Biaya Custom Bushing dan Mounting untuk Mobil Lawas

biaya-custom-bushing-dan-mounting-untuk-mobil-lawas-mekanikmitsubishiBiaya Custom Bushing dan Mounting untuk Mobil Lawas.

Mekanikmitsubishi.com – Bushing merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang harus diperhatikan perfomanya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi bushing agar tetap prima. Berdasarkan letaknya, bushing dikenal memiliki dua jenis. Yaitu bushing arm dan bushing stabilizer.

Bushing stabilizer fungsinya sebagai pengikat sasis dan penyeimbang suspensi kiri dan kanan. Sedangkan bushing arm berfungsi untuk peredam jika ada getaran yang berasal dari pergerakan kendaraan.

Baca juga : Tips dan cara mengecek kerusakan bearing roda dengan mudah.

Bushing terbuat dari bahan karet, saat karet pada kedua bushing ini mengalami kerusakan, langkah tepat dan cepat yang harus anda lakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

Tapi, hal ini seringkali menimbulkan kekhawatiran yang besar bagi pengguna mobil di Indonesia, terutama buat Anda yang memiliki mobil built up atau bekas. Ya, suku cadang ini terkadang agak susah dicari di pasaran, hal ini karena jarang sekali ada toko onderdil maupun bengkel yang menjual bushing khusus mobil bekas.

Yang selanjutnya adalah mounting. Komponen mobil yang satu ini juga punya fungsi yang tak kalah penting dengan bushing. Engine mounting adalah komponen dudukan mesin yang bertugas sebagai dudukan mesin atau chasis/rangka. Komponen ini pada umumny dibuat menggunakan bahan yang memiliki sifat elastis seperti karet.

Fungsi lain dari engine mounting ialah mempunyai kemampuan yang tinggi dalam menyerap dan mereduksi getaran dari mesin untuk mencegah rambatan hingga 100% ke rangka mobil. Jadi sederhananya, engine mounting akan mengurangi getaran mesin ke rangka agar ketika mesin bergetar( terutama pada saat berakselarasi dan deselarasi) bodi mobil tetap stabil, tidak terpengaruh oleh getaran mesin sehingga keamanan penumpang tetap terjaga.

Gejala rusaknya bushing dan mounting dapat Anda deteksi melalui fungsi handling yang sudah tidak stabil, yaitu getaran pada mesin mobil menjadi sangat kuat bahkan terasa sampai ke dalam kabin. Trik jitu yang harus Anda lakukan adalah dengan membawa mobil anda ke bengkel yang terpercaya atau resmi. Bengkel yang terpercaya akan memberikan jasa pelayanan yang baik. Tak jarang mereka pun menyediakan layanan konsultasi untuk para pembelinya.

Selain mempertimbangkan dua faktor di atas, yaitu pelayanan baik dan konsultasi. Bengkel yang terpercaya biasanya hanya menjual komponen motor yang berkualitas alias bukan abal-abal. Jadi kemungkinan untuk mendapatkan barang palsu dengan harga selangit bisa Anda minimalisir disini.

Bengkel-bengkel terpercaya juga melayani jasa panggilan. Ini sangat berguna sekali bagi Anda bukan? Terlebih saat Anda bepergian jauh dan tidak memungkinkan untuk membawa mobil Anda ke bengkel. Montir dengan senang hati akan memperbaiki komponen mobil yang rusak.

Nah untuk masalah bushing dan mounting yang rusak pada mobil built up, tentu Anda perlu mencari bengkel yang menyediakan kedua suku cadang ini. Anda juga perlu mempersiapkan budget apabila ingin menggantinya dengan suku cadang yang baru.

Masalahnya adalah berapa biaya custom yang harus Anda keluarkan? Serta bengkel mana yang menyediakan suku cadang ini? sebab tidak semua bengkel di Indonesia menjual suku cadang bekas yang bisa anda beli.

Jawabannya akan segera Anda dapatkan. Yap, benar sekali. Beberapa bengkel di kawasan Jakarta selatan, seperti bengkel Lili Shocker yang ada di Jalan Haji Nawi melayani pembuatan suku cadang bekas ini.

Harga biaya custom Bushing dan Mounting untuk Mobil Lawas bervariasi yakni, dibandrol sekitar Rp 150-450 ribuan tergantung diameternya. Untuk bushing mobil Jepang sekelas MPV, SUV, dan city car harganya berkisar antara Rp 150-250 ribu. Adapun untuk mounting, harga yang dipatok ialah Rp 200-400 ribuan.

Bagaimana? Kini Anda sudah tau berapa biaya custom yang harus dikeluarkan untuk mengganti bushing dan mounting pada mobil built up anda bukan? Carilah bengkel terpercaya dan siapkan budget Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Cara melepas Berak Boster pada mobil Mitsubishi L200.

Tips ampuh agar mobil bebas brisik dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *