Cara Memilih Aki Mobil Baru Yang Bagus Dan Tidak Gampang Soak.

cara-memilih-aki-mobil-baru-yang-bagus-dan-tidak-gampang-soak-mekanikmitsubihsiCara Memilih Aki Mobil Baru Yang Bagus Dan Tidak Gampang Soak.

Mekanikmitsubishi.com – Sebuah mobil tentu memiliki beberapa komponen yang menggunakan listrik, seperti klakson, HID, video, audio, central lock, power window, semua lampu, dan lain sebagainya. Jika aki soak otomatis suplai listrik mobil tersebut akan berkurang, dan akibatnya semua komponen kecil tersebut akan mengalami permasalahan.

Selain Dampak utama jika aki mobil anda soak adalah akan timbul permasalahan pada kelistrikan mobil, seperti mobil akan susah dihidupkan atau distarter, bisa juga lampu-lampu menjadi redup dan masalah lainnya. Selain akan menimbulkan masalah pada komponen yang menggunakan listrik, aki soak juga akan menimbulkan masalah pada komponen atau bagian mobil yang lain.

Baca juga : Tips menjaga kepala aki tidak mudah korosi dan selalu prima.

Oleh karena itu, anda harus lebih hati-hati dan teliti lagi saat akan membeli dan mengganti aki mobil. Dan berikut adalah beberapa tips dan cara dalam memilih aki mobil baru yang bagus dan tidak gampang rusak.

Baca juga : Tips sederhana agar mobil tidak terbakar akibat korsleting listrik.

  1. Jangan beli aki bekas atau rekondisi

Sebisa mungkin hindari membeli aki bekas atau rekondisi. Aki rekondisi merupakan aki yang bermasalah dari tukar tambah dengan aki yang masih baru. Terkadang ada juga yang menjual aki rekondisi sama harganya dengan aki baru. Itu artinya, hal tersebut adalah sebuah penipuan dan pemalsuan yang tentunya akan sangat merugikan pembeli.

Meskipun tidak semua penjual bermain curang seperti itu, namun ini adalah upaya untuk menghindari dan pencegahan diri agar lebih hati-hati dalam membeli aki. Oleh karena itu, beli aki yang masih baru atau jika ingin membeli aki rekondisi, belilah di tempat atau orang yang bisa dipercaya.

Baca juga : Tips dan cara memperbaiki aki kering yang soak dengan mudah dan aman.

  1. Pilih aki kering atau basah

Aki kering merupakan aki yang memiliki performa atau kekuatan yang lebih baik daripada aki yang basah. Namun, tentu ada kekurangan dari aki kering, seperti tidak terlalu tahan terhadap panas. Selain itu, harga dari aki kering jauh lebih mahal daripada harga dari aki basah. Namun, harga yang lebih mahal tentu juga akan lebih awet, dan bisa untuk pertimbangan saat anda akan mengganti dan membeli aki baru.

  1. Perhatikan kapasitas aki

Setiap Aki seperti aki kering atau pun aki basah tentu memiliki kapasitas serta ukuran yang tidak sama atau berbeda. Saat anda akan membeli, pastikan terlebih dahulu dan lihat ukuran, amper, dimensi, dan juga tegangan berapa aki tersebut. Pastikan anda membeli aki yang memiliki tegangan, kapasitas, dan ukuran yang sesuai dengan standar mobil anda.

Untuk memilih aki agar lebih awet dan tidak gampang soak, sebaiknya jangan pilih aki dengan tegangan yang lebih besar dari standar mobil anda. karena jika anda memilih aki dengan tegangan yang lebih besar akan membuat dan menimbulkan kerusakan pada komponen yang menggunakan listrik pada mobil anda.

  1. Pertimbangkan merek aki yang akan anda beli

Aki yang beredar di pasaran seperti di toko, atau di bengkel tentu ada berbagai merek. Sebut saja Amaron, Acdelco, Delkor, G-Force, Dryfit, Hyundai, Global, dan yang paling sering dan banyak dipakai adalah aki merek GS atau Yuasa. Dua merek ini bisa anda pertimbangkan saat anda akan membeli aki baru. Karena sudah banyak yang menggunakan kedua merek aki tersebut, tentu sudah terpercaya keawetan dan juga kualitasnya.

  1. Pilih aki yang bergaransi jelas

Sebelum anda akan membayar aki yang anda pilih, pastikan anda menanyakan masa garansi pada aki tersebut. Mintalah bukti atau bisa dengan penulisan tangan jika aki yang anda beli tersebut memiliki garansi yang jelas.

Demikian tadi adalah beberapa tips dan cara membeli aki mobil baru yang bagus dan tidak gampang soak. Semoga bisa menjadi referensi untuk anda dan semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Tips dan beberapa tanda-tanda aki mobil sudah lemah saat mobil sulit distarter.

Penyebab dan cara merawat aki mobil agar awet dan tahan lama.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *