Beberapa Poin Penyebab Mobil Injeksi Boros Serta Tidak Bertenaga

Beberapa Poin Penyebab Mobil Injeksi Boros Serta Tidak Bertenaga - MekanikmitsubishiApa Saja Penyebab Mobil Injeksi Boros Serta Tidak Bertenaga?

Mekanikmitsubishi.com – Mobil keluaran saat ini sudah tergolong canggih serta menggunakan teknologi terkini. Contohnya saja sistem injeksi bahan bakar, memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Akan tetapi setelah bertahun-tahun dipakai, biasanya pemilik akan jarang merawat mobilnya. Dan akibatnya ada beberapa kerusakan pada mobil yang jarang terdeteksi.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi mobil diesel ngempos tak bertenaga.

Namun tidak jarang juga mobil injeksi menjadi boros bahan bakar, sehingga membuat mesin seakan tidak bertenaga. Lalu apa sajakah penyebab mobil injeksi boros serta tidak bertenaga? Berikut adalah penyebabnya :

Baca juga : Cara cerdas mengemudi matic hemat BBM.

  • Ring piston dan piston aus

Piston beserta ringnya akan bekerja terus menerus dan bisa membuat komponennya menjadi terkikis. Akibatnya kompresi kendaraan menjadi berkurang dan performanya mesin menurun. Kompresi mesin tang rendah juga dapat membuat tarikan mesin melambat dan tenaga mesin menjadi loyo, akibatnya bahan bakar cepat habis.

  • Tersumbatnya lubang nozzle injektor

Mengapa mobil injeksi cepat boros salah satunya karena lubang nozzle injektor tersumbat. Lubang ini bentuknya sangat kecil dan sangat rentan sekali tersumbat. Biasanya yang menyebabkan lubang nozzle injektor tersumbat adalah karena kotoran pada bahan bakar. Apabila tersumbat, maka suplai bahan bakar menjadi terganggu dan tingkat efisiensi bahan bakar berkurang.

  • Adanya kerak sisa pembakaran di ruang mesin

Kerak yang terdapat di ruang mesin dapat dibilang sulit jika dihindari. Apabila keadaannya sudah parah, maka kerak akan menumpuk dan membuat ruang bakar mesin lebih sempit dari keadaan normalnya. Akibatnya pembakaran akan menghasilkan tenaga mesin di bawah keadaan normalnya.

  • Filter udara kotor

Keadaan filter udara yang kotor bisa menyebabkan adanya hambatan aliran udara pada sistem pembakaran. Kemudian akan menyebabkan pembakaran menjadi berkurang, dan gejala yang muncul yaitu ada knocking atau nggelitik pada mesin mobil.

Baca juga : Bahaya sering telat menganti filter udara kendaraan.

  • Masalah pada air radiator

Pendingin mesin atau air radiator yang masuk ke dalam uang bakar akan menyebabkan mobil menjadi tidak bertenaga.

  • Pengabutan bahan bakar

Adanya pengabutan bahan bakar oleh injektor karena tekanan pompa bensin yang terdapat di dalam tangki melemah, akibatkan mobil menjadi boros bahan bakar.

  • Masalah ecu mobil dan sensor injeksi

Mobil yang boros dan tidak bertenaga juga sering diakibatkan oleh adanya masalah pada ecu mobil serta sensor injeksi. Seperti yang terjadi pada sensor suhu mesin rusak karena tidak sesuai dengan standar, ini juga dapat terjadi karena ckp sensor atau misfire yang bermasalah.

  • Overheating pada mesin

Mesin mobil yang mengalami overheating karena sistem pendinginan kendaraan tidak bekerja optimal bisa membuat komponen di dalam mesin memuai secara ekstrim. Hal tersebut biasanya terjadi pada silinder atau piston, akibatnya terjadi gesekan yang cukup besar antara dinding-dinding piston. Ini akan membuat gerakan mesin menjadi lambat dan berat, sehingga tenaga mesin mobil akan berkurang dan menghilang.

Pada intinya dari beberapa penyebab mobil injeksi tak bertenaga disebabkan tidak sempurnanya system pembakaran pada kendaraan tersebut. Jika kita memiliki mobil berteknologi injeksi, sebaiknya kita selalu service pada diler resmi untuk penanganan terbaiknya. Karena teknologi yang disematkan pada mobil injeksi memiliki banyak sitem dan fitur pengoprasian berdasarkan komputerisasi dan bengkel umum belum tentu memiliki alat yang lengkap untuk mendeteksi kerusakan dan cara penanganannya.

Demikian artikel kali ini mengenai beberapa penyebab mobil injeksi ngempos tak bertenaga, yang bisa kamiĀ  samapaikan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

5 kerusakan komponen kendaraan jika mengemudi secara ugal-ugalan.

Cara mengukur tekanan fuelpump yang tepat, masih baik dan tidaknya.

6 faktor dan penyebab mobil cepat panas/overheating.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *