Cara Mendeteksi Dan Penyebab Lampu Rem Mobil Mati Serta Solusinya

cara-mendeteksi-dan-penyebab-lampu-rem-mobil-mati-serta-solusinya-mekanikimitsubihsiCara Mendeteksi Dan Penyebab Lampu Rem Mobil Mati Serta Solusinya Terbaiknya.

Mekanikmitsubihsi.com – Saat ini, banyak kasus kecelakaan mobil terjadi karena kesalahan pengendara, seperti berkendara dengan kecepatan tinggi, tak menaati rambu lalu lintas, dan bisa juga karena adanya masalah pada salah satu bagian mobil Anda.

Nah salah satu bagian kecil mobil yang ternyata kegunaanya cukup besar adalah lampu rem mobil. Dimana lampu rem mobil akan memberitahukan kepada pengendara lain jika mobil yang anda kendarai sedang melakukan pengereman.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan lampu LED yang jarang diketahui.

Lampu rem mobil juga bisa dijadikan sebagai patokan atau peringatan kepada pengendara mobil lain untuk lebih hati-hati dan jaga jarak terhadap mobil yang anda kendarai. Lalu bagaimana jika lampu rem mobil mati?

Tentu sangat berbahaya. Nah untuk menghindari berbagai kemungkinan buruk akibat lampu rem mobil yang mati, baiknya anda ketahui apa saja penyebab lampu rem mobil rusak dan solusinya.

Baca juga : Cara membersihkan lens lampu mobil yang kusam dengan ampuh.

Penyebab lampu rem mobil mati sendiri antara lain karena bohlam yang sudah rusak atau bahkan pecah. Untuk mengetahui pecah atau tidaknya, anda bisa mencopot kaca lampu terlebih dahulu, kemudian cek pada beberapa bagiannya.

Jika memang penyebab lampu rem mobil mati adalah bohlam yang pecah, maka solusinya adalah dengan ganti bohlam menggunakan bohlam baru yang tentu saja berkualitas baik dan sesuai dengan spesifikasi mobil anda.

Akan tetapi, jika penyebab lampu rem mobil mati ternyata bukan karena bohlam yang rusak, maka segera lakukan pengecekan pada bagian switch rem. Letak switch rem sendiri berada di bagian dalam pedal rem.

Ketika lampu re bekerja dengan baik, maka saat pedal rem diinjak lampu rem akan langsung menyala secara otomatis. Akan tetapi jika terjadi masalah di bagian swtitch remnya, maka lampu rem tidak akan memberi respon.

Nah untuk mengecek apakan switch rem masih bekerja dengan baik atau tidak, caranya yaitu dengan menyambungkan dua buah kabel yang kemudian digabungkan dengan switch . Pertama-tama lepaskan terlebih dahulu kebelnya, selanjutnya baru hubungkan dengan lampu rem dengan dua buah kabel tersebut. Apa bila ketika sudah dihubungkan dan lampu rem menyala, berarti memang benar switch rem anda yang rusak.

Penyebab lampu rem mobil mati yang ketiga adalah karena kabel yang terputus di tengah jalan. Untuk pengecekan karena penyebab yang satu ini nampaknya sedikit lebih rumit. Karena anda harus mengetahui jalur kabel dan mengecek secara runtut. Umumnya, kabel yang terputus ini disebabkan karena binatang pengerat seperti tikus.

Apa bila memang lampu rem mobil mati karena kebel yang terputus, solusi terbaiknya adalah dengan mengganti kabel lampu remnya.

Dan kemungkinan penyebab lampu rem mobil mati yang terakhir adalah karena dudukan bohlam rem yang rusak. Ya, tak hanya karena bohlam remnya saja yang rusak, bagian dudukan bohlam yang rusak pun dapat membuat lampu rem mati.

Untuk mengecek apakan bagian dudukan bohlam rem rusak atu tidak, anda bisa mencopot bohlam rem terlebih dahulu. Apa bila ketika dipasangi bohlam lain yang masih bagus (baru), lampu tetap tidak menyala berarti bisa dipastikan bagian dudukan bohlam remnya yang rusak.

Bagaimana, mudah bukan? cara mendeteksi dan penyebab lampu rem mobil mati beserta beberapa solusi simpelnya. Nah untuk berjaga-jaga, baiknya sering-seringlah menservice mobil anda.

Sehingga tak hanya bagian lampu rem mobil saja yang dapat terawat dengan baik, namun bagian lain yang juga tak kalah pentingnya pun akan ikut terawat dengan baik.

Artikel terkait :

Penyebab lampu mobil berembun yang wajib diketahui.

Penyebab utama sekring mobil sering putus dan tips penanganannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *