Cara Membersihkan Radiator Mobil

radiator mobil

Di dalam kendaraan bermotor, terdapat berbagai part atau bagian yang penting dan perlu dirawat dengan baik.Salah satu bagian penting pada kendaraan bermotor adalah radiator, fungsi dari radiator adalah untuk digunakan sebagai pendingin mesin.

Saat ini kebanyakan kendaraan bermotor, baik itu motor ataupun mobil sudah dilengkapi dengan radiator. Membersihkan dan merawat radiator sepeda motor tidak sesulit membersihkan radiator mobil. Namun bukan berarti anda tidak bisa membersihkan radiator mobil sendiri.

Ada beberapa langkah sederhana cara membersihkan radiator mobil yang bisa anda lakukan. Sebelum mengetahui langkah-langkahnya, anda perlu mempersiapkan beberapa alat pendukung. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya :

  • Kunci pas 10
  • Kunci pas 12
  • Kunci pas 14
  • Obeng plus (+)
  • Obeng minus (-)

Setelah alat-alat tersebut anda persiapkan, selanjutnya anda bisa melakukan langkah-langkah cara membersihkan radiator mobil sebagai berikut :

  • Lepaskan radiator

Langkah pertama dalam cara membersihkan radiator mobil adalah dengan melepaskan radiator mobil itu sendiri.Anda bisa melepaskan radiator dengan beberapa alat yang sudah disebutkan di atas. Setelah radiator terlepas, anda bisa membersihkan air yang ada di dalamnya, tuangkan air radiator tersebut.

Selanjutnya anda bisa membersihkan kerak-kerak yang mungkin ada di bagian radiator.

  • Bersihkan Radiator

Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan radiator mobil adalah membersihkan bagian radiator itu sendiri. Setelah menuangkan air radiator, bersihkan setiap bagian dengan air bersih.Bilas sampai benar-benar bersih dari busa jika anda menggunakan sabun.Bersihkan sampai tidak ada yang mengganggu aliran air radiator.

  • Bersihkan Sirip Pelindung Radiator

Pada bagian ini, sebaiknya anda bersihkan setiap seminggu sekali.Hal ini untuk mencegah kerusakan pada bagian radiator. Radiator sendiri memiliki fungsi yang sangat penting, radiator berfungsi untuk mencegah overheat atau terlalu panas pada mesin.

Demikian adalah beberapa cara membersihkan radiator mobil, selain cara membersihkan di atas, sebaiknya anda rutin mengganti air radiator. Terutama jika sudah mulai berkurang, air radiator yang cepat berkurang perlu anda cek dengan detail.Bisa jadi radiator mobil anda memiliki kerusakan. Di bawah ini adalah beberapa penyebab air radiator cepat berkurang :

  • Tutup Radiator Tidak Sempurna

Penyebab air radiator cepat berkurang yang pertama adalah tutup radiator yang tidak tertutup dengan baik.Untuk mengetahuinya, anda cek dan periksa dengan detail tutup radiator mobil anda.Jika tutup tidak tertutup sempurna, maka cepat-cepat diperbaiki.Jika air radiator sudah tidak terisi penuh, anda bisa menambahkannya terlebih dahulu.

  • Putaran Kipas Radiator Lemah

Penyebab air radiator cepat berkurang selanjutnya adalah karena kipas radiator lemah. Kondisi ini akan mempercepat penggunaan air radiator itu sendiri. Ada beberapa penyebab putaran kipas radiator lemah. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya :

  • Carbon brush sudah hampir habis atau komutator habis terkikis.
  • Gulungan kawat email yang terdapat pada motor mulai terlihat hangus.
  • magnet pada cooling fan terlepas.
  • Jika pada kipas menggunakan relay tambahan, bukan relay bawaan, biasanya akan terjadi gangguan karena relay tidak berfungsi dengan baik.
  • Terjadi Kebocoran Pada Kompresi Mesin

Kendala seperti ini bisa dilihat dengan membuka tutup radiator saat mesin menyala. Jika terjadi kebocoran pada kompresi mesin, akan muncul gelembung-gelembung dari tutup radiator. Lalu saat gas ditarik, air radiator akan keluar dengan keras.

Adanya kebocoran air radiator pada kop mesin biasanya tidak terlihat secara fisik. Hal inilah yang sering kali menimbulkan rasa penasaran, kenapa air radiator cepat habis, padahal tidak terlihat adanya kebocoran. Namun hal ini bisa ditandai dengan beberapa hal, seperti busi yang terlihat basah, merin yang kadang mbrebet, atau oli yang terlihat seperti tercampur dengan air.

  • Coolant atau air radiator tidak bersirkulasi

Hal ini bisa terjadi saat thermostat tidak terbuka ketika temperatur mesin sudah tercapai. Sehingga saat mesin sudah mencapai titik didih 100 drajad celcius namun air radiator tidak bersirkulasi.

Hal ini bisa dilihat dari perbedaan suhu yang cukup jauh pada radiator dan mesin. Hal lain yang menyebabkan air radiator tidak bersirkulasi adalah adanya kerak-kerak yang terdapat pada radiator.

Demikian adalah beberapa penyebab air radiator cepat berkurang. Untuk mengatasi permasalahan air radiator seperti di atas, anda harus segera membawa ke bengkel kepercayaan anda. Sebelum kerusakan merembet ke bagian-bagian lain pada mobil anda. Resiko overheat sangat tinggi jika terjadi kerusakan radiator, hal ini bisa merusak bagian mesin.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara membersihkan radiator mobil dan beberapa hal yang berkaitan. Pada intinya, sebelum terjadi kerusakan yang cukup parah, sebaiknya anda rutin membawa mobil anda ke bengkel untuk diperiksa setiap bagian-bagiannya. Dengan demikian mobil anda akan tetap terawat dan terhindar dari berbagai permasalahan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

3 comments

  • Sayangnya ane blm punya mobil doakan gan moga moga cepet punya hehe

    Reply
  • travel malang juanda

    artikel nya sangat membantu mas… klo bisa sekalian disertai gambar :)

    Reply
    • permainanbayilucu

      Terimakasih masukannya, mungkin jika ada kesempatan saya berusaha perbaiki agar jauh lebih baik.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *