Cara Gampang Ketahui Wiper Rusak Atau Tidak

Cara Gampang Ketahui Wiper Rusak Atau TidakCara Gampang Ketahui Wiper Rusak Atau Tidak

Mekanikmitsubishi.com – Ketika musim penghujan tiba, para pengendara mobil pasti akan sangat bergantung pada wiper. Sebuah stik yang berada di depan kaca mobil bagian depan ini memang sangat di butuhkan untuk menyapu siraman air hujan yang mengenai kaca mobil.

Bayangkan saja jika anda sedang berkendara dalam keadaan hujan besar dan tidak ada wiper pada kaca mobil anda, maka sudah pasti pandangan akan terhalang oleh air hujan.

Baca juga : Tips agar wiper tak mudah kering dan cara menghilangkan bunyi berdecit pada wiper.

Akan tetapi, komponen mobil yang satu ini sering kali di remehkan dan kurang mendapat perhatian layaknya komponen mobil lainnya. Padahal sebenarnya, wiper adalah salah satu komponen pokok kendaraan yang harus di rawat dengan baik.

Kurangnya perawatan pada wiper, sering kali membuat kerusakan wiper tidak di sadari. Namun bagi anda yang tidak ingin perjalanan di musim hujan terganggu, baiknya pahami cara gampang ketahui wiper mobil rusak atau tidak berikut ini.

Langkah pertama dalam cara gampang ketahui wiper mobil rusak atau tidak yaitu dengan melakukan pengecekan wiper. Pengecekan wiper sendiri bisa di lakukan dengan menyiramkan air pada bagian kaca mobil, kemudian wiper di aktifkan.

Ketika wiper sudah tidak mau bergerak menyapu air yang terdapat pada kaca mobil, maka bisa di pastikan wiper sudah tidak berfungsi lagi. Namun apabila wiper masih mau bergerak dan menyapu air pada kaca, tetapi masih ada sisa atau bekas air berarti hanya bagian karet wiper yang mengalami kerusakan.

Ya, wiper merupakan komponen mobil yang terdiri dari 2 material yaitu karet dan stik besi. selain itu, ketika karet wiper rusak parah, maka bisa menimbulkan goresan pada kaca mobil ada.

Dan apabila karet wiper telah aus, cara gampang ketahui wiper mobil rusak atau tidaknya yaitu dengan mendeteksi bunyi wiper. Ketika wiper di aktifkan dan bekerja menyapu air serta menimbulkan bunyi yang cukup keras, maka itu berarti karet wiper sudah aus dan harus segera di ganti.

Tidak hanya dari suara yang di timbulkan ketika wiper aktif, namun cara gampang ketahui wiper mobil rusak atau tidak juga bisa di lihat dari permukaan karet wiper. Jika karet wiper sudah tidak rata lagi, tentu saja hasil sapuan air tidak akan maksimal dan pasti akan menyisakan air di kaca dengan jumlah yang cukup banyak.

Ketika anda mendapati kerusakan tersebut, sebaiknya segera ganti karet wiper mengingat fungsi wiper sangatlah pokok untuk mobil.

Lalu bagaimana dengan bagian stik atau batang wiper yang terbuat dari besi, apakah bisa rusak juga? Tentu saja bisa. Cara gampang ketahui wiper mobil rusak atau tidak, khususnya pada bagian stiknya yaitu dengan memperhatikan lurus tidaknya besi tersebut.

Apabila besi sudah nampak tidak lurus, bisa di pastikan kinerja wiper juga sudah memburuk. Biasanya stik wiper yang menjadi bengkong ini dikarenakan penggunaan wiper yang tidak hati-hati serta terlalu sering, terlebih lagi jika curah hujan selalu besar yang mengakibatkan wiper harus bekerja keras menyapu seluruh air tersebut.

Selain itu, kerusakan pada bagian besi wiper juga dapat terjadi karena mobil terlalu sering di parkirkan di tempat terbuka yang terkena paparan sinar matahari langsung. Mengingat bahan stik ini dari besi dan fungsinya sangat berkaitan erat dengan air, jadi ketika mobil terkena paparan sinar matahari maka bisa berpotensi menimbulkan karat.

Meskipun sebenarnya stik wiper sudah di lapisi dengan lapisan anti karat, namun apabila terlalu sering di gunakan tanpa adanya perawatan bisa saja karat menempel di besi wiper.

Artikel terkait :

Cara mengilangkan jamur pada kaca mobil dengan batu Ijo dengan mudah.

Cara tepat merawat timing belt agar tidak mudah putus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *