Beberapa Penyebab Dan Tips Mengatasi Sekring Sering Meleleh

Jangan Sampai Terjadi! 3 Penyebab Sekring Meleleh Ini Dapat Menimbulkan Kecelakaan Yang Fatal

3 Penyebab Dan Tips Mengatasi Sekring Mobil Meleleh - MekanikmistubishiMekanikmitsubishi.com – Sekring merupakan komponen pada mobil yang berfungsi sebagai pengaman apabila terjadi kelebihan muatan listrik ataupun masalah hubungan arus pendek. Cara kerja sekring adalah jika terdapat kelebihan muatan listrik ataupun hubungan arus pendek, makan sekring akan memutus aliran listrik secara otomatis sehingga kerusakannya tak menyebar ke komponen lain.

Fungsi sekring yang tak optimal, dapat menyebabkan berbagai kerusakan dan kemungkinan paling parah adalah kebakaran mobil.

Baca juga : Beberapa penyebab utama mobil terbakar yang sering kita sepelekan.

Tentu Anda tak ingin terjadi bukan? Oleh karena itu, mari pelajari faktor penyebab dan cara mengatasi sekring mobil yang sering meleleh.

  • Suhu Panas Pada Daerah Sekring

Jika sebuah mobil beroperasi tentu mesin di dalamnya akan ikut bekerja sehingga menimbulkan energi panas. Panas yang muncul di daerah permukaan sekring juga dapat menyebabkan melelehnya sekring itu sendiri. Biasanya karena besarnya arus listrik yang tak sesuai dengan daya ataupun ampere sekring, hal itu memudahkan daerah pada sekring menjadi panas.

Mengganti sekring dengan daya arus listrik yang lebih kuat merupakan solusi untuk menangani masalah ini. Cari tahu kira-kira berapa tegangan listrik yang akan melewati sekring mobil Anda, dan ganti sekring dengan daya di atas tegangan tersebut.

  • Tempat Sekring Longgar

Soket sekring atau sering disebut rumah sekring memang dapat mengalami kelonggaran apabila tak diperiksa maupun sudah tua. Rumah sekring yang longgar dapat memicu tertinggalnya kotoran-kotoran sehingga menimbulkan panas.

Selain itu, soket yang rusak juga dapat menyebabkan terjadinya keausan sehingga rumah sekring menjadi lebih longgar. Kondisi ini dapat menyebabkan arus listrik yang tak stabil saat mobil Anda sedang dioperasikan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengganti soket sekring Anda dengan yang baru. Setelah itu, rajinlah mengecek dan memastikan keadaan rumah sekring agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

  • Penambahan Beban Pada Komponen Sekring

Pada umumnya, penambahan beban pada komponen sekring dilakukan oleh pemilik mobil tua.  Menambahkan kabel untuk aksesories atau kepentingan lain di dalam mobil. Padahal jika sekring selalu ditambahi komponen lain yang tak sesuai, hal tersebut dapat menjadi pemicu melelehnya sekring mobil dan yang terburuk dapat menyebabkan kebakaran yang parah.

Jadi lebih baik untuk mengganti soket apabila terdapat kerusakan maupun gejala-gejala tak normal lainnya. Jangan ditambahi beban atau modifikasi yang lain.

Lampu depan mobil yang tak dapat dinyalakan atau sering putus juga merupakan salah satu indikasi melelehnya sekring mobil. Kemungkinannya, dapat terjadi korsleting pada bagian plat logam di tombol lampu.

Jadi, jangan lupa untuk selalu memiliki cadangan songket sekring dengan daya yang lebih besar dari tekanan listrik mobil Anda. Dan juga, sering-seringlah mengecek dan merawat tiap bagian komponen mobil agar dapat tahan lebih lama. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait :

Beberapa penyebab klakson berbunyi sangat lemah serta solusinya.

Tips sederhana mencegah mobil terbakar akibat korsleting listrik.

Penyebab utama sekring sering putus dan tips mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *