Cara Kuras & Mengganti Minyak Rem Yang Bagus

 

 

minyak rem mobil - mekanikmitsubishi.comTaukah Anda pentingnya mengganti minyak rem yang bagus pada kendaraan…?

Sebelumnya kita bahas mengenai fungsi minyak rem,cara kuras dan mengganti minyak rem,pengertian minyak rem dot 3 dan minyak rem dot 4 dan mengetahui cirri-ciri minyak rem yang bagus dan berkualitas. Maka saya akan kemukakan pentingnya memahami sifat dari minyak rem.

Minyak rem pada sebuah kendaraan mempunyai peran yang sangat besar. Jika mobil Anda kehabisan minyak rem maka dipastikan Anda sedang mengalami masalah besar,kecelakaan saat berkendara sangat mungkin terjadi apabila minyak rem dalam sisitem pengereman mobil Anda mengalami masalah.

Faktor-faktor penyebab kehabisan minyak rem mobil adalah :

Komponen Sil Master Rem

Sil Master Rem berfungsi sebagai penekan minyak rem dan berada pada bagian dalam komponen kaliper. Sebagian besar komponen dari sil master rem terbentuk dari karet,ver,dan logam alumunium. Jika komponen sil master rem mengalami kerusakan maka minyak rem akan bocor dari bagian itu,hal ini berakibat pengereman tidak maksimal bahkan rem mengalami blong yang membahayakan pengendara. Ciri-ciri komponen dan cara memperbaiki kerusakan dari komponen sil master rem adalah : memeriksa komponen sil master rem secara teliti,jika bocor sangat dimungkinkan bada bagian karetnya mengalami kerusakan,atau jika disentuh minyak yang keluar sangat terlihat.

Komponen Selang Dan Nipel

Selang Dan Nipel berfungsi sebagai perantara antara kaliper dengan tangki minyak rem. Minyak rem yang melewati komponen ini sangat rawan mengalami kebocoran,jika komponen sil master rem masih baik maka kemungkinan selang dan nipel menjadi penyebab kebocoran minyak rem yang berakibat minyak rem cepat habis. Kerusakan selang dan nipel ditandai dengan selang mengalami retak,pecah atau patah berakibat minyak rem akan keluar dan bias dipastikan rem akan blong. Berbeda jika kerusakan pada sil master rem,system pengereman belum tentu blong,mungkin kemungkinan besarnya system kerja rem tidak maksimal.

Komponen Kampas Rem Tipis

JIka kampas rem tipis makan minyak rem yang dibutuhkan akan semakin besar dikarenakan minyak rem yang berada dalam kaliper dibutuhkan lebih banyak minyak rem untuk memenuhi ruang cylinder. Jika kanvas rem cepat habis kemungkinan Anda melakukan pengereman extreme dan kurang tepat saat mengendarai kendaraan Anda.

Bagaimana Ciri-Ciri Kampas Rem Mobil Mengalami Keausan Dan Cara Mengatasinya??

Sebagai pengendara yang bijak sepatutnya kita memahami system,fungsi dan pentingnya sebuah system pengereman. Memahami bagaimana perawatan dan pergantian minyak rem adalah hal yang patut Anda kuasai.

Sangat sedikit pengendara yang mau memahami pentingnya pergantian minyak rem dan kapan waktu yang tepat melakukan pergantian minyak rem. Yang lebih parahnya lagi saat beberapa masyarakat meyakini minyak rem dapat menyembuhkan luka/gatal-gatal. Padahal minyak rem merupakan zat beracun yang sangat berbahanya bahkan perlu ratusan tahun agar ala mini bias menguraikannya.

Sifat dan cirri-ciri dari minyak rem yang bagus adalah tidak mudah beku,mampu meredam panas dan mempunyai sifat yang sulit berubah sifat aslinya.

Cara Kerja Sistem Pengereman Yang Mengunakan Minyak Rem :

Cara kerja system pengereman hidrolik yakni dengan tenaga hidrolik yang diaktivkan oleh silinder master rem untuk menekan tromol atau menjepit cakram. Minyak rem sendiri sebagai penyalur tenaga hidrolik. Cara kerja hidrolik seperti pada bejana berhubungan. Cara kerjanya yakni dari master rem ke piston dan piston mnyalurkan tenaga yang menghasilkan tenaga panas dari gesekan antara minyak rem dengan permukaan perantaranya. ( hal ini menyebabkan minyak rem harus memiliki spesifikasi khusus seperti titik didih,dan sifatnya yang tidak mudah berubah pada suhu extreme dan mempunyai sifat yang bagus untuk melumasi komponen di system pengereman )

Istilah dari DOT 3,DOT 4 dan DOT 5

Pengolongan minyak rem dapat kita lihat ditandari dengan istilah DOT atau Departement Of Transportation (USA) kode tersebut menentukan seberapa besar tingkat spesifikasi minyak rem, Jika semakin tinggi angka DOT berarti semakin tinggi titik didihnya.

DOT5

Minyak rem DOT5 berbahan dasar silicon dan umumnya digunakan untuk kendaraan militer dan kendaraan bersar. DOT5 yang berbahan silicon makan minyak re mini mampu bekerja pada tekanan relatif tinggi akan tetapi memiliki kekurangan yakni tidak mempunyai daya lumas yang baik atau gaya gesekannya besar sehingga perlu tenaga ekstra lebih untuk menekan pedal rem.

Kelebihan lain dari minyak rem berbahan silikon adalah sifat silikon tidak menyerap air (non-hydroscopis), sehingga sifat dan kemampuan silikon sangat stabil pada suhu extreme. Kekuranganrem tipe DOT5 ykani sering blong dikarenakan adanya air yang terjadi karena proses pengembunan karena saat melakukan pengereman timbul gesekan yang besar dan timbul panas Pada kendaraan dengan sistem ABS penggunaan minyak rem DOT5 sangat tidak dianjurkan.

DOT3, DOT4, dan DOT5.1

Minyak rem berspesifikasi DOT3,4 dan 5.1 mengandung Polyglycol ethers yang hydroscopis atau menyerap air, sehingga bila tercampur air. Minyak rem yang tercampur dengan air maka sifat minyak rem akan berubah dan mengalami penurunan kualitas minyak rem. Kekurangan lain dari minyak rem  DOT3, DOT4, dan DOT5.1 yakni Polyglycol berkemampuan lima puluh persen dari kekuatan silikon saat menerima tekanan. Kelebihannya yakni saat melakukan pengereman mengunakan minyak rem DOT3, DOT4, dan DOT5.1 merasakan lebih ringan.

Minyak rem sangat perlu diganti untuk perawatan dan menjaga performa pengereman tetap sempurna. Untuk perawatan system pengeraman yaitu jika kita mengganti minyak rem  secara menyeluruh. Untuk memastikan performa system pengereman tetap baik maka dianjurkan untuk melakukan pergantian secara berkala dan mengunakan kualitas minyak rem yang berkualitas.

Untuk menjaga kualitas minyak rem tetap optimal maka pergantian minyak rem yang lama dengan minyak rem yang baru sangat diperlukan agar sistem kerja rem bisa optimal saat bekerja pada pengeraman berat. Hampir di temukan pada semua sistem rem terdapat air atau uap air dalam jangka waktu tertentu. Uap air masuk ke sistem pengereman dikarenakan minyak rem bersifat menyerap uap air dari kelembaban disekitar ruangan. Penggunaan selang teflon yang dibalut anyaman kawat mampu mengurang difusi.

Saat pergantian,menguras atau bleending minyak rem sebaiknya sesegera mungkin menutup tabung silinder master rem. Air dapat terbentuk didalam saluran akibat kondensasi. Kondensasi menyebabkan sistem pengereman lebih keras dan sangat berkemungkinan terjadinya karat.

Hal Sangat Penting untuk diperhatikan Dalam Pergantian Minyak Rem!!!

Jangan pernah untuk mencampur minyak rem yang berbahan dasar glikol (DOT3, 4, 5.1) dengan minyak rem yang berbahan dasar utama silikon (DOT5) karena pencampuran keduanya tidak akan bisa bercampur. Usahakan sebelum pengerjaan dianjurkan untuk membaca buku pedoman dan untuk mengetahui poin penting dari cara pemakaian dan pergantian minyak rem,lebih baiknya lagi konsultasikan hal ini dengan bengket terdekat di tempat Anda.

Baca juga artikel mengenai Langkah Terbaik Setelah Membeli Mobil Baru dan Perawatan Dan Perbaikan AC Mobil Yang Baik Dan Benar.

 

 

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *