Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Tanpa Ke Bengkel

baret mobil

Keindahan penampilan tidak hanya tergantung dengan keindahan personal orang tersebut, namun juga tergantung pada apa yang dikenakannya. Saat anda menggunakan barang yang sesuai dan terawat maka akan menunjang penampilan anda. Lain hal nya jika anda menggunakan barang yang kurang terawat, sekalipun barang tersebut adalah barang bermerk namun akan tetap mengurangi keindahan penampilan anda.

Salah satu barang atau benda yang akan sangat mempengaruhi penampilan seseorang adalah kendaraannya, terutama mobil. Jika mobil yang anda kenakan terlihat bersih baik dari debu maupun goresan maka akan sangat meningkatkan keindahan penampilan anda.

Untuk dapat terlihat bersih dari debu mungkin caramembersihkanya mudah, namun bagaimana dengan cara menghilangkan baret pada mobil? Sebenarnya cara menghilangkan baret pada mobil juga tidak kalah mudahnya, hanya tergantung jenis atau kedalaman baretan. Berikut cara menghilangkan baret pada mobil berdasarkan jenis baretan :

  1. Baretan ringan

Baretan ringan adalah jenis baretan dengan kedalaman yang dangkal.Baretan ini biasanya terjadi karena goresan kuku, terkena lemparan kerikil atau benda kecil lain. cara menghilangkan baret pada mobil dengan kedalam dangkal ini cukup mudah, anda hanya perlu mengelapnya menggunakan wax yang telah di semprotkan pada microfiber. Lalu gosok-gosok pada permukaan mobil yang tergores hingga goresan hilang.Untuk mengembalikan kilauan pada cat mobil anda dapat menyemprotkan car plish setelahnya.

  1. Baretan sedang

Jenis bareta ringan adalah jenis baretan pada mobil yang mengenai cat basic body mobil. Karena kedalaman baret cukup dalam maka anda memerlukan cat touch-up untuk menghilangkannya. Sebelum menggunakan cat touch-up anda harus membersihkan bagian mobil yang terkena goresan terlebih dahulu menggunakan grease remover serta wax. Setelah itu baru anda bisa mengecatknya kembali dan baretan pada mobil anda pun akan hilang.

  1. Baretan dalam

Sesuai namanya yaitu baretan dalam, berarti baretan ini memiliki kedalaman cukup dalam.Baretan dalam ini biasanya sampai mengenai basic logam.Cara menghilangkan baret pada mobil dengan kedalaman cukup tajam ini anda dapat mengamplasnya terlebih dahulu, gunakan amplas dengan ketebalan 800-1000 grit.Setelah itu lanjutkan untuk mengamplas dengan ketebalan 1.200 grit.Setelah baretan tidak nampak lagi, semprotkan cat pada body mobil yang terkena goresan dan sudah di amplas tadi.

Cara menghilangkan baret pada mobil sangat mudah bukan? Namun ada bahan lain yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan baret pada mobil, yaitu lotion anti nyamuk. Benda yang hampir di miliki di setiap rumah ini terbukti dapat menghilangkan baret ringan hingga baret sedang pada body mobil anda.

Cara menghilangkan baret pada mobil menggunakan lotion anti nyamuk ini adalah dengan mengoleskan lotion anti nyamuk pada body mobil yang terkena baretan. Diamkan lotion selama 15-20 menit, setelah itu bilas menggunakan air dan keringkan dengan kain lembut atau kertas koran. Untuk mendapatkan hasil maksimal anda bisa mengulangi proses ini hingga beberapa kali.

Setelah baret pada body mobil anda hilang, tentu anda harus menjaga cat mobilnya agar selalu terlihat bersih dan berkilau. Berikut panduan cara menjaga cat mobil setelah terkena goresan agar terlihat mulus dan berkilau kembali :

  1. Bersihkan kotoran yang menempel pada body mobil, khusunya kotoran yang terdapat pada goresan mobil seperti debu, tanah atau benda asing lain yang menempel.
  2. Setelah semua kotoran bersih, lalu keringkan cat mobil. Gunakan kainberbahan chamois agar tidak tersisa butiran air pada permukaan cat.
  3. Jika sudah kering, oleskan bahan penghilang goresan (kompon) pada bagian yang terkena goresan. Untuk meratakan cat yang ada pada sekeliling goresan, gosok kompon menggunakan kain lembut. Beri sedikit tekanan saat mengosoknya agar cat dapat berbaur dengan sempurna.
  4. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya proses di atas di lakukan secara berulang.
  5. Sesudah goresan hilang atau tidak terlihat lagi, langkah berikutnya dalam menjaga cat mobil adalah dengan memberi cairan pengkilap cat mobil. Sesuai namanya, berarti cairan ini berfungsi untuk mengembalikan kilau mobil.
  6. Setelah anda menyemprotkan cairan pengkilap cat mobil, lalu gosok-gosok cairan tersebut menggunakan kain lembut hingga cat mobil benar-benar berkilau (semakin lama di gosok maka akan semakin mengkilap).

Panduan di atas adalah panduan cara menjaga cat mobil setelah terkena goresan atau baretan agar terlihat mulus dan berkilau kembali. Jika anda sudah melakukan semua langkah di atas, perawatan selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mencuci mobil dengan rajin.Karena dengan mencuci mobil selain dapat membuat mobil nampak lebih bersih, juga dapat mengurangi potensi terjadinyabaretan ringan akibat kerikil yang menempel pada body mobil.Pemilihan cairan pembersih mobil juga harus anda perhatikan agar tidak merusak susunan warna serta komponen cat mobil.Usahakan anda memilih pembersih mobil yang sekaligus mengandung pengkilap body mobil.

Semoga pembahasan cara menghilangkan baret pada mobil dan cara menjaga cat mobil di atas bermanfaat untuk anda.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *