Beberapa Penyebab Utama Mesin Mobil Menggelitik

Beberapa Penyebab Mesin Mobil Berbahan Bakar Bensin Menggelitik

Beberapa Penyebab Mesin Mobil MenggelitikMekanikmitsubishi.com – Pernahkah anda ketika berada di dalam mobil mendengar suara seperti klitik-klitik? Ya, hal tersebut biasa disebut dengan mobil menggelitik atau knocking. Mobil menggelitik tersebut disebabkan ketika combustion chamber meledak secara tidak tepat pada waktunya, yang kemudian membuat tekanan tidak pada waktunya sehingga menghasilkan suara menggelitik.

Baca juga : Penyebab dan efek buruk jika sering gonta-ganti jenis bahan bakar pada mesin kendaraan yang jarang diketahui.

Umumnya, mobil menggelitik terjadi pada mobil berbahan bakar bensin yang sudah beberapa tahun di gunakan. Beberapa penyebab mesin mobil menggelitik saat ini masih menjadi perdebatan  oleh kalangan di dunia otomotif terutama pada mobil Nisaan Grand Livina 1.500 cc, Daihatsu xenia, Daihatsu Terios, Toyota Avansa, Toyota Rush, dan Toyota Kijang Innova yang masih sering di jumpai.

Berdasarkan hasil penelitian, penyebab mesin mobil menggelitik disebabkan oleh adanya pembakaran tidak sempurna yang menyebabkan sisa uang bensin masih dapat terbakar di bagian combustion chamber yang lama-kelamaan akan terbakar dengan sendirinya karena adanya panas dari mesin itu sendiri. dan biasanya, knocking yang ringan terjadi antara rpm 1.800-2.200 dan akan terdengar jelas ketika pedal gas ditekan full dari 1pm 1800.

Lalu, apa saja penyebab mesin mobil menggelitik yang biasa jumpai? Berikutulasannya.

  • Pengapian yang tidak sempurna. Anda bisa mengecek pada bagian busi apakah sudah lemah yang dapat menghasilkan api relatif kecil sehingga bensin yang di semprotkan oleh injector tidak bisa terbakar semua yang akhirnya menyisakan uap bensin yang dapat terbakar lagi.
  • Pencampuran bahan bakar dan juga udara yang merupakan salah satu penyebab mesin mobil menggelitik. Dimana, perbandingan antara bahan bakar atau bensin dan udara tidak merata di dalam combustion chamber.
  • Ignition timing yang sengaja diubah juga menjadi salah satu penyebab mesin mobil menggelitik. Hal ini dikarenakan waktu antara piston yang berkompresi dan juga percikan busi berjalan tidak
  • Temperature mesin panas yang padat juga bisa membuat mobil anda terdengar menggelitik. Hanya saja, hal ini terjadi apabila mesin panasnya diatas rata-rata (water temperature diatas 95 derajat celcius pada mobil Avanza), bukan overheat. Namun, apabila mesin sudah lebih dingin suara menggelitik akan hilang.
  • Kadar oktan yang di bawah standar dari pabrik bisa menjadi penyebab bensin di ruang pembakaran sulit terbakar secara menyeluruh, akibatnya masih menyisakan residu.

 

Lantas bagaimana menghilangkan knocking pada mobil anda tersebut? Sebaiknya selalu gunakan BBM yang berkualitas dengan standar oktan yang sesuai. Setelah itu, ada bisa melakukan perawatan mesin seperti tune up secara berkala, ganti busi, dan filter udara apabila di perlukan.

Sedangkan untuk menurunkan suhu mesin menjadi optimal di angka kurang lebih 85 derajat celcius membutuhkan oli yang sesuai spesifikasi kekentalan mesin, extrafan yang bekerja dengan baik, radiaor yang sehat dan coolant yang berkualitas tinggi.

 

Demikain ulasan kali ini mengenai beberapa penyebab yang sering terjadi ketika mobil timbul suara brisik/menggelitik pada mesinnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk pembaca dan memberikan solusi terbaik saat kendaraan Anda mengalami masalah seperti ini. Terimakasih.

Artikel terkait :

Tips dan cara mudah diagnosis kerusakan mesin dengan suara yang ditimbulkan.

Beberapa penyebab timbul suara aneh pada mesin mobil dan tips sederhana mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *