Cara Cek Kondisi Ban Mobil Yang Layak Diganti

 

Cara Cek Kondisi Ban Mobil Yang Sudah Layak Diganti Sebelum Bepergian Jauh

Cara Cek Kondisi Ban Mobil Yang Layak Diganti - Mekanikmitsubishi

 

Mekanikmitsubishi.com – Mengendarai mobil yang mempunyai tingkat keamanan tinggi merupakan kenyaman tersendiri bagi setiap orang ketika ingin melakukan perjalanan jauh atau liburan. Performa mobil yang baik dan prima pastinya akan memberikan kesiapan untuk si mobil ketika akan dikendarai dimana saja dan oleh siapa saja.

Pemeriksaan kondisi mobil sangatlah penting untuk dilakukan, hal ini untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang akan terjadi apalagi ketika liburan Anda dilakukan dalam perjalanan jauh, pastinya kendaraan Anda harus mendapatkan perhatian lebih ekstra.

Baca juga : Cermati kelebihan dan kekurangan isi ban dengan nitrogen.

Dapat dibayangkan betapa repotnya dan mengganggu perjalanan liburan Anda jika tiba-tiba mobil harus mogok, atau mengalami kebocoran ban. Ban mobil merupakan salah satu komponen penting di dalam kendaraan agar keamanan dan keselamatan Anda terus terjaga.

Kondisi ban mobil sangat menentukan faktor keamanan seseorang apalagi jika dalam keadaan hujan maka jalanan akan menjadi licin. Hal ini sangatlah berbahaya oleh karena itu kondisi ban harus diperhatikan lebih ekstra.

Supaya perjalanan liburan Anda terasa nyaman, berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek kondisi ban mobil Anda sebelum liburan.

Berikut cara cek kondisi ban mobil sebelum liburan :

 

Cek Tekanan Angin Ban Mobil  

Melakukan pengecekan terhadap tekanan ban mobil sangatlah wajib dilakukan bagi Anda yang ingin pergi berlibur, tekanan angin yang tidak pas dapat membuat ban pecah secara mendadak. Sementara itu banyak orang mengalami kecelakaan karena terjadinya ban pecah, untuk itu pastikan Anda melakukan pengecekan ban Anda dengan baik dan benar.

Cara melakukan pengecekan tekanan angin pada ban mobil Anda dapat melakukannya sendiri maupun membawanya ke bengkel-bengkel mobil. Akan tetapi jika Anda ingin melakukannya sendiri maka Anda dapat membeli alat untuk mengukur tekanan angin untuk ban mobil terlebih dahulu.

Setelah itu sesuaikan tekanan dengan kondisi angin ban yang dibutuhkan karena umumnya setiap mobil mempunyai standar angin ban yang berbeda-beda, Anda dapat melihatnya pada stiker yang menempel dekat dengan tuas gas atau ditempat lainnya.

Memindah Posisi Ban atau Rotasi Ban

Ketika mobil Anda telah menemuh jarak 8.000 sampai 11.200 kilometer Anda diharuskan untuk memindah posisi ban mobil atau merotasi ban Anda sebelum melakukan perjalanan jauh. Posisi pemindahan tidak hanya dilakukan dengan memindah posisi ban bagian depan untuk belakang saja akan tetapi posisi ban yang tadinya diluar maka pindahkan menjadi bagian dalam.

Periksa Ukuran di Tapak Ban

Sebelum melakukan liburan pastikan Anda melakukan pengecekan pada tapak ban, tingkat ketebalan pada ukuran tapak ban mobil sebaiknya masih diatas 50 persen. Ketika ukuran tapak ban kurang dari itu sebaiknya Anda harus mulai waspada dan harus menggantinya terlebih dahulu.

Cek Kondisi Kedalaman Ban

Dalam melakukan pengecekan terhadap kondisi ban mobil masih bagus atau tidak sangatlah mudah yaitu karena secara kasat mata ban terlihat oleh mata, kita dapat melihatnya melalui ketebalan kembangnya yang dapat dilihat secara jelas. Akan tetapi kita juga dapat melihatnya melalui indikatornya.

Setiap ban pastinya mempunyai Tire Wire Indikator pada dinding ban yang letaknya berdekatan dengan kembang biasanya terdapat tanda segitiga kecil, ketika kembang ban telah menyentuh atau posisinya lurus dengan lambang segitiga berarti ini merupakan ciri-ciri ban mobil harus diganti.

Kondisi kembang ban harus sama dengan ketebalan pada bentuknya, hal ini dikarenakan ketika kondisi tebal ban mobil tidak rata misal terlalu tebal disebelah kanan atau kiri maka sangatlah berbahaya, jadi harus diperhatikan dengan seksama.

Artikel terkait :

Cara mudah mendongkrak mobil dengan benar dan aman.

Beberapa tips dan cara membedakan bunyi tak wajar antara roda atau bearing roda.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *