Cara Mengecek Volume Oli Transmisi Otomatis Mobil Mitsubishi Pajero Sport

mekanikmitsubishi.comMengecek volume oli transmisi otomatis mobil sangat penting dilakukan. Karena jika oli transmisi otomatis mobil tersebut kurang, maka selain untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen-komponen yang berhubungan, tapi juga sangat bermanfaat untuk menjaga performa mobil agar saat dikendarai tetap dalam kondisi prima, mulus, dan nyaman.

Nah, jika pada artikel sebelumnya penulis sudah membahas tentang bagaimana cara mengganti oli transmisi otomatis mobil Mitsubishi Pajero Sport Anda, maka pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang bagaimana cara untuk mengecek volume level oli transmisi otomatis mobil Mitsubishi Pajero Sport Anda. Pengecekan volume oli transmisi otomatis ini harus dilakukan pada saat mesin mobil Mitsubishi Pajero Sport Anda dalam kondisi panas. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Sebelum melakukan pengecekan, kendarai atau panasi dulu mesin mobil Pajero Anda selama lebih kurang 10 menit atau sampai temperatur mesin mencapai lebih kurang 80 derajat celcius.
  • Parkir mobil Pajero Anda di tempat yang rata, dan jangan lupa untuk menarik tuas hand break.
  • Buka kap mesin mobil Pajero Anda.
  • Selama mesin mobil Pajero Anda masih hidup, pindahkan selektor level ke semua posisi, masing-masing selama lebih kurang 10 detik. Hal ini bertujuan agar oli transmisi otomatis mobil Pajero Anda bersirkulasi.
  • Untuk melihat jumlah atau volume oli, tarik stik oli transmisi, lalu bersihkan dengan kain lap/majun.
  • Masukkan kembali stik oli transmisi tersebut hingga menyentuh dasar, lalu tarik kembali.
  • Lihat ujung stik oli yang sudah dicelupkan, jika ada bekas oli yang berada di antara 2 coakan atau cekungan bagian atas, itu menandakan jika jumlah atau volume oli transmisi otomatis mobil Pajero Anda dalam kondisi yang pas. (pada ujung stik oli terdapat 4 coakan atau cekungan, 2 coakan atau cekungan yang ada di bagian bawah digunakan untuk melihat atau mengecek jumlah atau volume oli transmisi otomatis pada saat kondisi mesin mobil masih dingin atau pada pagi hari, sedangkan 2 coakan atau cekungan yang ada di bagian atas digunakan untuk melihat atau mengecek jumlah atau volume oli pada saat mesin mobil kondisinya panas)
  • Jika jumlah oli transmisi otomatis mobil Pajero Anda kurang, Anda bisa menambahkan oli transmisi otomatis melalui lubang stik oli, dan jika oli transmisinya lebih dari yang ditentukan, Anda juga bisa mengurangi melalui drain bolt yang terletak di bagian bawah transmisi.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek volume oli transmisi otomatis mobil Mitsubishi Pajero Sport Anda. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *