Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar Tanpa Merusak Komponen Mesin

Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar Tanpa Merusak Komponen Mesin - MekanikmitsubishiCara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar, Tak Banyak Yang Tahu

Mekanikmitsubishi.com – Mungkin Anda yang sudah bisa mengendarai mobil, sudah yakin bisa memperlakukan mobil anda dengan benar? Nah, tidak jarang orang yang bisa mengendarai mobil namun belum tentu mereka bisa merawat dengan baik mobilnya. Hal kecil misalnya, apakah anda sudah yakin mematikan mobil anda dengan benar? Tidak jarang pula orang yang belum tau cara mematikan mesin mobil yang benar.

Baca juga : Anak kunci patah saat menghidupkan mesin, Anda jangan panik ada tips mengatasinya dengan mudah.

Tidak sedikit orang yang punya kebiasaan menginjak pedal gas dan menderungkan mesin terlebih dahulu sebelum memutar kunci kontak menjadi posisi off. Alasannya adalah agar aki mobil tetap mempunyai daya pada dynamo meter. Jadi, saat mesin dihidupkan kembali menjadi lebih mudah. Apakah hal tersebut merupakan cara mematikan mobil yang benar?

Kebiasaan dan alasan itu sebenarnya salah kaprah. Teknologi mesin pada mobil generasi terbaru yang muncul saat ini sudah canggih. Menderungkan mesin sebelum anda mematikannya justru bisa membuat mesin mobil anda cepat rusak lho.

Mesin mobil yang diderungkan akan membuat mesin bekerja dengan rpm yang sangat tinggi. Hal ini akan berdampak mesin itu membutuhkan pelumas yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan mesin yang bekerja dengan rpm rendah. Lalu, ketika mesin anda matikan tiba-tiba, tekanan pelumasan pada mobil anda akan berkurang secara drastis. Sedangkan saat diderungkan mesin mobil anda akan memasuki kondisi panas dan butuh sistem pelumasan agar mesin tetap bekerja.

Nah, kondisi mesin yang masih panas ditambah mesin diderungkan inilah yang membuat komponen mesin masih dalam keadaan tinggi dan keadaan mengembang. Dinding-dinding pada komponen mesin juga akan saling bersentuhan juga bergesekan dengan sangat cepat. Saat mesin dimatikan suplai pelumas juga berhenti. Hal ini bisa berakibat komponen pada mesin mobil anda lebih cepat mengalami aus. Hal tersebut tentunya bukanlah cara mematikan mobil yang benar ya.

Baca juga : Beberapa penyebab dan cara mudah mengatasi kunci kontak seret saat On/Off.

Lalu, anda pasti bertanya bagaimana cara mematikan mesin mobil yang benar bukan?

Mesin mobil yang awet pastinya sangat diharapkan setiap pemiliknya.  Dimulai dari hal kecil yaitu cara mematikan mobil yang benar, anda bisa memulai merawat mesin mobil anda.

Mulailah memiliki kebiasaan untuk mengurangi beban kerja pada mesin mobil anda sebelum anda mematikan mesin mobil. Tunggulah hingga kondisi mesin memasuki rpm normal dan stabil. Setelah itu, anda bisa memutar kunci kontak mobil anda pada posisi off.

Jika kondisi mobil anda tidak dalam keadaan darurat, sebelum anda mematikan mesin mobil, anda bisa mematikan dulu semua fitur yang terdapat pada mobil anda. Misal AC, lampu, dan system audio.

Jika anda melakukan cara ini, beban yang bekerja pada mesin anda akan berkurang dan masuk ke dalam posisi kerja yang normal. Setelah itu, barulah anda bisa dengan aman mematikan mesin mobil anda.

Sekian ulasan artikel kali ini yang membahas mengenai langkah mematikan mesin kendaraan yang benar tanpa menimbulkan dampak buruk bagi kompnen terkait. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan mengenai dunia otomotif. Terimakasih.

Artkel terkait yang bisa Anda baca :

Panduan dan cara mudah gunakan fitur smartkey mobil.

Beberapa jenis anak kunci dan fungsi anak kunci ke 3.

Bocoran fitur dan teknologi cangih pada kunci remote BMW 7 series yang jarang diketahuii.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *