Beberapa Tips Dan Cara Mengatasi Mobil Mogok Karena Banjir

Beberapa Tips Jitu Mengatasi Mobil Mogok Karena Banjir

Beberapa Tips Jitu Mengatasi Mobil Mogok Karena BanjirMekanikmitsubishi.com – Akibat global warming, musim hujan saat ini tidak bisa di prediksi. Adanya curah hujan yang tinggi terutama di kota-kota besar membuat jalanan rentan tergenang air yang cukup tinggi. Tak tanggung-tanggung genangan air tersebut bisa menyebabkan banjir selama berhari-hari.

Yang menjadi masalah, ketika mengendarai mobil sering kali para pengendara tidak mempedulikan adanya genangan di hadapan kita masih bisa di lalui. Akibatnya, tak jarang banyak mobil terendam yang melewati batas aman dan akhirnya mogok.

Baca juga : Cara mematikan mesin kendaraan yang benar agar tidak merusak komponen mesin.

Apabila anda mengalami hal tersebut, rasa panic pun muncul. Padahal, tips mengatasi mobil mogok karena banjir yang paling utama adalah jangan panic. Untuk selanjutnya, anda mungkin bisa mencoba langkah-langkah untuk menghidupkan mobil yang mogok tersebut.

Berikut beberapa tips mengatasi mobil mogok karena banjir yang bisa anda lakukan ketika berada di tengah genangan.

Baca juga : Ciri-ciri utama kendaraan pernah terendm banjir, banyak yang tak tahu.

  1. tips mengatasi mobil mogok karena banjir pertama yang bisa anda lakukan apabila mobil anda mati secara tiba-tiba ketika menerjang banjir, anda bisa mencoba untuk menyalakan kembali. Anda bisa menstarter beberapa kali, namun jangan memaksa secara berlebihan. Apabila mobil tidak mau menyala kembali, anda bisa mendorong mobil keluar dari genangan air lalu menuju ke tempat yang kering. Jangan ragu untuk meminta bantuan yang berada di sekitar untuk melakukan hal ini.
  2. Anda juga bisa memutar roda mobil anda apabila anda bepergian sendiri. Caranya pun mudah, anda hanya membutuhkan seutas tali panjang dan dongkrak mobil. tips mengatasi mobil mogok karena banjir ini usahakan kedua tangan ada memegang masing-masing tali sebagai penariknya agar tidak lepas. Setelah itu, anda bisa melepas sisi tangan lain menjadi pengait.
  3. Ketika sudah berada di tempat yang kering, tips mengatasi mobil mogok karena banjir yang selanjutnya anda bisa segera membuka kap mesin dan keringkan bagian mesin-mesin yang basah terutama yang berhubungan dengan kelistrikan. Anda bisa menggunakan lap kering, tisu, kertas Koran untuk bagian yang kecil yang harus selalu dalam keadaan kering seperti pada bagian busi dan kebel busi. Jangan lupa, periksa juga pada bagian distributor untuk memastikan benar-benar kering.
  4. Kemudian, cek kembali mesin mobil anda. Apabila mesin berhasil dinyalakan, segera cek fungsi dna fitur kendaraan anda. Bagian penting yang harus di cek seperti system pengereman dan kelistrikan. Rem yang terendam air akibat banjir tersebut cendeung akan mengalami kerusakan pada beberapa komponen.
  5. Meskipun anda sudah berhasil menghidupkan mobil anda kembali, jangan tunda untuk segera membawanya ke bengkel langganan anda. tips mengatasi mobil mogok karena banjir ini bertujuan untuk mengecek secara keseluruhan setelah mobil anda terendam Khawatirnya, terdapat beberapa part pada mobil yang mengalami kerusakan namun belum terdeteksi oleh anda. Mintalah montir untuk lebih teliti pada bagian pengereman dan kelistrikan.

 

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai 5 tips yang tepat mengatasi mobil mogok karena banjir . Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan memberikan sosulsi terbaik bagi Anda. Terimakasih.

Artikel terkait :

Cara sederhana mencegah kolong mobil berkarat pada saat musim penghujan.

Cara tepat membersihkan mobil yang sering kehujanan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *