Beberapa Penyebab Dan Tanda Alternator Mobil Rusak Dan Bermasalah

Beberapa Penyebab Dan Tanda Alternator Mobil Rusak Dan Bermasalah - MekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Alternator Mobil Rusak Dan Tanda Tanda Alternator Mobil Sedang Bermasalah

Mekanikmitsubishi.com – Alternator atau dinamo ampere merupakan komponen mobil yang memiliki peranan cukup penting. Fungsi dari alternator ini adalah untuk mengubah atau mengkonversi energi mekanik menjadi energi listrik kemudian diubah ke dalam arus bolak balik. Dan hasil kerja ini akan digunakan sebagai pengisi ulang baterai atau accu.

Baca juga : Cara mendeteksi dan mengatasi mobil mogok dengan mudah.

Hampir semua bagian listrik dan mesin memerlukan alternator seperti injeksi bahan bakar, kipas pendingin mesin, wiper, lampu, dan power steering. Alternator ini akan membantu menggerakkan sistem sekaligus menghemat penggunaan baterai. Jika alternator mobil tidak berfungsi dengan normal, mungkin mobil hanya bisa menyala kurang dari 30 menit saja. Sesudah energi baterai habis, karena ada beberapa komponen diatas yang tidak memperoleh suplai listrik dengan baik, sehingga mobil akan mogok.

Penyebab Dan Ciri Alternator Mobil Rusak

Baca juga : Cara mengatasi fan belt berisik dengan benar dan tepat.

  • Hubungan rotor slip dan carbon brush kurang maksimal sehingga alternator mobil cepat drop. Sehingga pasokan listrik dari rotor ke alternator terhambat.
  • Pemakaian cut of di bagian Ket Out Eksternal Voltage Regulator dapat menyebabkan alternator menjadi drop atau rusak.
  • Dioda rectifier di bagian alternator bisa putus dengan IC regulator, sehingga arus yang akan diberikan dan dihasilkan oleh alternator berkurang.
  • Saat proses pemasangan alat elektronik menggunakan beban yang besar.

Tanda-Tanda Alternator Mobil Bermasalah

Baca juga : Penyebab utama sekring mudah putus dan solusinya.

  • Mendeteksi Alternator

Anda dapat mendeteksi alternator sendiri mengapa kerja mobil menjadi lemah. Anda membutuhkan satu buah obeng panjang atau besi panjang. Kemudian bukalah kap mesin dalam keadaan mesin masih hidup. Tempelkan obeng tadi ke pulley alternator dan berhati-hatilah saat melakukannya. Apabila Anda merasakan ada tarikan magnet berarti alternator bekerja dengan baik. Namun apabila Anda tidak merasakan ada tarikan magnet, berarti alternator rusak atau gagal fungsi.

  • Koneksi Bermasalah

Anda bisa memastikan apakah koneksi terhubung dengan alternator dan baterai. Lakukan pengecekan sederhana dan perhatikan apakah ada kabel yang terputus atau tidak.

  • Baterai Rusak

Alternator yang rusak juga akan mempengaruhi kondisi baterai. Perlu Anda ketahui yaitu dalam membedakan kegagalan kerja alternator atau baterai yang rusak. Caranya adalah jika mobil mati karena listriknya lemah, cobalah jumper baterai dan nyalakan kendaraan, lalu cabut kabel jumper tadi. Jika mobil terus menyala maka baterai sudah dipastikan rusak. Akan tetapi jika mesin mobil perlahan mati, berarti ada kerusakan pada sistem alternator.

  • Redupnya Headlamp

Ketika berkendara di malam hari, jika lampu sorot tiba-tiba mati, maka ini merupakan indikasi bahwa suplai listrik ke alternator melemah. Dan suplai ampere kecil akan membuat sinar lampu menjadi meredup.

  • Lampu Indikator Bergambar Accu Menyala

Keadaan ini mengindikasikan bahwa ada kegagalan kelistrikan atau baterai yang tidak terisi dengan sempurna. Namun jangan terburu-buru untuk mengansumsikan hal ini karena baterai lemah. Sebab ketika lampu menyala adalah indikator sebenarnya, dan diakibatkan oleh output dari alternator tidak sesuai dengan apa yang seharusnya terjadi.

Demikian artikel kali ini yang mengupas secara tuntas beberapa penyebab alternator rusak dan beberapa tanda serta ciri-cirinya mengalami masalah yang bisa kita ketahui sejak dini. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca serta menambah wawasan mengenai dunia otomotif. Terimakasih.

Artiket terkait :

Langkah perbaikan alternator mobil yang tepat dan mudah.

Tips deteksi aki mobil sudah lemah ketika distrarter.

Penyebab dan cara mudah atasi mobil tidak bisa distarter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *