Beberapa Penyebab Utama Mika Reflektor Motor/Mobil Meleleh

Beberapa Penyebab Utama Mika Reflektor Motor Mobil Meleleh - MekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Sering Terjadi Mika Reflektor Kendaraan Meleleh Dan Hal Yang Perlu Dihindari

Kita mungkin sering sekali menjumpai masalah kelistrikan pada sebuah kendaraan baik motor atau mobil. Salah satu kejadian yang paling menyebalkan ketika kaca / mika / lens reflector pada motor atau mobil meleleh. Jika kondisi seperti ini Anda alami, bisa dipastikan adanya ketidak normalan pada system kelistrikan kendaraan Anda. Sebab penggunaan kendaraan secara normal, kaca mika reflector tidak mungkin meleleh tanpa adanya kerusakan sebuah system kelistrikan. Dari beberapa pengecekan dan hasil investigasi kasus seperti ini, reflector kendaraan meleleh disebabkan beberapa hal dan bahkan diakibatkan oleh perlakuan kita sendiri.

Baca juga : Tips dan trik sederhana mencegah kendaraan terbakar akibat korsleting listrik.

Berikut akan kami jelasakan secara lengkap apa saja Penyebab Kaca Mika Reflector Meleleh.

Pergantian Boloam Tidak Sesuai Standar

Salah satu penyebab utama mika reflector motor/mobil meleleh dan yang paling sering kita jumpai yakni pergantian bolam yang tidak standart ukurannya. Kebanyakan pemilik kendaraan mengganti bolam dengan ukuran lebih besar dan dengan pergantian bolam yang lebih besar diharapkan cahaya lampu yang dihasilkan lebih terang. Padalah hal tersebut sangat tidak dianjurkan.

Hindari kebiasaan ini, karena setiap kendaraan sudah memiliki standar lampu yang digunakan agar sesuai dengan mika reflekor. Pergantian bolam lampu yang tidak standar sangat beresiko menyebabkan mika reflector jadi meleleh. Tidak hanya itu saja, dampak buruk mengganti bolam lampu tidak sesuai standar  membuat Anda akan kehilangan jaminan garansi kelistrikan dan sekring sering putus, lebih parahnya lagi bisa menyebabkan aki cepat soak.

Reflektor Tertup Benda Asing

Saat lampu reflector dalam keadaan menyala jangan sampai ada benda asing yang menutupi mika reflector, seperti jaket,tas, cover kendaraan, jas hujan, handuk dan bebeapa benda asing lain. Dan biasanya hal ini dilakaukan ketika Anda sendang memanaskan kendaraan.  Pemanasan kendaraan pada ruangan sempit juga bisa mempengaruhi hal ini, seperti reflector langsung menghadap ke tembok atau disudut yang sempit sehingga panas yang dipancarkan reflector akan memantul kemabali ke reflector itu sendiri.

Larangan ini juga berlaku ketika kendaraan baru saja digunakan, meskipun mesin dan lampu kendaraan sudah dalam mati. Sebab pada saat itu reflector kendaraan Anda masih dalam konsisi panas dan butuh proses pendingingan terlebih dahulu.

Baca juga : TIps dan langkah membersihkan mika lampu mobil yang baik dan benar.

 

Mesin Kendaraan Di Panaskan Terlalu Lama

Kebiasaan kita ketika akan berpergian menggunakan mobil atau motor selalu memanaskan mesin agar kinerja oli mesin lebih optimal dan merata. Namun memansakan kendaraan terlalu lama juga menimbulkan efek buruk apalagi jika kebiasaan seperti ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Secara umum setiap kendaraan membutuhkan waktu yang tepat sekitar 2-5 menit saja saat memanaskan mesin dipagi hari, jjika terlalu lama bukan tidak mungkin mika reflector motor/mobil Anda akan meleleh.

Hal ini desebabkan tidak adanya aliran udara yang mendinginkan bagian reflector kendaraan Anda, berbeda kondisinya ketika kita menjalankan kendaraan dimana bagian reflector akan tepapar hembusan angina dari depan. Dengan begitu reflector akan cepat dingin dan menghambat proses panas berlebih.

 

Membersihkan Kaca Mika Reflektor Pada Saat Lampu Menyala / Saat Memanaskan Mesin Motor/Mobil

Jangan sekali-kali membersihkan reflector pada saat memanaskan mesin dengan kain atau benda apapun apalagi jika disemprot menggunakan jetcleaner. Panas tidak akan tersalurkan dengan baik karena terhalang benda asing, dan jika disemprot menggunakan air bertekanan akan lebih bahaya lagi karena dapat menimbulkan korleting listrik.

Baca juga : Beberapa penyebab sekring kendaraan mudah putus dan solusinya.

 

Sekian artikel kali ini yang mengulas secara tuntas beberpa penyebab utama reflector motor/mobil meleleh yang sering kita temui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih

Artikel terkait :

Apa fungsi hazard dan cara menggunakan dengan bijak.

Kelebihan dan kekurangan lampu LED pada sebuah kendaraan.

Cara paling mudah artur ulang lampu sorot kendaraan yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *