Cara Bikin Sim Tanpa E-KTP Dan Syarat-syaratnya

Bocoran Informasi Mengenai Cara Bikin SIM Tanpa E-KTP.

Cara dan beberapa persyaratan membuat atau memperpanjang SIM tanpa memiliki E-KTP

Mekanikmitsubishi.com – Belum lama ini pemerintah menerapkan kebijakan baru yakni, setiap warga Negara Indonesia diwajibkan memiliki kartu identitas E-KTP yakni pengganti KTP. E-KTP yakni mempunyai kepanjangan kartu tanda penduduk elektronik. Dari E-KTP sendiri segala informasi terkait Anda dari sidik jari dan kependudukan bahkan history criminal yang pernah ada tersimpan dalam chip yang tertanan pada kartu E-KTP tersebut.

Baca juga : Tips aman pasang sticker mobil tanpa melanggar UU lalulintas,dan bebas dari tilangan polisi.

Masalah yang dihadapi pemerintah kita ialah proses percetakan dan pemerataan E-KTP di beberapa wilayah Indonesia masih belum maxsimal. Banyak faktor tantangan pemerintah yang menyebabkan sulitnya teralokasi dan tuntansnya kepemilikan E-KTP untuk setiap warganya. Beberapa penyebabnya yakni faktor geodrafis Indonesia yang termasuk Negara kepulauan dan bergunung-gunung,belum lagi masalah pemahaman masyarakat akan pentingnya kartu E-KTP kedua hal tersebut masih ditambah masalah blangko E-KTP sering kehabisan,sehingga warga harus menunggu lama bahkan ada yang berbulan-bulan.

 

Hingga saat ini target pemerintah belum tercapai untuk kepemilikan E-KTP setiap warganya. Hal ini berakibat kesulitan warga mengurus surat-surat tertentu dan administrasi dari kesehatan dan banyak hal lain lagi, tak terkecuali jika masyarakat ingin membuat dan memperpanjang SIM ( surat injin mengemudi ).

Ada berita baik yang bisa Anda manfaatkan,yakni kelonggaran pemerintah tidak mewajibkan warganya menggunkan E-KTP jika akan membuat atau memperpanjang SIM. Hal tersebut telah disampaikan  AKBP Iwan Saktiadi. Belau yakni menjabat sebagai Kasubdit Registrasi dan Identifikasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Kata beliau, masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang surat ijin mengemudi ( SIM ),namun karena beberapa alasan E-KTP masih dalam tahap prosses pembuatan maka warga tetap dilayani pihak satlantas dengan baik.

Baca juga : Tips aman mengemudi bebas ngantuk.

Cara membuat atau memperpanjang SIM tanpa E-KTP yakni dengan melampirkan surat keterangan dari pejabat daerah setempat bahwa E-KTP Anda sedang diprosses pembuatan dan menyatakan bahwa Anda benar-benar warga kampung tersebut. Saran bapak AKBP Iwan Saktiadi sangat disarankan untuk membawa foto copy KK ( kartu kkeluarga ). Lampiran foto copy KK dimaksudkan agar Anda mendapat pelayanan yang cepat karena memudahkan satlantas untuk mengetahui data akurat dan yang bersangkutan sudah memenuhi syarat umur untuk memperoleh SIM.

 

Demikian kabar baik ini mengenai cara membuat atau memperpanjang surat ijin mengemudi ( SIM ) tanpa harus membawa / memiliki E-KTP. Sangat mudah prosesnya dan pastinya Anda akan dilayani dengan baik.  semoga artikel ini bermanfaar untuk Anda. Terimakasih.

Artikel terkait :

Tips buat mobil yang ditinggal diparkiran dalam waktu yang lama.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *