Cara Kerja NOS atau Nitrous Pada Mobil Balap

Cara Kerja NOS atau Nitrous Pada Mobil Balap

 

Cara Kerja NOS atau Nitrous Pada Mobil Balap

 

NOS kepanjangannya adalah Nitrous Oxide System, orang menyebut lainnya adalah nitrous. Sebenarnya NOS adalah bagian dari nitrous, karena NOS adalah nama merk nitrous dari HMC ( Holley Motor Company ). Namun, kebanyakan orang menganggap NOS adalah nitrous. Setelah saya sedikit mengulas tentang NOS, tahukah anda dengan NOS? Jika anda pernah bermain game mobil balap pasti anda sedikit sudah tahu. NOS adalah nitrous yang mengandung N2O yang berguna untuk mempercepat kecepatan mobil balap saat melaju dalam perlombaan balap, salah satunya adalah ajang Drag Race. Mungkin tidak hanya itu fungsi dari NOS, saya menyebutkan fungsi itu karena sesuai judul dan pembahasan artikel ini yaitu Cara Kerja NOS atau Nitrous Pada Mobil Balap.

 

Pada kesempatan kali ini pembahasan mengenai cara kerja NOS / nitrous. Apakah anda tidak berfikir cara kerja dari merk nitrous lainnya? Ketahuilah semua merk nitrous cara kerjanya sama.
Inilah cara kerjanya, uap dari nitrous masuk ke combustion chamber dan pecah menjadi dua unsur ( nitrogen dan oksigen ). Pada kadar oksigen yang terdapat di senyawa NOS / nitrous adalah melebihi setengah pada kadar oksigen yang ada di udara, kadar oksigen pada NOS adalah 36% dari total berat pada NOS. Nitrous dapat menguap karena dari bentuk yang cair berada dalam tabung bertekanan dan menguap dengan cepat karena tekanan pada atmosphere. Yang membuat nitrous atau NOS dapat berguna mempercepat laju mobil balap adalah karena bercampurnya oksigen pada nitrous tadi dengan senyawa hidrokarbon ( senyawa yang terdapat pada bensin, solar dan bahan bakar lainnya ) pada pembakaran yang akan terjadi, oksigen membantu dengan tekanan tinggi yaitu sekitar 800psi. Dengan kejadian tersebut maka menghasilkan suatu tekanan kompresi yang dapat mendongkrak tenaga mesin. Waktu lamanya suatu nitrous bekerja adalah ketika nitrous ini masih berada pada combustion chamber.

 

Lalu bagaimana peran nitrogen yang dihasilkan dari uap nitrous? Dari tenaga yang dapat mengahsilkan panas dari berjalannya nitrous maka diperlukan suatu alat pendingin untuk menstabilkan boost pada nitrous yang akan digunakan oleh pembalap, dan inilah peran nitrogen sebagai alat pendinginan. Maka pembalap dapat menggunakan boost besar pada nitrous atau NOS dan tidak khawatir terjadinya kebakaran pada mobil, karena nitrogen akan menstabilkannya.

 

Ketahuilah bahwa botol atau tabung sebagai alat penampungannya haruslah cukup kuat, karena jika katup pada tabung tidak berjalan dengan mulus maka cairannya akan merembes keluar, sehingga langsung berubah menjadi gas lagi. NOS sangatlah membahayakan ketika bertekanan, jika anggota tubuh anda terkena maka anda akan mengalami beku pada tubuh anda yang terkena dan akhirnya putus, karena NOS sangat peka pada perubahan panas dan NOS tidak hanya digunakan pada mobil balap saja.

 

Sekian mengenai : Cara Kerja NOS atau Nitrous Pada Mobil Balap

9 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *