Beberapa Penyebab Masalah Check Engine Honda HR-V Dan Solusinya

Beberapa Penyebab Masalah Check Engine Honda HR-V Dan Solusinya - MekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Indikator Check Engine Honda HR-V Sering Menyala Dan Solusinya

Mekanikmitsubishi.com – Honda HR-V merupakan salah satu jenis mobil yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Jenis mobil ini memang sangat menarik sehingga tidak heran jika pada awal rilisnya, mobil ini sudah banyak terjual dan laris di pasaran. Setiap jenis mobil tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Termasuk jenis Honda HR-V ini.

Mesin mobil adalah hal yang paling penting untuk senantiasa diperhatikan. Dengan mobil yang tanpa gangguan, Anda bisa dengan mudah dan nyaman mengendarainya.

Baca juga : Bocoran fitur istimewa dan unggulan dari Honda HR-V yang jarang diketahui.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa ada berbagai faktor yang menyebabkan mobil mengalami masalah. Salah satu keluhan yang muncul oleh pemilik Honda HR-V adalah sering muncul tanda nyala pada indikator check engine pada bagian panel instrument.

Lalu, munculnya check engine ini karena apa? Berikut ini ulasan lengkapnya:

Penyebab Munculnya Check Engine Yang Sering Terjadi

Ada beberapa faktor yang membuat check engine muncul pada Honda HR-V. salah satu faktor yang melatarbelakangi munculnya indikator tersebut adalah adanya kerusakan pada sektor mesin.

Namun, penyebabnya tidak hanya itu, indikator check engine juga bisa disebabkan karena efek pemasangan aksesori khusus yang membutuhkan arus listrik. Ada juga yang mengalami check engine ketika mengganti head unit, klakson, dan lain-lain.

Dari beberapa pengalaman yang ada, berbagai pemasangan yang dilakukan sebenarnya sudah benar, namun ternyata check engine tetap muncul dan menyala. Selain beberapa hal di atas, ada juga yang keluhannya lebih parah berupa mesinnya tidak bisa dihidupkan.

Selain itu, ada juga yang meninggalkan mobil selama beberapa hari dengan tidak dinyalakan. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab starter mobil mati dan check engine menyala meskipun mobil tersebut masih berumur sekitar 2 tahunan.

Cara Atasi Check Engine pada Honda HR-V

Dengan beberapa penyebab indikator check engine menyala yang telah disebutkan di atas, maka Anda tentu membutuhkan cara untuk mengatasi munculnya check engine pada Honda HR-V.

Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai cara mengatasi check engine pada Honda HR-V yang mudah dan praktis yang bisa Anda lakukan.

  • Lepaskan Terminal Positif Aki

Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan melepaskan terminal positif aki. Pelepasan ini sesungguhnya hanya sementara dan tidak permanen. Lakukan secara perlahan sehingga tidak menyebabkan masalah yang lain.

  • Nyalakan Lampu Bagian Depan Selama 5 Sampai 10 Menit

Cara kedua adalah dengan menyalakan lampu bagian depan beberapa saat dengan tujuan memastikan bahwa arus listrik di engine control unit benar-benar telah habis.

  • Matikan Lampu Bagian Depan

Jika langkah kedua sudah dilakukan dengan baik, maka selanjutnya Anda hanya perlu mematikan lampu bagian depan.

  • Pasang Kembali Terminal Positif Aki

Setelah itu, fokuskan kembali diri Anda pada terminal positif aki yang tadinya baru Anda lepaskan dan pasang kembali secara tepat di posisi asalnya. Upayakan untuk tidak terjadi kesalahan. Kemudian hidupkan mesin hingga lampu indikator mesin serta suhu menjadi mati.

  • Menghidupkan Mesin

Langkah selanjutnya adalah dengan menghidupkan mesin hingga lampu dan suhu mati.

  • Putarlah Kunci Kontak Ke Posisi Off

Jika langkah sebelumnya sudah berhasil, maka langkah selanjutnya adalah dengan memutar kunci kontak pada posisi off. Biarkan hal tersebut selama 30 detik kemudian hidupkan mesin kembali

Demikian ulasan mengenai beberapa penyebab penyakit check engine pada Honda HR-V serta solusi untuk mengatasinya yang bisa dijadikan acuan atau rujukan saat hendak mengatasi masalah pada mobil Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel terkait :

Kelebihan dan kekurangan mobil hibrida.

Bocoran Kelebihan dan kekurangan nissan juke terbaru.

One comment

  • Herman

    Mobil saya Handa HRV type s tahun 2016, keluhan sekarang kadang distarter tidak hidup, accu sdh diganti dan ttp seperti itu. Mohon penjelasannya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *