Cara Kerja Mobil Tenaga Surya Dan Kelebihannya

Cara Kerja Mobil Tenaga Surya Dan Kelebihannya

mobil bertenaga surya

Teknologi terbarukan ini,sangat buming ditelinga masyarakat luas. Kemajuan Teknologi saat ini mampu menciptakan trobosan terbaru sebagai pengganti bahan bakar minyak bumi. Mobil Tenaga Surya sudah bisa kita nikmati beberapa tahun lalu,saat ini beberapa pengembang menyempurnakan teknologi terbarukan ini. Kita tahu bahwa Teknologi tidak akan mundur dari waktu ke waktu. Sebelum ditemukannya Teknologi Mobil Tenaga Surya,banyak penemuan-penemuan sebelumnya yang dimaksudkan untuk menghemat cadangan bahan bakar minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui,misalnya dengan penemuan Bahan Bakar Biodiesel yang saya bahas sebelumnya.

 

Mungkin belum banyak masyarakat yang menikmati teknologi terbarukan ini. Akan tetapi dengan ditemukan prinsip kerja Energi Panas Matahari Diubah Menjadi Energi Listrik,banyak peralatan yang mengaplikasikan temuan ini.

Beberapa Contoh Peralatan Yang Memanfaatkan Energi Matahari :

Rambu-rambu lalulintas.

Kompor Listrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Matahari. dan sebagainya….

Yang akan saya bahas kali ini adalah Cara Kerja Mobil Tenaga Surya. Mobil bukan lagi barang yang sulit kita miliki,dengan membludaknya permintaan pasar akan kebutuhan mobil sebagai transpotasi kalangan menengah keatas. Pabrikan berlomba-lomba mengembangkan teknologi dan kepercayaan masyarakat. Salah satunya dengan mengaplikasikan Tenaga Surya sebagai sumber tenaga utama sebuah unit mobil.

Sebelum kita mengetahui Prinsip Kerja Tenaga Surya maka saya akan menyampaikan beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Bertenaga Surya.

 

Kelebihan Mobil Bertenaga Surya :

a) Tidak menggunakan bahan bakar. Sebagai penggantinya sumber energi yang dihasilkan menggunakan Tenaga Surya/Cahaya Matahari. Keuntunganya yakni energi ini didapat secara gratis,kapan dan dimana saja.

b) Mobil bertenaga Surya adalah mobil listrik dan keuntunganya tidak menimbulkan suara yang keras,bahkan suaranya sangat halus dibandingkan mengunakan mesibensin/solar.

c) Ramah Lingkungan. Energi ini tidak mengahilkan limbah berbeda dengan mobil berbahan bakar minyak,gas co2 dan lain sebagainya berdampak buruk bagi lingkungan.

d) Sumber Melimpah. Hampir disemua tempat yang dihuni manusia terdapat cahaya matahari yang bisa menjadi sumber tenaga tanpa batas.

e) Komponen Mobil listrik lebih sedikit dan sederhana.

f) Mobil listrik juga sangat nyaman dan senyap.

Kelemahan Mobil Bertenaga Surya :

a) Biaya untuk Pengembangan dan Instalasinya sangat mahal.

b) Jika terjadi kerusakan pada komponen mobil pergantiannya sangat mahal dan sangat sulit dipebaiki disembarang tempat mengingat mobil ini belum banyak pengunanya.

b) Waktu pengisan sumber tenaga kebatrai memerlukan waktu relatif lama.

c) Di daerah yang dingin memerlukan teknis khusus untuk mengoperasionalkan mobil ini.

 

Cara Kerja Mobil Bertenaga Surya :

Yaitu panas yang dihasilkan dalam solar cell akan salurkan ke BCR ( Batterai Control Regulator ) Untuk membantu menaikan arus yakni mengunakan aki yang disalurkan ke baterai. Tenaga yang dihasilkan dalam mobil diolah dipower inverter untuk merubah arus Ac ke Dc. Biasanya setiap unit mobil terdiri dari 3 baterai masing-masing mengunakan 100 ampere.

Prinsip kerja Tenaga Surya :

Cahaya Matahari memiliki kandungan foton yang melimpah,ketika foton terkena cell surya maka foton bisa terikserasi. saat itu energi yang dihaliskan disimpan kebaterai.

 

Demikian beberapa penjelasan mengenai Teknologi Tenaga Surya. Semoga bermanfaat..

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *