Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak Dengan Mudah

memperbaiki aki kering

Saat ini, di era kemajuan jaman yang sangat luar biasa, teknologi pun berkembang dengan pesat.Perkembangan teknologi turut mendorong perkembangan berbagai aspek, salah satunya adalah dunia otomotif.

Perkembangan otomotif saat ini tidak lepas dari perkembangan teknologi yang ada.Salah satu hal yang memiliki peran paling vital di dunia otomotif saat ini adalah aki atau ACCU.Aki merupakan sumber kelistrikan utama dalam kendaraan modern.

Motor ataupun mobil, bergantung pada kinerja aki. Tidak hanya mobil saja yang bergantung pada aki.Saat ini, motor-motor terbaru memiliki ketergantungan dengan aki. Banyak motor yang tidak dilengkapi dengan kick starter, yakni hanya mengandalkan hand starter, ini berarti sangat bergantung dengan aki. Lalu bagaimana jika aki pada motor atau mobil anda soak? Tentu saja anda harus melakukan penanganan secepat mungkin.

Solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan membeli aki yang baru untuk mengganti aki yang soak. Jenis aki secara garis besar dibagi menjadi 2, yakni aki kering dan aki basah.Saat ini penggunaan paling banyak adalah aki kering, karena perawatannya lebih mudah. Meskipun begitu, bukan berarti aki kering tidak bisa soak.

Jika aki kering yang anda miliki soak atau drop, anda bisa memperbaikinya. Untuk lebih jelas lagi, di bawah ini adalah cara memperbaiki aki kering yang soak dengan mudah :

  • Copot aki kering dari tempatnya, jangan lupa untuk mencopot kabel-kabel yang berkaitan.
  • Setelah itu buka paksa tutup aki dengan obeng minus. Anda harus membuka paksa karena biasanya pada bagian ini telah dilem dari pabriknya, jadi cukup sulit untuk membukanya.
  • Bukalah tutup aki di dalamnya, biasanya ada 3 buah tutup yang ditutup dengan karet.
  • Setelah itu, masukanlah Accu Zuur, Accu Zuur adalah cairan aki untuk mengisi aki kering.
  • Masukan Accu Zuur hingga kira-kira berjarak 1 cm dari mulut lubang aki.
  • Setelah itu, tutup kembali lubang aki yang tadi sudah anda buka. Tutup dengan rapat dan kencang.
  • Anda telah selesai memperbaiki aki kering yang soak. Selanjutnya pasangkan kembali aki kering pada motor anda.
  • Nyalakan motor selama kurang lebih 15 menit agar aki terisi kembali.

Demikian adalah cara mudah memperbaiki aki kering yang soak. Meskipun bisa kembali digunakan, biasanya aki kering yang sudah diperbaiki tetap memiliki kekurangan.Pada aki mobil, biasanya tidak mampu lagi untuk digunakan, karena kelistrikan pada mobil jauh lebih besar.Resiko kegagalan tetap saja ada, terlebih jika aki mobil. Apabila aki mobil anda soak, untuk mengurangi resiko kendala selanjutnya, lebih baik menggantinya dengan aki yang baru.

Manfaat dan Kegunaan Aki

Setelah mengetahui cara memperbaiki aki kering yang soak, anda sebaiknya tau apa saja kegunaan dan manfaat aki pada kendaraan. Aki merupakan sumber utama kelistrikan pada kendaraan bermotor. Dengan adanya aki, motor dan mobil bisa dinyalakan, kemudian saat motor atau mobil sedang dijalankan, aki akan secara otomatis di charger, sehingga aki tetap awet saat digunakan.

Pada pemakaian normal, aki bisa bertahan selama 6 – 12 bulan.Hal ini tergantung pada pemakaian dan jumlah listrik yang digunakan.

Fungsi Aki Pada Mobil

Di dalam mobil, penggunaan listrik lebih besar dibandingkan sepeda motor, apalagi jika di dalam mobil sudah dilengkapi berbagai fitur tambahan. Penggunaan aki pada mobil menjadi sangat vital, karena mobil mengandalkan hand starter pada saat akan dinyalakan. Di bawah ini adalah beberapa fungsi aki pada mobil :

  • Untuk menghidupkan mesin

Saat menghidupkan mesin mobil, anda hanya bisa menggunakan hand starter atau di dorong.Tentu saja fungsi aki pada mobil yang satu ini adalah fungsi yang paling vital.

  • Menyalakan Fitur TambahanFungsi aki pada mobil selanjutnya adalah untuk menyalakan berbagai fitur tambahan seperti AC, TV, Audio dan lain sebagainya.Aki yang digunakan pada kendaraan mobil, biasanya menggunakan aki dengan kekuatan 12 Volt.Fungsi Aki Pada MotorBerbeda dengan mobil, penggunaan listrik pada sepeda motor lebih sedikit, kendati demikian aki tetap menjadi bagian vital pada sepeda motor. Di bawah ini adalah beberapa fungsi aki pada motor :
    • Menyalakan Mesin

    Beberapa motor terbaru, terutama jenis motor sport, banyak yang tidak dilengkapi dengan kick starter. Hal ini berarti untuk menghidupkan mesin motor hanya mengandalkan aki atau hand starter.

    Ada beberapa jenis motor yang tidak bisa dinyalakan tanpa adanya aki. Dengan demikian, baik pada mobil ataupun motor, aki tetap menjadi bagian vital yang harus dijaga kinerjanya.

    Itulah beberapa ulasan mengenai cara memperbaiki aki kering yang soak beserta dengan hal-hal yang berkaitan. Untuk menjaga kinerja aki tetap stabil dan bertahan lama, anda harus menyesuaikan kekuatan aki dengan jumlah listrik yang dibutuhkan.Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, terimakasih dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *