Cara Mengganti Oli Transmisi Otomatis Mobil Mitsubishi Pajero Sport

Mengganti oli transmisi mobil Mitsubishi Pajero secara rutin memang perlu dilakukan, agar performa mobil tetap bisa optimal. Pada dasarnya ada 2 macam cara untuk mengganti oli transmisi otomatis pada sebuah mobil, cara yang pertama adalah dengan menggunakan sebuah alat yang bernama ATF Changer dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan cara manual. Karena alat yang diigunakan untuk mengganti oli harganya sangat mahal, sehingga hanya bengkel-bengkel tertentu saja yang memiliki alat seperti ini. Sedangkan untuk bengkel-bengkel umum, mereka lebih sering mengunakan cara yang kedua, yaitu dengan cara manual, atau tanpa menggunakan alat ATF Changer.

Nah, dibawah ini penulis akanmekanikmitsubishi.com memberikan beberapa langkah bagaimana cara mengganti oli tranmisi otomatis pada mobil Mitsubishi Pajero sport dengan menggunakan cara yang kedua, yaitu cara manual. Cara berikut ini tidak hanya terbatas untuk mobil Mitsubishi Pajero saja, tetapi juga bisa diterapkan pada mobil jenis lain.

Alat yang perlu disiapkan:
1. Kunci offside ukuran 17-19mm.
2. Sebuah wadah untuk tempat oli bekas.
3. Corong (alat untuk menuangkan oli)
4. Kain lap / majun.
5. Skriper (alas untuk digunakan saat badan berada di bawah mobil).

Cara pengerjaan:
1. Tempatkan kendaraan di tempat yang datar, lalu tarik tuas transmisi ke posisi “P” dan jangan lupa tarik juga tuas rem parkir.
2. Buka kap mesin.
3. Kendorkan baut 17 (drain bolt) yang terletak di bagian bawah box transmisi. Tunggu beberapa saat sampai oli terkuras habis.
4. Ukur berapa liter oli yang keluar dari drain bolt tadi dengan menggunakan gelas ukur.
5. Isikan oli ATF baru melalui lubang stik ilo, yang jumlahnya sama banyaknya dengan oli yang kita kuras tadi, kapasitas oli transmisi otomatis Mitsubishi Pajero sport adalah 10 liter.
6. Setelah diisikan oli ATF yang baru, hidupkan mesin beberapa saat dengan disertakan memindahkan selektor lefer ke semua posisi, hal ini bertujuan agar oli di dalam transmisi bersirkulasi
7. Lakukan pekerjaan nomer 3, 4, 5 dan 6 secara berulang sampai oli bekas yang di dapatkan genap 10 liter, hal ini menandakan bahwa pekerjaan sudah selesai.

Nah, itulah beberapa tahapan mengganti oli transmisi otomatis mobil Mitsubishi Pajero Sport dengan baik dan benar. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa membantu agar performa mobil Mitsubishi Pajero Sport Anda tetap optimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

One comment

  • Sutanto Wijaya

    Minta tolong recomendasi bengkel umum yg bisa mengganti timing belt pajero sport exceed 2012 saya dengan baik dan benar, di daerah jakarta barat atau utara….terimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *