil di start untuk dinyalakan tekanan bahan bakar perlu menekan hingga 300 kpa. Apabila fuel tidak bekerja maka hanya akan mengeluarkan tekanan hingga 150 kpa saja. Karena itu, dibutuhkan 2 kali start guna menghidupkan mobil Toyota tersebut.

Fluel kadang mudah mengalami kerusakan, dan ciri-ciri kerusakan tersebut antara lain sebagai berikut:

Baca juga : Penyebab dan tips mengatasi mesin diesel ngempos/tidak bertenaga.

  • Saat di strarter harus beberapa kali agar hidup
  • Mesin mulai mbrebet atau tersendar ketika hidup atau dijalankan
  • Pasokan bahan bakar kurang sehingga mobil susah dihidupkan

Sebenarnya pada tekanan bahan bakar tidak yang memengaruhi tidak hanya oleh pompa bahan bakar saja. Namun ada komponen yang bisa menyebabkan tekanan bahan bakar menjadi rendah. Dan penyebabnya antara lainnya:

  • Ada kebocoran pada selang bahan bakar
  • Bagian fluel pump sudah lemah dan rusak
  • Adanya kotoran yang menyumbat saringan bahan bakar

Banyak sebenarnya beberapa faktor yang sangat memengaruhi kerja mesin pada mobil injeksi. Salah satunya adalah pengaruh yang diakibatkan dari pompa bahan bakar yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Supaya fuel pompa injeksi bisa bekerja dengan baik, maka Anda perlu melakukan service mobil secara rutin. Dengan demikian mobil akan terhindar dari yang dari kerusakan.

 

Cara mengukur tenakan fuel pump mobil injeksi

  1. Langkah pertama mobil dalam keadaan mati, kemudian lepas pengunci selang yang menghubungkan fuel pump dengan injektor.
  2. Setelah itu hubungkan fuel pump pressure gauge yang telah lepas tadi. Lalu susun secara seri atau di bolak balik, ingat untuk menghindari terjadinya kebocoran sebaiknya konektor penyambung selang wajib dipasang dengan benar.
  3. Jika sudah terpasang, maka posisikan kunci kontak di posisi “On”. Ingat, sebelum kunci kotak dihidupkan atau “On” periksa dahulu sambungan selang bahan bakar bahwa tidak ada yang mengalami kebocoran.
  4. Kemudian lihatlah tekanan standby berada di angka berapa. Apabila tekanannya berada di bawah standar, maka fuel pump tidak rusak. Setelah itu hidupkan mesin.
  5. Apabila jarum alat ukur berada di angka standar, maka fuel pump tidak mengalami masalah.
  6. Setelah mengukur secara stasioner, maka naikkan putaran mesin secara spontan. Ataupun dengan cara putaran mesin di tahan di atas 1500. Jika jarum bergetar kurang lebih 2 sampai 3 kpa, maka itu bisa di katakan aman. Akan tetapi jika pergerakan jarum hingga 100 sampai 200 Kpa, berarti fuel pump mobil injeksi harus di periksa.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai ciri-ciri kerusakan fuelpump dan cara mengukur tekanan fuel pump mobil injeksi yang Anda miliki. Apabila Anda tidak sanggup melakukannya, maka Anda bisa meminta bantuan bengkel untuk melakukannya. Demikianlah sedikit informasi diatas yang bisa kalian baca, semoga bisa menambah referensi dan bermanfaat.

Artikel terkait :

Kelebihan dan kekurangan teknologi Drive By Wire pada Mobil.

Penyebab dan cara mengatasi Oversteer dan Understreer kendaraan dengan mudah.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *