Cara Kerja, Manfaat Serta Kelebihan Istimewa Fitur Kontrol Traksi

Cara Kerja, Manfaat Serta Kelebihan Istimewa Fitur Kontrol Traksi - MekanikmitsubishiApa Kegunaan Dan Manfaat Fitur Kontrol Traksi di Mobil? Serta Cara Kerja Fitur Kontrol Traksi

Mekanikmitsubishi.com – Untuk orang yag sering bergulat dengan otomotif, pasti mengenal hal ini tapi untuk orang awam mungkin tidak. Kontrol traksi atau dalam bahasa Inggris traction control adalah sistem keamanan pada kendaraan.

Cara kerja fitur kontrol traksi ini adalah untuk mencegah adanya slip pada roda mobil saat melakukan akselerasi. Jadi fungsi fitur kontrol traksi memang berbeda dengan anti lock braking system atau ABS yang memang tujuannya untuk mencegah roda berhent berputar secara paten.

Baca juga : Apa itu ABS, kelebihan serta cara kerja ABS pada sistem pengereman.

Kontrol traksi merupakan fitur terobosan teknologi baru yang terus dilakukan dan disempurnakan oleh perusahaan produsen mobil. Dengan diterapkannya fitur kontrol traksi pada kendaraan diharapkan bisa terus meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna mobil dan hal ini juga membuat mobil semakin lengkap dengan menambah fitur-fitur terbarunya di bidang teknologi dan tentunya akan bisa membuat produk jadi lebih bernilai.

Cara Kerja Kontrol Traksi :

Baca juga : Perbedaan mendasar dan kelebihan dari DOHC dari SOHC dan OHV.

Kontrol traksi ini akan bekerja jika sensor mendeteksi adanya satu atau lebih roda yang berputar lebih cepat, dan sistem kontrol traksi akan mengirimkan perintah untuk mengaktifkan rem sehingga roda yang berputar cepat akan segera melambat dan memiliki putaran yang sama dengan roda lain.

Manfaat dan kelebihan istimewa dari Kontrol Traksi :

Baca juga : Bocoran kelebihan dan kekurangan mobil berteknologi hibrida.

Pertama

Manfaat dari adanya Kontrol traksi ini bisa dilihat dari mobil yang sedang berhenti di tanjakan dan roda belakang di sebelah kiri atau kanan terdapat tanah dan saat akan kembali berjalan, mobil jadi tidak bisa berjalan karena roda bagian belakang terjebak licin dan malah berputar lebih cepat dari lainnya, lalu roda yang di aspal tidak bisa berputar karena beban.

Jika mobil memiliki fitur kontrol traksi, maka roda yang berputar lebih cepat akan direm dan mobil bisa bergerak maju karena tenaga disalurkan ke semua roda seimbang atau sama.

Kedua

Dengan adanya fitur kontrol traksi, maka mobil memiliki sistem yang akan menjalankan satu atau beberapa langkah berikut : Pengereman pada satu roda atau lebih, pengurangan suplai bahan bakar ke silinder baik satu atau lebih,  pengurangan penyalaan pada silinder satu atau lebih, pada kendaraan dengan turbocharger, solenoid kontrol akan dinonaktifkan untuk mengurangi tenaga mesin.

Yang mana dengan adanya beberapa kinerja di atas yang didapat dari fitur kontrol traksi, tentunya akan membuat mobil Anda akan bisa bergerak dengan lebih efektif dan efisien.

Ketiga

Teknologi kontrol traksi ini akan sangat berguna jika mobil dalam keadaan selip dan tergelincir di saat kondisi jalan yang basah. Roda yang kehilangan daya cengkram saat dalam kondisi jalan yang licin akan bisa membuat mobil jadi selip dan tergelincir. Jika Anda sering menonton acara CCTV di salah satu saluran TV, maka pasti akan sering melihat mobil yang tergelincir karena jalanan hujan atau bersalju.

Sistem yang mendeteksi adanya roda yang tergelincir akan membuat pengereman otomatis dan menstabilkan roda sehingga laju mobil jadi melambat. Hal ini tentu akan membuat keamanan Anda setidaknya akan jadi lebih terjamin.

Karena dalam kondisi ini, kadang kita tidak bisa melakukan hal yang seharusnya dilakukan, seperti tidak sempat mengerem. Jadi jika sensor menangkap adanya kehilangan daya cengkeram pada roda, maka power dari kendaraan akan dikurangi, untuk membuat roda tetap memiliki daya cengkeram sehingga roda akan jadi stabil dan berkendara jadi lebih aman.

Fitur kontrol traksi canggih ini hampir dimiliki oleh semua mobil keluaran terbaru dan memiliki harga yang cukup mahal. Bukan mobil murah, dengan sistem canggih yang bisa bekerja otomatis, maka Anda jadi tidak perlu bekerja ekstra keras saat sedang mengemudi yang berpotensi membuat si pengemudi merasakan kelelahan yang berat. Anda bisa menekan fitur kontrol traksi ( traction control ) ini pada tombol yang ada di dekat setir mobil.

Demikian artikel kali ini yang membahas secara tuntas menyangkut apa itu kontrol traksi, kegunaannya, kelebihan istimewanya dan bagaimana sistem kerja dari kontrol traksi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

5 mobil LCGC Indonesia terbaik dan alasannya yang wajib diketahui.

Kelebihan fitur Idling Stop dan sistem kerjanya serta pengaruh terhadap keawetan aki.

Fitur cangih dan teknologi terbarukan sensor parkir yang mengadopsi dari kapal selam milikToyota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *