Cara Mengemudi Mobil Matic Agar Hemat BBM

mobil matic

Mobil type matic kian menjamur dan banyak diminati oleh masyarakat,tidak heran jika prosusen mobil berlomba-lomba mengembangkan teknologi dan menyempurnakannya. Tidak hanya untuk kendaraan roda empat,kendaraan roda duapun mulai beralih ke tipe matic/automatic. Tidak heran jika dikota-kota besar banyak masyarakat mengunakan mobil/motor tipe matic. Mobil matic menjadi primadona baru dikalangan masyarakat perkotaan,kemudahan saat mengemudi dan kenyamanannya adalah faktor paling utama alasan mereka.

Meski mengendarai mobil/motor tipe matic lebih mudah dibandingkan dengan tipe manual,sebagian besar pengendara yang sudah terbiasa mengunakan mobil tipe manual merasa perlu adaptasi dan perlu pemahaman khusus Bagaimana Mengendarai Mobil Matic,Perbedaan Mengunakan Mobil Matic Dengan Mobil Manual Serta Cara Mengemudi Mobil Matic Agar Hemat Bahan Bakar.

Sebagai pengemudi yang baik alangkah baiknya mengetahui cara kerja mobil matic dan cara mengemudinya dengan benar. Kita tahu bahawa mobil matic lebih mengkonsumsi bahan bakar dibandingkan dengan mobil manual. Namun yang kita perlu tau bahwa tidak semuanya mobil tipe matic selalu lebih boros. Hal tersebut tergantung dengan karakteristik pengendara dan medan yang ditempuh. Penyebab konsumsi bahan bakar mobil matic lebih banyak dibandingkan dengan mobil tipe manual adalah “pengendara mobil tipe matic,sering melakukan kick down untuk berakselerasi”

Perbedaan Sistem Transmisi Mobil Tipe Matic/automatic Dengan Mobil Tipe Manual adalah :

Tipe mobil matic cara kerjanya dengan merubah rasio transmisi daya dari tenaga mesin langsung menuju roda secara otomatis.
Sedangkan untuk Tipe mobil manual, pengendara diberi opsi untuk mengatur sendari rasio dari tenaga mesin ke roda untuk mendapatkan laju yang diinginkan.

Tips Jitu Dan Cara Mengemudi Mobil Matic Agar Hemat BBM

Membandingkan cara kerja mobil matic dengan mobil manual memang diperlukan agar bisa mencari celah agar konsumsi bahan bakar mobil matic lebih irit.

Pada saat Transmisi dalam posisi “D” mobil metic secara otomatis akan bergerak tanpa kita harus menginjak pedal gas. Berbeda dengan Mobil tipe manual yang harus menginjak pedal gas saat pedal kopling mulai dilepas. Hal tersebut kemungkinan terjadinya kelebihan dalam menginjak pedal gas sehingga bahan bakar yang terbuang akan lebih besar.

Tips mobil matic tidak boros bahan bakar ialah jangan terlalu sering melakukan kick down berlebihan saat melakukan putaran awal. Gunakan kepekaan Anda untuk mengatur supali bahan bakar yang masuk keruang bakar agar tidak berlebihan.

Tips mobil matic agar hemat bahan bakar ialah pengemudi sebaiknya mengunakan fitur ECODRIVE yang sudah banyak diterapkan pada mobil keluaran terbaru.

Sekarang saya akan bahas Cara Mengemudi Mobil Matic Dengan Benar :

Mengemudi mobil tipe matic sebaiknya hanya mengunakan satu kaki,berbeda dengan mobil tipe manual yang diharuskan mengunakan dua kaki. Karena mengendarai mobil manual dibutuhkan kedua kaki yang aktif untuk mengoperasionalkan pedal gas,rem dan pedal kopling.

Untuk mengemudi mobil matic kaki kiri dan tangan kiri Anda bebas,kecuali jika Anda akan mundur. Mobil matic putarannya disesuaikan putaran mesin dengan otomatis.

  1. Langkah awal mengendarai mobil matic yakni Anda menginjak pedal rem secara perlahan lalu tangan kiri Anda merubah poin transmisi ke posisi “D” untuk melaju kedepan,dan merubah kepoin “R” untuk mundur.
  2. Setelah menggeser tuas,Anda harus menginjak gas secara perlahan dibarengi dengan menonaktifkan  handle rem tangan.
  3. Setelah handdle dalam posisi off,ijak pedal gas secara perlahan.(jika anda starting dalam keadanan jalan menanjak/berlumpur sebaiknya anda mengeser tuas ke poin “L/1” ini adalah fitur dimana posisi gigi putaran yang paling ringan sehingga mobil lebih ringan dan mudah melaju dijalan menanjak)
  4. Saat Anda memarkirkan kendaraan geser tuas ke posisi/poin “P”. Jika Anda tidak melakukan hal ini,Anda tidak dapat mencabut kunci kontak pada mobil Anda.

 

Tambahan Mengenai Cara Mengemudi Mobil Matic :

  1. Untuk pemula mengendarai mobil matic jauh lebih mudah dibandingkan dengan mobil tipe manual. Karena hanya kaki kanan saja yang bekerja untuk menginjak pedal gas atau rem.
  2. Setelah mobil melaju,Anda diwajibkan untuk fokus dan konsentrasi pada pedal gas dan pedal rem saja. Pengemudi tidak perlu melepas atau menginjak pedal kopling saat ingin menaikkan atau menurunkan laju kecepatan kendaraan.
  3. Keumuman dari mobil matic dari mobil manual yakni dalam posisi stasioner mobil matic lebih besar gasnya dibandingkan dengan mobil manual. Saat tuas dipindah di posisi “D” maka mobil akan melaju dengan sendirinya. Sebagai pengaman mesin tidak akan hidup saat pedal rem tidak diinjak. Pedal rem harus selalu diinjak setelah mesin menyala agar menjaga mobil tetap pada posisinya dan sebabnya posisi tuas tidak bisa dipindah dari “P” ke posisi “D”

 

Mungkin ini penjelasan saya menegenai Cara Mengemudi Mobil Matic Agar Hemat BBM,semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin belajar mengendarai mobil matic.

terimakasih..