Beberapa Opsi Perbaikan Bemper Mobil yang Rusak

Beberapa Opsi Perbaikan Bemper Mobil yang RusakBeberapa Opsi Perbaikan Bemper Mobil yang Rusak

Mekanikmitsubishi.com – Keindahan mobil tidaklah hanya terlihat dari bagian interiornya yang mewah, namun hal pertama pasti di lihat dari eksteriornya. Salah satu bagian eksterior mobil yang akan sangat mempengaruhi keindahan mobil adalah bemper.

Namun, bagian ini juga sangat rawan rusak karena posisinya yang memang berada di ujung mobil. Kerusakan bamper ini bisa terjadi karena banyak hal, seperti benturan, tabrakan dan lain-lain.

Baca juga : Tips mudah hilangkan lecet tipis pada body mobil.

Karena penyebab kerusakanya beragam, tentu kerusakan yang terjadi pun beragam. Ada yang hanya tergores, bolong atau bahkan sampai sobek pada salah satu sisinya.

Perbedaan tingkat kerusakan ini membuat beberapa opsi perbaikan bamper mobil yang rusak juga berbeda. Beberapa opsi perbaikan bamper mobil yang rusak ini dapat di lakukan di bengkel-bengkel bodi mobil yang dengan lapang menerima perbaikan berbagai kerusakan bodi dengan berbagai tingkatan.

Berikut ini beberapa opsi perbaikan bamper mobil yang rusak :

  1. Menggunakan plat besi

Salah satu opsi perbaikan bamper mobil yang rusak adalah menggunakan plat besi. Namun plat besi yang di gunakan adalah plat yang memiliki ketebalan sedikit lebih tipis di banding dengan plat besi pada umumnya.

Penggunaan plat besi tipis ini di sesuaikan dengan ketebalan bamper mobil yang juga tidak tebal. Untuk pemasangan plat besi sendiri bisa di lakukan di bengkel las, yaitu dengan memanasi bagian pinggir bamper yang bolong, kemudian tempelkan plat besi.

Agar plat besi menempel sempurna pada bamper mobil, kemudian las bagian pinggir plat besi. Pastikan bagian pinggir plat besi dan bamper mobil sudah meleleh karena terkena las, agar keduanya menyatu dengan kuat.

  1. Menggunakan serat fiber

Opsi perbaikan bamper mobil yang rusak berikut ini adalah salah satu opsi yang paling banyak di gunakan. Karena, serat fiber merupakan bahan yang di rasa paling cocok dengan bahan dasar bamper mobil, sehingga untuk menyatukannya tidak begitu sulit.

Penambalan lubang atau goresan pada bamper mobil menggunakan serat fiber ini bisa di lakukan di bengkel profesional. Namun, serat fiber yang di gunakan harus dua lapis.

Kemudian untuk menempelkan serat fiber ke bamper yang rusak, anda hanya perlu menggunakan lem kayu. Tentu saja teknik penempelannya harus di lakukan dengan hati-hati dan oleh orang yang sudah berpengalaman.

  1. Menggunakan kawat

Apabila kerusakan pada bamper anda cukup parah hingga salah satu sisinya robek, maka opsi perbaikan bamper mobil yang rusak paling tepat untuk anda gunakan adalah kawat.

Cara penggunaan kawat untuk memperbaiki bamper mobil yang rusak ini yaitu dengan menjahit bagian bamper menggunakan kawat tersebut. Pastikan bagian bamper tersebut sudah dilubangi dengan ukuran sama dengan ukuran kawat tersebut.

Kemudian agar jahitan tersebut terpasang kuat, pada bagian ujung jahitan las kawat tersebut supaya menempel dengan bagian bamper.

Beberapa opsi perbaikan bamper mobil yang rusak tersebut tentu saja harus di selesaikan dengan proses finishing, yaitu dengan proses pendempulan dan pengecatan.

Proses pendempulan bertujuan agar permukaan bamper dengan permukaan bahan tambalan sama rata, dengan begitu maka bamper yang sudah di tembel akan lebih mudah untuk di cat.

Setelah proses pendempulan selesai, kemudian lanjutkan dengan proses pengecatan. Pilihlah jenis cat yang sama dengan jenis cat bodi, serta memiliki warna yang sama.

Kemudian untuk harga setiap opsi perbaikan bamper mobil yang rusak tersebut tentu tergantung dengan tingkat kerusakan serta bahan yang di gunakan untuk memperbaikinya. Untuk bahan fiber dan plat besi tidak jauh berbeda, yaitu berkisar 400-500 ribu per kerusakan.

Artikel terkait :

Tips mencegah karat pada body mobil yang benar tanpa merusak lapisan cat.

Tips jitu menghilangkan jamur pada kaca dan body mobil dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *