Beberapa Penyebab Dan Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot

Beberapa Penyebab Dan Cara Merawat, Mencegah Dan Membersihkan Knalpot Dari Karat Korosi Dengan Mudah Dan Murah - MekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Dan Cara Ampuh Menghilangkan Karat Pada Knalpot Mobil/Motor

Mekanikmitsubishi.com – Kita tahu jika kebanyakan kendaraan baik sepedamotor atau mobil lambat laun knalpotnya akan mengalami korosi. Akan tetapi kita punya cara jitu menghambat/mencegah proses korosi pada knalpot kendaraan. Kita tidak mau dong,jika kendaraan kita kondisi knalpotnya sudah berkarat dan tidak nyaman dilihat. Apalagi jika kendaraan tersebut baru kita beli. Utnuk itu kami akan menjelasakan beberapa penyebab dan penanganan mudah dan murah menjaga knalpot tetap bersih, bebas dari korosi.

Baca juga : Beberapa dampak buruk jika kendaraan dipacu pada kecepatan tinggi dalam jangka waktu yang lama.

Berikut ini beberapa penyebab knalpot mudah berkarat

 

1)Sering terdapat embun/uap air dalam saluran dan tabung knalpot

2)Sering terkena air hujan atau udara air laut dan tidak segera dibilas

3)Bagian luar knalpot jarang dibersihkan dalam jangka waktu yang lama

Ke3 poin diatas adalah salah satu dari sekian banyak penyebab knalpot kendaraan mudah berkarat/korosi. Ada juga yang bependapat jika menggunakan BBM beroktan tingggi seperti pertamax dalam jangka panjang, knalpot akan lebih cepat berkarat. Namun alasan tersebut belum pasti dan masih simpang siur. Pada intinya merawat knalpot agar bebas korosi perlu penanganan khusus, dan berikut akan kami sampaikan mengenai tips dan cara menghilngkan/mencegah terjadinya korosi pada knalpot kendaraan Anda.

Baca juga : Tips mudah merawat knalpot mobil yang baik dan benar tanpa menimbulkan dampak buruk.

Tips Dan Cara Mudah Menghilangkan/ Mencegah Karat Pada knalpot

Selain menjaga aki kendaraan tetap prima, memanaskan kendaraan juga sangat baik sebagai bentuk mencegah karat pada knalpot kendaraan sangat ampuh. Air embun dalam saluran dalam knalpot akan hilang dan knalpot dalam keadaan kering.

Mengolesi knalpot, terutama bagian ujungnya dengan oli atau cairan khusus, langkah ini sangat ampuh sekali sebagi perawatan dan pencegahan knalpot mudah berkarat. Caranya oleskan oli ( sebaiknya pakai oli yang baru ) pada ujung knalpot dan beberapa bagian yang dirasa perlu pada saat knalpot panas / kendaraan baru saja dipakai. Cara ini paling baik karena, kondisi panas knalpot memudahkan proses pelumasan / respon yang baik. Jika timbul asap putih dari knalpot maka saat itu sedang dalam proses/reaksi. Diharapkan karat akan tergerus dan rontok terbawa oli dan tekanan udara dari dalam mesin dan terbuang. Setidaknya sebulan sekali anda mengoleskan pelumas ke ujung knalpot dan beberapa bagian yang sekiranya perlu. Namun jika kendaraan Anda dekat pantai, atau sedang musim penghujan sebaiknya sering lakukan pemeriksaan, pembersihan juga.

Baca juga : Tanda bahaya apakah jika tiap pagi hari terdapat air menetes pada ujung knalpot.

Untuk mengilangkan / membersihkan karat pada knalpot kendaraan kita hanya dengan mengosok dengan ampas atau sikat kawat halus, serta beberapa cairan penghilang dan anti karat. Setelah knalpot digosok berulang sampai bersih maka selanjutnya kita olesi dengan pelumas, dengan sisa oli mesin/cairan anti karat.

Tentu langkah seperti memberi lapisan oli atau cairan khusus bisa mencegah knalpot terkontaminasi air hujan dan benda asing,karena kita tahu bahwa oli dan air tidak bisa bersatu.
Beberapa penyebab serta tips dan cara merawat,mengcegah dan minghilangkan karat pada knalpot mobil sangatlah mudah dan murah, Demikian ulasan kali ini, dan semoga artikel kali ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa memberikan jawaban terbaik. Terimaksih.

Artikel terkait :

Penyebab dan solusi mengatasi knalpot mobil diesel mengelurkan asap seperti fogging.

Beberapa penyebab knlapot bocor, bahayanya dan tips mengatasinya. 

Penyebab knalpot mobil bersura menembak-nembak dan cara menghilangkannya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *