Cara Aman Parkir Di Tanjakan Bagi Pemula Dengan Mudah

mekanikmitsubishi-cara-paling-mudah-parkir-aman-ditanjakan-dengan-mudah-bagi-pemulaCara Aman Dan Mudah Parkir Di Tanjakan Bagi Pemula.

Mekanikmitsubishi.com – Mengendarai bukanlah hal yang sulit bagi seseorang yang sudah ahli dan lihai. Namun berbeda bagi mereka yang masih belajar dan masih memulai mengendarai sendiri kendaraan mereka.

Kebanyakan dari mereka haruslah memiliki mental yang kuat dan tidak takut akan rasa sakit bila mereka jatuh ketika belajar. Entah mengendarai mobil maupun motor. Karena semua orang memahami, bila jatuh dengan kendaraan mesin lebih menyakitkan dibandingkan jatuh dari kendaraan manual seperti sepeda dan lainnya.

Baca juga :

Tips agar mobil berhenti ditanjakan dengan setengah kopling.

Tips menghentikan mobil dijalkan yang curam dengan rem tangan paling aman.

 

Bagi pemula, berjalan mengendarai kendaraan di jalan saja sudah cukup menakutkan. Apalagi bila harus berhenti mendadak di tanjakan yang terkadang disebabkan karena kemacetan dan lainnya.

Berbeda halnya dengan parkir di jalanan menanjak. Bagaimana cara aman parkir di tanjakan bagi para pemula? Berikut rangkumannya.

  • Yang pertama adalah dengan menarik rem tangan. Cara aman parkir di tanjakan ini adalah dengan segera menarik rem tangan ketika mendadak berhenti di tanjakan. Rem tangan berfungsi dalam mengunci kendaraan agar tidak bisa berjalan maju atau mundur.
  • Setelah rem tangan dipastikan aktif, selanjutnya adalah dengan memasukkan porseneling. Cara aman parkir di tanjakan ini adalah dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi gigi satu saat mobil berada atau terjebak di tanjakan atau bisa juga dengan memindahkan tuas transisi ke posisi gigi mundur saat mobil berada di turunan.
  • Cara aman parkir di tanjakan adalah dengan memutar roda depan hingga sisi belakang salah satu roda depan menyentuh trotoar atau bagian yang lebih tinggi dari pada jalanan. Dan ketika kendaraan berada dalam posisi turunan maka putar roda depan hingga salah satu sisi bagian depan salah satu roda depan menyentuh bagian trotoar atau bagian yang lebih tinggi. Namun bila tidak ada bagian seperti trotoar atau bagian yang lebih tinggi dari roda anda, maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan mengganjal salah satu roda anda.
  • Hal harus anda lakukan ketika kendaraan anda berada dalam tanjakan adalah dengan mengganjalnya. Cara aman parkir di tanjakan yang ini adalah yang paling aman dilakukan ketika anda berada dalam keadaan medan yang benar-benar terjal dan licin. Hal ini merupakan jalan terakhir yang bisa anda lakukan bila anda sudah benar-benar terjebak.

Cara aman parkir di tanjakan yang terakhir bisa anda lakukan bisa anda sudah benar dalam mengaktifkan rem tangan dan juga ketika anda sudah mengganti posisi porseling kendaraan anda.

Parkir di tanjakan bahkan bisa anda lakukan jika tempat parkir kendaraan anda penuh saja, namun seringnya ketika anda parkir di jalan tanjakan adalah ketika anda baru dengan medan tersebut.

Medan yang baru bagi anda memang terkadang membuat anda merasa kaku. Bagaimana lincahnya anda dengan medan yang biasa anda lewati belum tentu dapat dengan lincah dan lihai dengan medan yang baru.

Terlebih lagi ketika anda mencoba medan baru dan bepergian jauh dengan medan yang naik turun seperti ketika anda akan berwisata ke daerah pegunungan. Hal ini terkadang membuat mobil anda mengalami kelebihan beban dan harus berhenti mendadak di tengah jalan.

Sebelum anda benar-benar berhenti pastikan keadaan roda anda berada dalam posisi yang stabil dan benar. Kesalahan dalam parkir di tanjakan adalah dengan tidak memperhatikan posisi roda dan kendaraan anda.

Sehingga ketika anda akan mulai menjalankan kendaraan anda lagi, anda akan merasa kesulitan. Bahkan terkadang mengalami selip ban. Hal ini lebih berbahaya dibandingkan dengan ketika anda terjebak dalam jalan tanjakan yang licin dan curam.

Semoga Artikel cara paling aman parkir di tanjakan ini bisa lebih menjadi perhatian anda. Sehingga tidak membahayakan anda dan orang lain.

Artikel terkait :

Aplikasi yang membantu aktivitas mengemudi lebih aman dan nyaman paling banyak digunakan yang harus Anda miliki.

Tips paling baik saat menyalip dengan mobil yang aman.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *