Beberapa Penyebab Garansi Aki Mobil Gugur/Tidak Berlaku

Beberapa Penyebab Garansi Aki Mobil Gugur atau Tidak Berlaku - MekanikmitsubihsiBeberapa Penyebab Garansi Aki Mobil Gugur/Tidak Berlaku Dan Tips Mengatasinya

Mekanikmitsubishi.com – Sekarang ini banyak pembelian sepeda motor atau mobil baru yang tentunya disertai dengan garansi produsen bukan? baik garansi aki atau yang lainnya, ada pula asuransi kendaraan yang dibeli. Biasanya dari pabrikan kendaraan akan memberikan garansi mesin hingga 3 tahun atau masih dalam penggunaan 30.000 km.

Baca juga : Penyebab dan cara menjumper aki mobil yang tekor dengan mudah dan benar.

Tapi untuk motor injeksi kebanyakan garansi aki akan lebih lama sampai dengan 5 tahun yang masih dalam penggunaan 50.000 km. Ada juga garansi terpisah sebagai sistem kelistrikan atau garansi aki selama 1 tahun dalam penggunaan 10.000 km.

Berikut Ini Beberapa Penyebab Garansi Aki Mobil Gugur/Tidak Berlaku :

Baca juga : Tips bermanfaat membeli aki mobil baru yang bagus dan tidak mudah soak.

Buku Servis Hilang Atau Rusak

“Garansi aki akan berlaku jika kesalahan yang terjadi murni dari pihak pabrikan atau memang cacat produksi.”

Garansi kendaraan juga akan berlaku apabila persyaratan yang diberikan sudah terpenuhi oleh pemilik kendaraan. Untuk Anda yang memiliki kendaraan harus memperhatikan penyebab tidak berlakunya garansi kendaraan.

Tidak sedikit dari orang yang memiliki kendaraan tapi tidak memperhatikan buku servis, ini salah satu penyebab garansi akan gugur saat buku servis tersebut hilang atau rusak. Simpanlah bukti garansi kendaraan ditempat yang aman dan mudah untuk diingat dan pastikan jika akan membeli motor baru untuk mendapatkan buku servis dari dealer tersebut.

Pemindahan Aki

Perlindungandan jaminan garansi aki tidak akan berlaku jika aki berpindah tangan. Untuk motor A kemudian dipindahkan ke motor B kemudian motor tersebut menjadi bermasalah maka garansi akan gugur. Sebaiknya sebelum dilakukan pemasangan lakukan pengecekkan kriteria dari sepeda motor yang akan di pasangi aki.

Servis Diluar Bengkel Resmi

Tidak hanya garansi aki saja, perlu diperhatikan pula dalam melakukan perawatan secara berkala baik untuk mobil atau juga sepeda motor supaya garansi kendaraan tidak hilang begitu saja. Garansi kendaraan juga akan hilang jika pemilik kendaraan melakukan servis diluar bengkel resmi karena idealnya perawatan dilakukan di bengkel resmi untuk melakukan perawatan secara berkala.

Memodifikasi Kendaraan

Dalam pemasangan aksesoris atau memodifikasi kendaraan, penggunaan suku cadang, menggunakan minyak pelumas yang selain yang sudah dianjurkan pabrikan atau pedoman buku pemilik dapat membuat garansi menjadi tidak berlaku.

Menggunakan Kendaraan  Tidak Semestinya

Hal lainnya yang dapat menghilangkan garansi jika menggunakan kendaraan tidak sesuai dengan petunjuk yang ada pada buku pedoman dan digunakan untuk balapan akan membuat pemilik kendaraan menjadi kehilangan garansi dan garansi aki.

Jika kendaraan Anda masih memiliki masa garansi baik garansi komponen atau garansi aki sebaiknya pertimbangkan kembali untuk melakukan hal yang dapat membuat garansi menjadi tidak berlaku. Apapun kerusakkannya lakukan servis di bengkel yang resmi.

Komponen dalam kendaraan yang tidak masuk dalam buku garansi

Baca juga : Cara menjaga dan membersihkan kepala aki bersih dan terbebas dari korosi.

  • Busi
  • Ban dalam, ban luar
  • Kanvas rem, kanvas kopling
  • Saringan bensin, oli mesin dan elemen saringan udara
  • Sekring, bola lampu
  • Roller Weight untuk motor matik
  • Oli mesin dan oli gir
  • Selang bahan bakar
  • Filter pompa bahan bakar

Sedangkan garansi aki mobil terlama di Indonesia sudah mendapatkan penghargaan sebagai retail otomotif pada rekor bisnis, garansi aki ini berlaku selama 24 bulan atau 1 tahun. Biasanya garansi kendaran dibatasi untuk jangka berapa lama dengan batas penggunaan dalam km.

Pada Rekor Bisnis atau ReBi banyak organisasi yang mendaftar sebagai peserta, selain itu mereka juga harus melewati beberapa proses dengan pengumpulan data. Pengumpulan data tersebut harus berdasarkan riset pasar dan juga data sekunder untuk divalidasi. Untuk rekor yang sudah diajukan akan divalidasi, keabsahannya akan diputuskan oleh juri dari ReBi.

Demikian artikel ini yang membahas mengenai apa saja penyebab gugurnya garansi aki kendaraan dan tips menghindarinya serta informasi garansi aki paling lama di Indonesia. Semoga ulasan kali ini membantu pembaca dan dapat memberikan penjelasan serta gambaran mengenai hak dan kewajiban konsumen mengenai garansi service maupun aki. Terimakasih.

Artikel terkait :

Cara memperbaiki aki kering yang soak dengan mudah dan aman.

Beberapa penyebab aki cepat rusak dan tips merawat aki agar lebih tahan lama.

Beberapa tips dan mengenal tanda-tanda aki mobil sudah lemah saat mobil sulit distater

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *