Beberapa Penyebab Mobil Kehilangan Tenaga Saat AC Menyala

Beberapa Penyebab Mobil Kehilangan Tenaga Saat AC Menyala - MekanikmitsubishiBerikut Ini Beberapa Penyebab Mobil Kehilangan Tenaga Saat AC Dinyalakan

Mekanikmitsubishi.com – Cuaca panas ditambah AC mati saat berkendara, pasti ngebetein banget ya. Hal ini yang sering membuat anda tidak akan berhenti buat menghidupkan AC mobil saat cuaca sedang panas. Apalagi yang tinggal di ibukota atau kota besar. Sudah cuacanya panas, ditambah jalanan yang sering macet.

Adakalanya jika AC mobil dinyalakan, tiba-tiba mobil anda akan sering mengalami kehilangan tenaga. Mengapa bisa demikian?

Baca juga : Beberapa penyebab mesin injeksi brebet tak bertenaga.

Tarikan awal yang bekerja pada AC akan terasa seperti menyentak dan agak membuat mesin mobil anda tersendat. Sebenarnya, itu adalah hal yang wajar. Hal seperti itu dikarenakan mesin mobil yang tadinya berputar ringan lalu tiba-tiba dibebani oleh kompresor AC yang ikut bekerja.

Selama hentakannya tidak terlalu parah, anda tidak perlu khawatir. Masalah yang perlu anda khawatirkan adalah saat anda menyalakan A, tenaga pada mesin mobil anda seperti berkurang drastis dan dapat dikatakan bahwa mesin mobil anda drop.  Kondisi yang lebih parah lagi jika saat mobil berjalan pun anda terpaksa harus menginjak pedal gas lebih dalam untuk mengeluarkan tenaga pada mesin mobil anda.

Menurut situs resmi Toyota Astra, saat kejadian seperti itu terjadi pada anda, hal yang harus anda lakukan pertama adalah mencari tahu kenapa tenaga pada mesin mobil anda bisa turun. Barulah setelah itu, akan memunculkan beberapa kemungkinan yang terjadi pada mesin mobil anda.

Pada mobil yang belum memakai system injeksi, Atau masih memakai karburator, tenaga mesin pada mobil yang drop bisa disebabkan adanya penyetelan RPM pada kondisi idle kurang tepat ataupun masih terlalu rendah.

Penyetelan RPM ini memang sangat mempengaruhi beban dan putaran pada mesin. Apalagi saat mobil pada kondisi diam. Jika pada mobil injeksi, biasanya hal seperti ini sudah diatur pada ECU yang terdapat pada mobil tersebut. Namun, bukan berarti anda tidak harus memperhatikan hal tersebut. Anda tetap harus memperhatikannya.

Standarnya, RPM mobil saat diam tanpa AC dinyalakan adalah kurang lebih 800 RPM. Namun jika Ac dinyalakan idle akan naik mencapai 900 sampai 1000 RPM.

Penyebab mobil kehilangan tenaga saat AC dinyalakan bisa juga diakibatkan karena kompresor. Kompresor yang terlalu melebihi standarlah yang dapat menyebabkan hal ini bisa terjadi.

Kompresor AC yang bukan asli bawaan dari pabrik atau kompresor AC hasil upgrade dari seri sebelumnya sehingga menyebabkan ketidakcocokan dengan spesifikasi yang dimiliki oleh mobil anda. Akibatnya, kompresor tersebut terlalu membebani mesin pada mobil.

Tidak hanya kesalahan pada mesin, penyebab mobil kehilangan tenaga saat AC dinyalakan adalah system sirkulasi pada AC mobil anda ternyata kurang optimal. Sirkulasi AC pada mobil meliputi saluran AC, evaporator, dan kondensor.

Apabila sirkulasinya kotor, bocor, terhambat ataupun tidak lancar, maka kompresor otomatis akan bekerja lebih keras. Akibatnya, kompresor akan menjadi semakin membebani mesin untuk menyeimbangkan kinerjanya.

Satu lagi penyebab mobil kehilangan tenaga saat AC menyala. Hal ini terjadi pada diri anda sendiri. Apakah anda sudah benar-benar memperhatikan perawatan atau service mesin mobil anda dengan benar?

Baca juga : 5 kerusakan kompenen kendaraan jika mengendarainya secara ugal-ugalan.

Perawatan atau service rutin mengenai komponen-komponen yang terdapat pada mobil anda juga perlu anda perhatikan. Jadi, sangatlah penting anda memastikan mesin mobil anda dalam keadaan baik supaya terbebas dari masalah.

Demikian artikel kali ini yang mengulas tentang beberapa penyebab mobil kehilangan tenaga saat AC dinyalakan, dan hal ini bukan hal yang jarang terjadi. Banyak sekli kasus seperti ini menimpa pemilik kendaraan mereka namun bisa untuk diatasi. Pada intinya jika system pendingin AC bekerja berat tentunya membuat tenaga mesin yang dihasilkan akan berkurang karena adanya pembagian energy untuk menggerakkan compressor. Dan menghidupkan AC juga menyebabkan bahan bakar boros jika kita tidak punya trik khusus. Oke, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan memberikan wawasan ymengenai dunia otomotif. Terimakasih.

Artikel terkait yang bisa Anda baca :

Penyebab dan cara mengatasi mesin diesel ngempos tak bertenaga.

Efek buruk setting ECU agar hemat BBM yang jarang diketahui.

Beberapa penyebab performa mesin langsung drop jika kita aktivkan fitur eco performa.

One comment

  • Oh ya, kesalahan menyetel Idle Up AC juga bisa bikin mesin kehilangan tenaga. Fungsi Idle Up ini untuk menaikkan rpm mesin saat AC dinyalakan mas bro. .. .

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *