Cara Mendeteksi Dan Mengatasi Mobil Mogok Dengan Tepat

Cara Mendeteksi Dan Mengatasi Mobil Mogok Dengan Tepat

 

untitled

Kita tau bahwa saat melakukan perjalan mengunakan kendaraan apalagi perjalanan jauh,pasti kita sudah memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan apa yang terjadi. Dari kecukupan bahan bakar,kenyamanan kendaraan dan hal-hal lain yang perlu kita perhitungkan.

Kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mendeteksi dan Mengatasi Mobil Mogok Dengan Tepat. Sebelum kita membahasnya lebih dalam saya akan mengutarakan,jika pengendara sangat lebih baik dan dianjurkan untuk menganalisa hal apa saja yang sangat mungkin terjadi saat melakukan perjalanan. Baik bertujuan untuk berwisata,touring atau beraktivitas sehari-hari maka persiapannya sangatlah berbeda.

Seorang pengendara akan lebih baik jika mempersiapkan lebih dini saat melakukan perjalanan,yakni dengan menyiapkan peralatan apa saja yang dibutuhkan dan mengetahui cara mengatasi masalah saat kendaraan kita mogok dijalan. Terlebih lagi jika mobil kita mogok dalam keadaan yang kurang tepat semisal jauh dari bengkel umum,jauh dari keramaian dan mungkin medan yang tidak memungkinkan.

 

 

 

 

 

Nah…saya akan bahas masalah ini yakni Cara Mendeteksi Dan Memperbaiki Mobil Mogok Dengan Tepat. Mobil Mogok bisa kita pahami bahwa mobil tersebut mengalami mati mendadak dan atau sulit dinyalakan (starter). Banyak Pengendara mengeluh karena tidak mengetahui sebab mobil tersebut sebelum mogok/menunjukan mobil tersebut menunjukan gejala akan mogok.

Menurut beberapa sumber terpercaya bahwa sebab mobil tersebut mengalami mogok yakni,ada beberapa komponen mobil yang luput dari perhatian pengendara. Sebagian besar pengendara tidak peduli dengan sistem perawatan mobil yang benar atau dikarenakan mereka tidak paham mengenai sistem kerja mobil.

lalu bagaimana cara pemecahan masalah ketika mobil mengalami mogok? dan cara mengantisipasinya…

Pertama : Arus Listrik Aki Lemah

Penyebab Arus aki lemah yakni secara garis besar terjadi oleh beberapa faktor Kabel diterminal putus atau ada baud kemassa (-) tidak kencang atau kendor. Mungkin bermasalah dengan Alternator atau Dinamo ampere yang mengalami keausan.

Bila anda menduga Aki Anda bermasalah,maka langkah mendeteksi kerusakannya dengan memeriksa pemasangan kabel diterminal aki. Pastikan apakah kabel terpasang dengan baik/tidak. Bila kendur maka kencangkan dan bersihkan menggunakan amplas atau sikat mengunakan sikat kawat yang medium. sikat hingga bersih dan tidak ada benda asing yang menggangu arus listrik.

periksa volume air aki (jika mengunakan jenis aki basah) tambahkan air aki jika sudah melewati ambang batas standar volume aki. Jika aki sudah mengalami keausan karena faktor usia,tidak ada salahnya anda menganti aki dengan yang baru.

 

 

 

 

 

Kedua : Alternator Aus

Komponen ini berfungsi sebagai pengisian arus listrik ke aki,sudah tentu jika alternator bermasalah atau bahkan mengalami kerusakan maka pengisian ke aki tidak maksimal dan aki akan kehabisan cadangan listrik yang mengakibatkan mobil Anda Mogok.

Ada beberapa kerusakan pada komponen Alternator yakni:

a. Gulungan tembaga putus. (putusnya satu diantara gulungan tembaga ini akan sangat menggangu kerja alternator.

b. Diode putus. ( sama halnya dengan dulungan kawat jika ada satau diode yang putus/terbakar dari enam diode ( kebanyakan mengunakan enam diode ) maka hal ini cukup untuk menghidupkan mesin/.

c. Kabel Berkarat. ( kabel dari alternator sampai ke aki sangat mudah sekali berkarat dikarenakan letak alternator ada dibagian bawah jadi sangat mudah terkena kotoran dan air,hal ini mengakibatkan kabel mudah korosi dan mudah putus )

Ketiga: Turunya Aruslistrik ke terminal dan Komponen Coil

Hal ini terjadi biasanya faktor usia kendaraan Anda sudah lebih dari 5 tahun pemakaian. Arus yang turun menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna disebabkan Ignitions tidak mendapatkan arus yang cukup.

 

 

 

 

 

Cara mendeteksi dan mengatasi kerusakan ini sangat mudah yakni dengan periksa kabel distributor lalu tempelkan ke mobil ( massa ) kemudian stater mobil. jika arus listrik masih ada makan akan terlihat percikan bunga api dan begitu sebaliknya jika tidak terlihat bunga api maka arus listrik kurang / bahkan tidak ada.

Jika tidak ada arus listrik maka periksa sambungan kabelnya,pastikan kabel tersambung dengan baik. Bila sambungan terlihat baik maka besar kemungkinan Coil mengalami kerusakan / Platina terdapat kotoran.

Ketiga : Swicher Aus

Banyak pengendara yang tidak mengetahui dengan keausan komponen ini. Padalah kemungkinan kerusakan pada komponen ini sangat besar. Komponen ini yang paling sering digunakan,disaat menghidupkan mesin atau mematikan mesin.

Terjadi karena Kontaktor Plus Minus aus sehingga arus listrik tidak tersambung. Jika mengalaminya segera menggantinya.

Jika anda mengalaminya maka Cara Memperbaikinya dengan menyambungkan kedua kutup tersebut dengan sebuah peniti/kawat tips yang tajam,sambung kedua kutup tersebut.

Keempat : Karburator Bermasalah ( jika mobil anda masih mengunakan komponen ini)

Kebanyakan Mobil mobil mogok disebabkan dengan komponen ini. Permasalahan unum yang terjadi ialah Semburan bahan bakar keruang bakar yang tidak tepat menyebabkan mobil sulit dihidupkan. Ada beberapa hal yang menyebabkan semburan campuran bahan bakar dan angin tidak tepat yakni: setelan klep yang terlalu rapat atau kotor.

Solusi mengatasinya yakni dengan menyetel ulang jarak bebas klep in dan ex nya serta membersihkan komponen klepnya.

Cara mendeteksinya yakni dengan melepas selang bahan bakar dan masukkan wadah kemudian nyalakan (starter mobil) jika normal maka selang akan mengeluarkan bensin dengan lancar.

 

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *