Benarkah Sunat Busi Standart Bikin Kendaraan Makin Kencang

Benarkah Memotong Elektroda Busi Standart Bikin Kendaraan Makin Kencang - MekanikmitsubishiSunat Busi Standart Bikin Kendaraan Makin Kencang, Benarkah?

Mekanikmitsubishi.com – Busi sering Anda kenal dengan pemantik api pada mesin bakar, termasuk juga mesin motor. Proses pembakaran dalam mesin merupakan sebuah proses perambatan dan bukan peledakan. Sehingga akan ada waktu jeda agar gas yang merupakan campuran dari bahan bakar dan udara untuk terbakar secara tuntas.

Busi adalah salah satu komponen yang paling menjadi perhatian dalam proses pembakaran tersebut, selain penggantian ECU/CDI dan juga koil. Sebab busi adalah ujung tombak dari penyalur api ke dalam ruangan bakar.

Baca juga :Apa pengaruh busi pada p erforma mesin kendaraan beserta penjelasannya.

Beberapa orang menyiasatinya dengan melakukan modifikasi terhadap busi standard dengan menyunat atau memotong elektroda bawah sehingga hal tersebut dapat membuat kendaraan menjadi semakin kencang. Apakah benar demikian?

Untuk mengetahui kebenaran hal tersebut, Anda perlu juga mengetahui langkah-langkah dalam menyunat busi standart.

Trik yang dilakukan oleh sebagian orang untuk membuat kendaraan dapat melaju dengan lebih kencang adalah dengan mempercepat proses rambat pembakaran. Cara kerjanya adalah dengan memotong sebagian kecil elektroda negatif busi yang berbentuk melengkung.

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan memperlebar ujung melengkung yang terdapat dalam busi. Kemudian ujung melengkung tersebut diperpendek dengan menggunakan gerinda.

Dalam memotongnya hanya sampai elektrda negatif yang bersebrangan dengan elektroda positif masih tersisa sedikit. Selanjutnya busi diatur ulang sesuai dengan standart pabrik. Nah, setelah itu busi dengan kondisi baru sudah siap dipasang.

Tujuan pemasangan busi yang telah dimodifikasi tersebut diantaranya:

  1. Agar loncatan bunga api bisa lebih fokus.
  2. Di dalam ruangan pembakaran api bisa merambat ke berbagai arah.
  3. Untuk mesin berkompresi tinggi dapat lebih optimal.
  4. Torsi bisa lebih ditingkatkan.
  5. Saat melakukan start awal, dapat menguras ngepos pada mesin

Sebenarnya cara tersebut sudah dilakukan oleh pembalap NASCAR (USA) ketika busi iridium belum ditemukan. Cara tersebut merupakan sebuah trik rahasia karena ketatnya persaingan balap.

Namun, Anda tidak boleh salah sangka, menyunat busi standart memang pada dasarnya dapat membuat tenaga yang dihasilkan akan cepat terdongkrak.

Sebab, dengan dipotongnya elektroda bawah, tidak ada hambatan dan dapat menekan efek “quenching”. Namun ada juga efek negatif yang diakibatkan dari menyunat busi standart. Bahkan efek negatifnya lebih banyak.

Salah satu efek negatifnya adalah busi akan menjadi cepat aus. Hal ini diakibatkan karena adanya titik perapian yang bergeser sehingga penumpukan karbon di ruang bakar dan juga busi akan menjadi lebih cepat terjadi. Hal ini mengakibatkan busi akan menjadi lebih cepat rusak. Memodifikasi busi standart memang bisa membuat kendaraan menjadi semakin kencang. Akan tetapi hal tersebut juga dapat mengakibatkan kerugian berupa busi yang cepat aus.

Untuk itu, upaya ini sebenarnya tidak disarankan. Sebagai solusi, Anda bisa mengganti busi standart dengan busi yang berbahan logam mulia.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai benarkah asumsi bahwa sunat komponen busi bikin kendaraan semakin kencang? Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan memberikan jawaban yang memuaskan. Terimaksih.

Artikel terkait :

Beberapa tips mengatasi mobil mogok karena banjir dengan mudah.

Cara merawat dan membersihkan busi dengan benar, tak banyak yang tahu hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *