Beberapa Penyebab Cat Motor Cepat Kusam

Beberapa Penyebab Cat Motor Cepat Kusam Dan Tips Mencegahnya

Beberapa Penyebab Cat Motor Cepat Kusam Dan Tips Mencegahya - MekanikmitsubishiMekanikmitsubishi.com – Menjaga penampilan motor agar selalu mengkilap adalah hal yang penting dilakukan oleh pemiliknya sejak dini. Dalam hal perawatan motor terutama menjaga cat motor tidak cepat kusam memang gampang-gampang susah.

Sebab, meskipun sudah dilakukan perawatan yang tidak bisa dibilang murah, tetapi cat motor tetap saja cepat mengalami kekusaman.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui hal-hal yang menyebabkan cat motor menjadi cepat kusam yang seringkali tidak Anda sadari.

Baca juga : Tips pemula yang ingin mengecat mobil sendiri.

Berikut adalah ulasannya:

  1. Terik matahari.

Anda sering memarkirkan kendaraan pada tempat yang terbuka atau di pinggir jalan yang terkena terik matahari? Hal tersebut sebenarnya membuat cat motor Anda cepat kusam.

Radiasi sinar UV tidak baik bagi penampilan fisik motor Anda. Karena bisa menyebabkan lapisan cat pada motor mengalami pecah-pecah bahkan mengelupas jika terlalu lama terpapar sinar matahari yang terik.

Untuk itu, ketika memarkirkan sepeda motor pilihlah tempat yang tertutup atau tempat yang teduh sehingga dapat terlindung dari teriknya sinar matahari yang langsung mengenai badan motor Anda.

Jika Anda terpaksa memarkirkan motor pada tempat yang terbuka, sediakanlah sarung sepeda motor sebagai penutup agar cat motor Anda tidak cepat kusam.

Pada dasarnya sepeda motor adalah alat yang digunakan untuk mempermudah Anda berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Sehingga penggunaannya lebih sering ada dijalan raya yang penuh dengan debu. Sebenarnya penumpukan debu dapat membuat sepeda motor Anda menjadi kusam.

Namun, Anda tak perlu khawatir, dengan mencuci sepeda motor Anda secara rutin maka penampilan motor Anda akan jadi mengkilap lagi.

Indonesia adalah negara tropis dengan dua musim. Salah satunya adalah musim hujan. Biasanya musim hujan terjadi dalam kurun waktu antara bulan oktober hingga maret.

Bahkan hujan bisa turun selama seharian, padahal Anda harus pergi bekerja ataupun bersekolah dengan mengendarai sepeda motor. Sehingga motor Anda harus selalu terkena air hujan yang membuat cat motor Anda cepat kusam.

Terlebih karena adanya polusi udara menyebabkan air hujan mengandung asam nitrat yang senyawanya bisa menyebabkan korosi pada mesin. Untuk itu, jika motor Anda terkena air hujan segeralah lakukan pencucian dengan air yang bersih pada semua bagian motor termasuk pada bodi, velg, dan juga kolong mesin.

  1. Salah dalam pencucian motor.

Ketika mencuci motor sebaiknya gunakan shampoo khusus untuk motor. Jangan sampai Anda menggunakan deterjen ataupun sabun colek. Hal tersebut dapat mengakibatkan rusaknya cat motor. Sebab kandungan serta fungsi deterjen dan shampoo motor berbeda.

Anda juga perlu memperhatikan saat proses pengeringan. Pastikan seluruh bagian motor dikeringkan dengan baik menggunakan kain pengering yang halus atau lebih bagus Anda gunakan kanebo.

Pengeringan harus dilakukan pada suspensi, kolong mesin, dan juga velg hingga pada jari-jarinya agar tidak ada bercak air yang bisa membuat penampilan sepeda motor Anda menjadi kurang cantik.

Itulah beberapa penyebab cat motor cepat kusam dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini meberikan pengetahuan bagi pembaca. Terimakasih.

 

Artikel terkait :

Beberapa tips membedakan cat mobil asli pabrikan dan pengecatan ulang sebuah kendaraan.

Tips jitu membersihkan kerak kotoran pada mesin kendaraan dengan mudah tanpa merusak lapisannya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *