Begini Cara Memakai Busi Yang Benar

cara membersihkan busi yang benarCara Memakai Busi Kendaraan Dengan Benar Tanpa Merusak Sifat Aslinya

Mekanikmitsubishi.com – Pada zaman modern seperti ini, kendaraan menjadi hal yang sangat penting.Dengan kendaraan anda bisa menuju kemanapun dengan waktu yang tidak lama. Kendaraan yang paling dimiliki dan diminati oleh sebagian besar orang adalah sepeda motor dan mobil. Karena pentingnya kendaraan seperti ini, perawatannya juga harus benar.

Baca juga artikel tips dan cara yang benar merawat busi kendaraan.

Kendaraan yang tidak dirawat dengan benar akan mogok atau rusak. Salah satu elemen didalam mobil yang harus diperhatikan adalah busi.Busi ini merupakan elemen fatal, jika busi bermasalah, mobil bisa menjadi tidak berfungsi. Bagi anda pemilik mobil, begini tips dan cara memakai busi yang benar:

  1. Sediakan busi pengganti baru yang cocok.

Saat akan melakukan cara memakai busi yang benar, anda harus menyediakan busi baru terlebih dahulu. Sediakan busi yang pas dan cocok untuk kendaraan anda.Perhatikan model dan merk mobil anda, tahun pembuatan mobil juga harus diperhatikan saat membeli busi.Anda bisa melihatnya di buku panduan mobil atau buku onderdil di toko onderdil.

Ada banyak sekali jenis busi, untuk itu jangan sampai salah membeli, karena jika salah tidak akan berguna untuk mobil. Mobil tetap dalam kondisi buruk atau tidak menjadi baik. Untuk lebih mudahnya, anda bisa membawa busi bekas anda ke toko, pilih yang sama persis walaupun mahal. Karena jika berbeda akan terjadi ketidakcocokan antara busi dengan kendaraan anda.

  1. Bersihkan sekitar ulir.

Setelah anda membeli busi yang cocok dan pas untuk mobil anda, cara memakai busi yang benar selanjutnya adalah membersihkan sekitar ulir. Pemeriksaan kabel busi saat hendak mengganti atau memasang busi, dengan pemeriksaan kabel ini anda bisa mengetahui masalah pada busi terjadi karena kerusakan atau karena keretakan.

Untuk membersihkan sekitar ulir anda bisa menggunakan sikat kawat atau udara pada kompresor agar ujung kabel busi bersih, dengan begitu koneksi busi pada mobil lancar.Bila perlu dan agar tidak sering memperbaiki kendaraan, anda bisa mengganti kabel busi saat mengganti busi. Dengan begitu kendaraan akan dalam keadaan lebih baik.

  1. Masukkan busi.

Setelah anda membersihkan sekitar ulir agar koneksi busi pada mobil lancar, sekarang saatnya anda memasukkan busi. Hal ini merupakan inti dari cara memakai busi yang benar. Gunakan kunci busi untuk melepas atau memasang busi.Sebelum menggunakan kunci busi, gunakan tangan untuk memasukkan busi sekitar 1/8 putaran, setelah itu baru kencangkan busi dengan menggunakan kunci busi.

Perlu diperhatikan dalam mengencangkan jangan terlalu kencang, karena bisa membuat ulir pada kepala silinder rusak. Jika ini rusak, perbaikannyaakan memakan biaya yang mahal. Pasang kabel busi lagi sesuai dengan posisi kabel busi sebelumnya.

  1. Lumasi busi.

Alangkah lebih baik sebelum anda memasang busi, anda lumasi busi dengan cairan pelumas saat melakukan cara memakai busi yang benar, terlebih lagi jika mesin yang ada dipasangkan busi adalah aluminium. Setetes cairan tersebut akan mencegah adanya reaksi pada metal berbeda. Agar keesokan hari mudah dalam melepaskan, anda bisa memasangkan kompon silikon dielektrik pada bagian dalam tutup busi.Tutup busi ditarik kebelakang, dan lubangnya masuk ke ujung busi (harus diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan).

Pemasangan busi merupakan hal yang sangat sensitive karena akan sangat berpengaruh terhadap kinerja kendaraan. Bila busi rusak, kendaraan tidak akan hidup atau berjalan. Untuk itu sangat penting pengetahuan mengenai cara memakai busi yang benar, jika suatu saat terjadi gangguan ditengah perjalanan. Namun jika tidak yakin, anda bisa meminta bantuan ahlinya atau kebengkel terdekat. Karena sedikit kesalahan akan sangat berpengaruh.

Artikel terkait :

Harga busi iridium serta kelebihan dan kekurangannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *