Bocoran Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Hibrida Secara Detail

kelebihan-dan-kekurangan-mobil-hibrida-mekanikmitsubishiBocoran Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Hibrida, Dan Penjelasannya.

Mekanikmistubishi.com – Akhir-akhir ini mobil berteknologi hibrida sangat populer di masyarakat Indonesia, perubahan iklim yang memprihatinkan dan harga bahan bakar yang kian melambung, serta timbulnya pencemaran udara yang sangat buruk diperkotaan diklaim menjadi alasan mobil hibrida diciptakan.

Definisi dari mobil hibrida adalah kendaraan yang mengaplikasikan dua atau lebih sumber tenaga sebagai penggerak kendaraan tersebut. Mobil hibrida umumnya menggunakan kombinasi mesin pembakaran internal. Dengan penerapan system kerja dari hibrida tersebut sangat memungkinkan kendaraan lebih efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang yang jauh lebih rendah dengan mobil berbahan bakar konvensional.

Beberapa kelebihan utama mobil hibrida dibandingkan dengan mobil konvensional :

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan teknologi Drive By Wire pada mobil.

  • Emisi gas CO2 yang jauh lebih rendah

Hal ini sangat berdampak positif bagi lingkungan,dengan teknologi hibrida ini mampu menurunkan dampak pemanasan global dan pencemaran udara. ( Keuntungan bagi lingkungan dari mobil hibrida )

  • Efisiesi bahan bakar

Tidak diragukan lagi bahwa mobil menggunakan teknologi hibrida jauh lebih efisiensi dalam konsumsi bahan bakar. Seiring waktu bahan bakar yang berasal dari fosil,akan habis dan langka tentunya membuat harga minya bumi tiap tahun pasti mengalami kenaikan. Sangat dibutuhkan sekali kendaraan yang hemat bahan bakar sebagai biaya operasional. Keunggulan inilah yang digadang-gadang mampu menarik minat pembeli untuk memilih mobil hibrida. ( Keuntungan ekonomi dari mobil hibrida )

Beberapa kelemahan dari mobil hibrida.

Sebuah produk dan penemuan baru pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tak lain halnya dengan mobil berteknologi hibrida. Mobil hibrida sangat maju dalam teknologi akan tetapi kekurangan dari mobil hibrida yakni biaya produksi mobil hibrida cukup tinggi dibanding mobil konvesional. Penyebab biaya mobil hibrida mahal yakni tingginya biaya bahan material yang digunakan, dari kualitas yang harus mumpuni dan langkanya material yang dibutuhkan untuk produksi. Contoh material yang paling berpengaruh terhadap biaya produksi dan harga mobil hibrida yakni :

Dysprosium digunakan untuk membuat motor listrik yang canggih dan sistem propulsi yang diaplikasikan pada baterai mobil hibrida.

Neodymium adalah material yang sangat diperlukan sebagai pembuatan magnet motor listrik.

Kelemahan mobil hibrida yang lain adalah handling-nya berbeda dari mobil konvesional yang dalam kisaran yang sama. Mobil hibrida lebih berat dibandingkan mobil konvensional, penyebabnya ialah aki pada mobil hibrida jauh lebih berat. Untuk masalah service mobil hibrida juga sangat sulit, tidak semua bengkel mobil dapat menangani keluhan atau kerusakan mobil hibrida karena alat yang dibutuhkan juga berbeda yang lebih canggih dan lengkap dari memperbaiki mobil konvensional. Dan pemilik harus melakukan service di pabrikan yang membutuhkan biaya cukup mahal.

 

Yang tak kalah penting yang menjadi pertimbangan pembeli untuk memilih mobil hibrida yakni kecepatan. Beberapa orang kecepatan adalah nomor satu, untuk mobil hibrida kecepatan yang dihasilkan lebih lambat dari mobil konvensional. Dan hal ini terus dikembangkan oleh beberapa pakar agar mobil hibrida bisa  sekencang dan seresponsive mobil konvensional.

Dan masih sangat banyak sekali beberapa faktor dan penyebab yang menghalangi masyarat beralih ke mobil hibrida. Harga,perawatan,dan service yang sulit dan mahal adalah hal yang menjadi pertimbangan berat untuk beralih ke mobil berteknologi hibrida.

Mungkin diwaktu yang akan datang pemerintah dan instansi terkait akan memproduksi massal mobil hibrida karena faktor keuntungan ekonomi dan lingkungan yang dimiliki mobil hibrida dari mobil konvensional. Semoga akan ada solusi untuk mengatasi hal tersebut sehingga mobil hibrida bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Demikian artikel ini mengenai bocoran informasi kelebihan dan kekurangan mobil hibrida, serta penjelasannya. Semoga aetikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Artikel terkait :

Informasi kemajuan teknologi dimassa yang akan datang.

Perbedaan,serta kelebihan dan kekurangan DOHC vs SOHC vs OHV.

Apa itu ABS,sistem kerja serta kelebihan dan kekurangan ABS dari non ABS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *