Cara Membedakan Bunyi Tak Wajar Antara Ban Mobil Atau Bearing Roda

cara-membedakan-bunyi-pada-ban-mobil-dengan-bearing-roda-mekanikmitsubishiTips Dan Cara Membedakan Bunyi Tak wajar Antara Ban Mobil Dan Bearing Roda Dengan Mudah Dan Akurat.

Mekanikmitsubishi.com – Saat mobil dikendarai umumnya akan mengeluarkan suara, entah suara ban ataupun suara pada bearing roda. Suara inilah yang kadang akan membuat telinga terganggu karena suaranya seperti suara dengungan pesawat terbang. Suara tersebut bisa diakibatkan karena kondisi ban tidak rata serta bearing roda yang mengalami keausan.

Baca juga : Apa kelebihan dan kekurangn teknologi Drive By Wire pada mobil?

Mungkin belum banyak yang tahu penyebab bunyi atau suara dengungan mobil tersebut. Dan juga banyak yang mencari tahu penyebab hal tersebut, baik mengeceknya sendiri ataupun membawa mobilnya ke bengkel.

Bagi Anda yang masih bingung ingin tahu dari mana asal suara mobil ketika dikendarai tanpa harus membawanya ke bengkel, berikut ini adalah informasi yang bisa Anda ketahui mengenai Tips dan cara membedakan bunyi tak wajar pada ban mobil dengan bearing roda.

Baca juga : 5 komponen mobil yang mudah rusak/jebol jika mengendaai mobil secara ugal-ugalan.

  1. Mengecek suara ban mobil

Cara mengecek suara ban mobil yaitu dengan mendongkrak kendaraan bagian depan dan belakang. Jika Anda mendongkrak mobil sendiri dan bukan di bengkel, maka sebaiknya hati-hati. Karena jika salah, mendongkrak mobil justru akan menjadi hal yang membahayakan diri Anda sendiri.

Saat Anda selesai mendongkrak mobil, maka lihat dan periksalah permukaan ban mobil Anda. Jika terdapat permukaan ban mobil yang tidak rata dan aus, itulah yang mungkin menjadi penyebab suara-suara yang terdengar ketika mobil dikendarai. Selain itu juga bisa karena bunyi bearing mobil.

Ban mobil yang tidak rata biasanya diakibatkan oleh berbagai hal, misalnya sudut toe in-toe out ataupun karena kondisi longtierod atau tie rod. Toe in-toe out terjadi ketika ban yang bergelombang ukurannya kecil, sedangkan longtierod atau tie rod terjadi jika ban yang bergelombang ukurannya besar.

Baca juga : Beberapa penyebab ban mobil benjol dan cara mengatasinya.

Mengecek Suara Bearing Roda Mobil

Ketika kendaraan digunakan terus menerus dan ban tersebut kondisinya bergelombang, maka akan membuat getaran pada bagian roda. Kemudian hal ini akan membuat tieroid rusak yang menyebabkan bearing roda bermasalah. Setelah mobil didongkrak tadi, coba putarlah mobil dengan cepat menggunakan tangan kanan, lalu tangan peganglah shockbreaker menggunakan tangan kiri.

Jika Anda merasakan getaran yang muncul maka sudah jelas bearing telah rusak, suara getarannya yaitu seperti bergeronjal.

Untuk lebih jelasnya apakah bunyi tak wajar tersebut berasal dari ban mobil atau bearing roda, berikut adalah bunyi dari bearing mobil yang bisa anda perhatikan supaya tidak salah dalam mendeteksinya :

  • Ketika mobil dikendarai, akan terdengar suara dengung. Apalagi saat keadaan mobil ngebut, maka suara dengungan akan semakin terdengar.
  • Saat Anda mendongkrak mobil dan memutar mobil menggunakan tangan seperti yang telah dijelaskan di atas, pada akan muncul getaran pada shockabsorber.
  • Kemudian apabila mobil digoyangkan ke atas atau kanan kiri, maka akan muncul gerakan sebagai indikasi free spasi yang ada di bearing itu sendiri.

Cara membedakan bunyi pada ban mobil dan bearing roda tadi memang salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengidentifikasi apa si sebenarnya suara dengung ketika mobil dikendarai. Dengan begitu Anda bisa menjadi tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui mengenai cara membedakan bunyi pada ban mobil dan bearing roda. Semoga informasi tersebut bisa memberikan referensi yang bermanfaat bagi Anda, sehingga Anda tidak akan lagi dibingungkan dengan suara dengungan mobil ketika dikendarai. Namun jika anda kesulitan untuk mengetahuinya, akan lebih baik anda membawa mobil ke bengkel. Ini agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah dan bisa segera diatasi dengan baik.

Artikel terkait :

Apa penyebab alternator mudah rusak dan tanda-tanda kerusakan serta solusi perbaikannya.

Apa penyebab setir mobil mendadak jadi berat? berikut penjelasan dan penanganannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *