Bocoran Kelebihan dan Kekurangan Monoshock Vs Dualshock

Bocoran Kelebihan dan Kekurangan Monoshock Vs Dualshock - MekanikmitsubishiBocoran Kelebihan dan Kekurangan Monoshock Vs Dualshock

Mekanikmitsubishi.com – Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa  Shockbreaker atau peredam kejut memiliki peranan yang sangat penting pada sebuah kendaraan, tidak terkecuali dengan sepeda motor. Fungsi utamanya dari shockbreaker adalah dapat meredam benturan ketika kendaraan menghantam sebuah lubang di jalan yang tidak rata.

Jika Anda mengetahui dari jenis shockbreaker sepeda motor maka shockbreaker sepeda motor terbagi mememiliki dua jenis. Ada yang menggunakan satu shockbreaker yang biasa disebut sebagai monoshock dan juga yang dua atau biasa disebut dualshock.

Pemakaian Shockbreaker Jenis Monoshock Dan Type Motornya

Baca juga : Memahami tanda-tanda shocbreaker mengalami kerusakan dengan akurat.

Pada jenis monoshock, pastinya akan terdapat satu buah peredam kejut, sedangkan bagi dualshock tentu saja memiliki dua buah suspensi yang dapat dipasangkan pada sisi swing arm kendaraan sepeda motor.

Pada dasarnya kedua peredam kejut maupun satu itu tidak memiliki perbedaan kekuatan satu sama lain. Meskipun demikian ada sedikit perbedaan dalam hal pengaplikasiannya antara dua komponen tersebut.

Karakter dari monoshock tentu saja lebih condong digunakan untuk type motor sport dan skuter matic. Sedangkan untuk yang dualshock sekarang ini banyak digunakan untuk motor bebek. Yang membedakan hanyalah pada bagian konstruksinya saja secara fungsi keduanya memiliki kegunaan yang sama.

Macam-Macam Monoschock Dan Kelebihannya

Penggunaan jenis monoshock pada motor sport juga tentu saja diklaim sangat aman dan nyaman untuk melakukan manuver. Apalagi ditambah motor sport yang memiliki tenaga yang lumayan besar sehingga jika menggunakan monoshock akan memberikan stabilitas yang lebih baik karena tumpuan bebannya yang hanya terjadi pada satu titik saja.

Berbeda halnya  dengan suspensi ganda. Ketika Anda melakukan manuver di jalan maka tumpuan beban akan didistribusikan pada kedua shock. Hasilnyapun akan kurang mendukung ketika Anda melakukan manuver.

Dualshock dan Jenis Motornya Dan Kelebihannya

Akan tetapi kelebihan dari suspensi type dualshock biasanya akan lebih kuat dalam mengangkut beban yang berat. Dengan catatan ada batasan berapa banyak tumpuan yang sebagaimana sudah disarankan oleh standart pabrikan. Hal ini tentu saja adalah bagian dari kelebihan dan kekurangannya suspensi type dualshock akan tetapi secara fungsi sama saja.

Kedua peredam kejut monoshock dan dualshock memiliki kelebihan utama yang sangat nyaman digunakan dalam sebuah tikungan dan terasa sangat halus dan juga lebih stabil. Dan yang  paling nyaman dan banyak diaplikasikan sekarang ini adalah suspensi type monoshock.

Akan tetapi kekurangan dari monoshock ini adalah tidak dapat digunakan dalam mengangkut beban yang berat dan bila dipaksakan akan membuat motor terasa anjlok saat melewatian sebuah lubang atau jalan bergelombang, dan suspensi type monoshock mudah mengalami kerusakan/bocor jika tidak mendapat perawatan dan sering menampu beban melebihi dari standarnya

Baca juga : Tips jitu merawat shockbreaker agar awet dan tidak mudah bocor.

Tidak kalah juga dengan dualshock yang memiliki kelebihan utama yang sangat bagus untuk mengangkat beban yang sangat berat sekalipun. Model ini paling banyak juga diaplikasikan untuk motor jenis cruiser dan biasa digunakan dalam mengangkat beban yang berat. Dari berbagai pengalaman secara umum suspensi type dualshock lebih awet dan tahan lama massa pakainya bila dibandingkan dengan suspensi type monoshock.

Kekurangan Dualshock

Kelemahannya dari suspensi type dualshock adalah terkadang tingkat kekerasan/kelembutan antara sebelah kiri ini berbeda dengan yang ada pada sebelah kanan sehingga apabila digunakan untuk menikung akan berakibat oleng. Suspensi yang dibutuhkan juga adalah kekuatan, keawetan dan tahan banting sehingga kenyamanan itu adalah nomor dua.

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagiamana caranya agar Anda tidak salah pilih dalam membeli type kendaraan. Apakah kendaraan berjenis monoshock atau dualshock? Agar Anda tidak salah pilih maka harus memikirkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan yang dialami. Jika Anda lebih sering mengangkut beban yang berat maka Anda sebaiknya menggunakan jenis dualshock.

Cara Memilihi Type Monoshock dan Dualshock

Sedangkan jika Anda menginginkan motor yang halus dalam tikungan, lembut, dan sangat nyaman dalam berkendara seharian serta Anda jarang juga dalam mengangkut beban yang berat maka sebaiknya Anda memilih jenis motor dengan tipe monoshock.

Monoshock dan dualshock tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya saja hal tersebut harus kembali lagi disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Jangan sampai Anda salah pilih sehingga berdampak pada diri Anda sendiri.

Sekian artikel kali ini yang membahas mengenai bocoran kelebihan dan kekurangan Monoshock Vs Dualshock untuk kendaraan bermotor yang setidaknya kita bisa pelajari. Dan semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

Penyebab shockbreaker mudah bocor yang jarang dikerahui pemilik kendaraan.

Ciri-ciri shockbreaker bekas yang masih baik dan masih sangat layak digunakan.

Kelebihan suspensi udara/air suspension dan kelebihannya serta kekurangannya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *