Cara Menghilangkan Bunyi Tak Wajar Pada Mobil Mitsubishi Pajero

mekanikmitsubishi.comSalah satu hal yang paling tidak disukai saat mengendarai mobil adalah terdengarnya bunyi-bunyi yang tidak wajar yang berasal dari bagian dalam maupun luar mobil. Terlebih lagi jika mobil yang dikendarai adalah sebuah mobil yang bisa dibilang mewah, misalnya seperti mobil Mitsubishi Pajero Sport. Tak jarang mobil yang masih baru pun bisa mengalami hal seperti ini, apalagi mobil yang sudah “uzur”. Nah pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang faktor apa yang menyebabkan bunyi tak wajar pada mobil Mitsubishi Pajero Sport dan bagaimana cara menghilangkan bunyi tak wajar tersebut.

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkan bunyi tak wajar tersebut, terlebih dahulu kita harus mencari tahu dari mana sumber bunyi tersebut berasal. Umumnya, bunyi tak wajar yang paling sering terjadi berasal dari bagian bushing stabilizer yang sudah mulai aus dan stabilizer link yang juga sudah mulai kocak atau kendor. Nah, pada mobil Mitsubishi Pajero Sport terdapat dua stabilizer, yakni di bagian depan dan belakang. Jika Anda sering berkendara melewati jalan yang rusak atau berlubang, atau bahkan Anda sering touring melewati jalan-jalan di pegunungan yang relatif terjal dan berbatu, tentunya akan membuat kerja stabilizer menjadi lebih berat, dan hal inilah yang mengakibatkan bushing stabilizer menjadi lebih cepat aus, hingga akhirnya menimbulkan bunyi tak wajar atau bunyi klutuk-klutuk saat mobil Pajero Anda melewati jalan yang tidak rata.

Bahkan pada kasus yang sudah lumayan parah, mobil baru berjalan pun bunyi klutuk-klutuk tersebut biasanya sudah mulai terdengar. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi pada mobil Mitsubishi Pajero Sport Anda, bukan? Tapi Anda tidak perlu khawatir dan bingung jika hal ini terjadi pada mobil Mitsubishi Pajero Sport Anda, karena ada cara yang sangat mudah untuk mengatasi bunyi klutuk-klutuk tersebut, bahkan Anda tidak perlu mengganti part sama sekali, yaitu dengan cara menganjal bushing stabilizer yang kocak atau kendor tersebut dengan menggunakan karet ban bekas. Pengganjalan ini perlu dilakukan agar tidak terdapat celah antara stabilizer bar dengan stabilizer bushing. Dan untuk link stabilizer yang kocak atau kendor, Anda bisa memperbaikinya dengan cara di press. Berikut ini langkah-langkahnya:

Alat yang perlu disiapkan:

  • Karet ban dalam bekas.
  • Gunting.
  • Kunci ring ukuran 17-19mm.
  • Kunci ring ukuran 12-14mm.
  • Kunci Lhexagon.
  • Palu.
  • Obeng minus.

Cara pengerjaan:

  • Lepas klam baut pengikat bushing stabilizer dengan kunci ring 14mm.
  • Lepaskan bushing stabilizer, lalu ganjal bagian stabilizer bar yang bersentuhan dengan bushing.
  • Setelah itu pasang kembali, perlakukan hal yang sama pada bushing yang lain.
  • Lalu pasang kembali seperti semula.
  • Untuk link stabilizer yang kocak, bisa kita perbaiki dengan cara di press sampai pergerakan boljoing menjadi erat/kuat/alot.

Nah, itulah cara bagaimana menghilangkan bunyi tak wajar pada mobil Mitsubishi Pajero Sport Anda. Cukup mudah dan tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan? Bahkan anda bisa melakukannya sendiri dirumah, tapi dengan catatan saat pengerjaan harus benar-benar tepat dan teliti jangan sampai ada bagian yang terlewatkan sehingga tidak berpengaruh terhadap komponen mobil yang lain. Anda juga bisa mengetahui penyebab dan cara menghilangkan bunyi tak wajar pada kaki-kaki mobil Mitsubihi Kuda.

Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa membantu menghilangkan bunyi tak wajar pada mobil Mitsubishi Pajero Sport Anda, sehingga pada saat Anda berkendara menjadi nyaman tanpa gangguan dan mobil Mitsubishi Pajero Sport Anda pun tetap prima. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *