Cara Mencampur Premium Dan Pertamax Yang Benar Tanpa Mengganggu Kinerja Mesin

cara-mencampur-premium-dan-pertama-yang-benar-mekanikmitsubishiCara Mencampur Premium Dan Pertamax Yang Benar Dan Tak Mengganggu Kinerja Mesin.

Mekanikmistubishi.com – Akhir-akhir ini, Indonesia sering kali mengalami krisis bbm yang menyebabkan masyarakat harus mengantri panjang demi mendapatkan bbm. Hal ini bisa saja terjadi selain karena memang langkanya bahan bakar juga karena masyarakat selalu memburu bahan bakar premium.

Baca juga : Apakah bahaya mencampur preminum dengan pertamax?

Memang benar stok bahan bakar premium lebih besar, akan tetapi jika yang diburu masyarakat hanya bahan bakar bersubsidi yang satu ini jelas saja Indonesia menjadi negara yang kekurangan bahan bakar dalam jumlah cukup banyak.

Menanggapi hal ini, banyak cara yang dilakukan masyarakat agar tetap bisa menggunakan kendaraan pribadi mereka tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar dengan membeli pertamax yang merupakan bahan bakar tanpa subsidi.

Salah satunya yaitu dengan mencampurkan premium dengan pertamax. Akan tetapil banyak juga yang bertanya-tanya apakah mencampurkan premium dengan pertamax tidak berpengaruh buruk terhadap mesin?

Jawabannya adalah tidak asalkan anda tahu bagaimana cara mencampur pertamax dan premium yang benar. Lalu bagaimana cara yang benar tersebut?

Anda bisa mencampurkan pertama dengan premium dalam takaran 4 : 1, yaitu pertamax dalam jumlah yang lebih banyak. Mengapa harus begitu? Karena pertamax merupakan bahan bakar yang telah mendapat bahan adiktif ketika diolah.

Nah bahan adiktif yang terdapat pada pertama ini berfungsi sebagai filter. Itu sebabnya mengapa kendaraan yang selalu menggunakan bahan bakar pertamax akan terasa lebih ringan tarikannya, yaitu karena pertamax dapat menyaring kotoran pada mesin sehingga tak ada kotoran yang menyebabkan kinerja mesin melemah.

Sedangkan untuk takaran premium dibuat jauh lebih sedikit yaitu karena premium merupakan bahan bakar yang tidak memiliki bahan tambahan atau bisa dibilang polosan. Dan buruknya, zat adiktif yang terdapat pada pertamax tidak akan bekerja jika tercampur dengan bahan bakar lain yang tidak mengandung bahan campuran serupa (premium).

Itu dia cara mencampur pertamax dan premium yang benar. Dan jika dibandingkan dari penjelasan di atas, akan jauh lebih baik jika anda hanya menggunakan salah satu bahan bakar saja tanpa mencampurkannya.

Meskipun tidak membuat mesin menjadi rusak, namun akan sangat rugi jika pertamax dicampurkan dengan premium sehingga manfaat yang seharusnya anda dapatkan (filter kotoran) akan hilang karena percampuran premium.

Namun bila anda tetap ingin menggunakan kedua bahan bakar ini, baiknya gunakan secara bergantian tanpa harus mencampurkannya. Yaitu mungkin pertama gunakan premium hingga beberapa kali, kemudian jika tangki mobil atau motor sudah kosong baru isikan dengan pertamax.

Cara ini lebih baik karena anda tetap bisa menggunakan kendaraan pribadi di tengah langkanya bahan bakar premium, tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup banyak untuk membeli pertamax sebagai pengganti premium. Akan tetapi juga masih bisa mendapatkan manfaat pertamax untuk menjaga tarikan mesin agar tetap ringan.

Dan selain dengan beberapa kali menggunakan pertamax, anda juga bisa menjaga kinerja mesin dengan cara sering melakukan service. Lakukan setidaknya 1 bulan sekali, sehingga kualitas mesin dapat terjaga dengan baik, serta dapat mengidentifikasi kerusakan atau gangguan lain yang mungkin menyerang beberapa bagian di mobil anda.

Tak hanya itu, perawatan sederhana seperti sering memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum digunakan pun akan berdampak cukup besar pada mesin anda. Salah satu yang paling terasa adalah tenaga mesin. Dimana ketika mesin sering dipanasi, maka tenaga mesin akan terjaga dengan baik, lain halnya dengan mobil yang jarang dipanasi sehingga tenaga mobil akan cepat menurun.

Demikian  artikel ini, mengenai tips dan cara mencampur bahan bakar jenis premium dengan pertamax yang benar tanpa mengurangi performa mesin,dan aman bagi mesin.

Artikel terkait :

Bahaya dan resiko yang sering disepelekan memakai penghemat bahan bakar kendaraan.

Tips pintar berkendara hemat bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *