Beberapa Penyebab Utama Dan Tips Mengatasi Rem Blong Mendadak

Beberapa Penyebab Utama Dan Tips Mengatasi Rem Blong Mendadak - MekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Utama Dan Tips Mengatasi Rem Blong Mendadak

Mekanikmitsubishi.com – Rem mobil adalah salah satu komponen utama dan sangat penting pada mobil. Jika mobil Anda memiliki masalah pada sistem pengreman atau remnya tidak bisa digunakan dengan baik, berarti mobil Anda tidak bisa dipakai dengan layak.

Rem memiliki fungsi sangat penting dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara di jalan raya karena itu Anda harus selalu memeriksa dan menjaga agar rem selalu dalam kondisi prima.

Baca juga : Ciri-ciri kanvas rem mobil bermasalah dan mengalami keausan serta perlu adanya pengecekan, perawatan dan perbaikan.

Dengan perawatan berkala dan rutin akan membuat sistem pengreman awet dan tidak cepat rusak. Namun jika jarang dicek, dirawat dan diperbaiki maka rem mobil bisa blong secara mendadak dan ini yang biasanya menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab dari rem blong mendadak :

Minyak Rem Habis

Oli rem atau minyak rem seringkali jadi penyebab rem jadi blong. Biasanya karena minyak kurang atau bahkan habis sehingga rem tidak bisa bekerja dengan baik. Jika minyak rem berkurang atau bahkan habis bisa membuat rem pada kendaraan blong karena master rem pada sebuah kendaraan tidak bisa meneruskan tekanan dari pedal yang seharusnya bekerja melalui minyak rem. Jika kondisi minyak kurang sedikit, mungkin masih tidak apa-apa asal tidak mencapai batas garis Low/Upper atau masih mencukupi untuk meneruskan tekanan dari pedal – minyak rem – master rem – tuas penggerak dan kanvas rem.

Baca juga : Cara paling tepat kuras dan mengganti minyak rem yang bagus.

Tapi jika kondisi minyak rem hampir habis atau sudah melewati garis batas Low/Upper, maka tekanan tidak akan bisa diteruskan ke piston pada wheel cylinder atau caliper (cakram) agar bisa menekan kampas. Jika minyak berkurang dengan cepat, hal ini bisa karena adanya kebocoran, dan Anda harus segera melekukan pengecekan total dan perbaikan secara keseluruhan pada sistem pengereman. Agar rem tetap bisa berfungsi dengan baik dan bisa mencegah rem mobil blong mendadak serta memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara.

Kanvas Rem Aus

Rem akan jadi kurang pakem jika kanvas rem sudah aus. Jika benar-benar sudah aus, akan membuat sistem pengereman jadi blong. Kanvas rem lambat laun dan seringnya pemakaian pasti akan mengalami keausan,untuk itu Anda harus merawatnya secara berkala, biasanya akan terdengar bunyi bereisik jika kanvas rem aus.

Piston Rem Rusak

Penyebab rem blong selanjutnya yakni jika piston rem rusak. Piston yang aus akan membuat rem tidak bisa melanjutkan tekanan hidrolik dari pedal untuk menekan kanvas sehingga tidak terjadi pengereman. Piston rem mobil yang rusak ditandai dengan adanya karat, sehingga piston macet dan tidak berfungsi dengan maksimal.

Selang Minyak Rem Tersumbat Kotoran

Pada sistem selang minyak rem yang tersumbat bisa membuat rem kendaraan/mobil blong mendadak. Selang yang kotor akan membuat minyak rem mobil tersumbat dan jika tidak bisa mengalir maka akan membuat rem tidak bisa berfungsi. Saluran selang ini bisa tersumbat karena kotoran yang berasal dari minyak rem. Minyak rem ini bisa jadi kotor karena masuknya kotoran dari tangki cadangan.

Tapi banyak juga disebabkan karena minyak rem yang tidak berkualitas, karena tak sedikit beberapa produk minyak yang berkualitas kurang bagus akan membuat adanya endapan. Endapan dari minyak rem biasanya dihasilkan dari zat pewarna minyak karena itu sebaiknya Anda beli minyak rem mobil yang bening dan tidak berwarna, walau agak mahal. Lebih baiknya lagi gunakan minyak rem yang bermerk dan sudah terdapat lisensi SNI dan dari lembaga terkait.

Cara Ampuh Mengatasi Rem Blong Mendadak Pada Mobil Anda :

Baca juga :

Penyebab dan cara mengatasi rem mobil burnyi berdecit.

Kenali penyebab rem panas dan sampai mengeluarkan asap.

Untuk mengatasi rem blong pada mobil, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, baik itu dilakukan sendiri atau juga dengan mina bantuan dari montir mobil dengan melakukan perawatan secara berkala.

Anda bisa melakukan pengecekan secara rutin dan berkala pada aspek-aspek yang mempengaruhi rem mobil. Yang pertama mulai dari mengecek kanvas apakah sudah aus atau masih bagus, mengecek minyak rem apakah masih banyak atau sudah sedikit kemudian juga bisa mengecek keadaan piston, pengecekan selang minyak rem yang mungkin tersumbuat atau bocor dan untuk melakukan pengecekan, perawatan serta perbaikan ini Anda bisa membawanya ke bengkel mobil terdekat. Jika Anda sudah paham cara kerja sistem pengereman, dan bisa menganalisis kerusakan sistem rem serta langkah perbaikannya maka hal ini bisa diilakukan sendiri.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai beberapa penyebab rem blong mendadak, dan tips mengatasinya. Semog artikel ini bisa bermnafaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Cara merawat rem mobil Mitsubishi Pajero.

Apa itu ABS, sistem kerja ABS serta kelebihan ABS dibanding Non ABS.

Penyebab dan cara ampuh mengatasi Oversteer dan Understeer pada mobil.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *