Beberapa Masalah Mobil Matic Yang Sering Menggangu Dan Penyebabnya

Beberapa Masalah Yang SeringTimbul Pada Mobil Matic Serta Beberapa Penyebabnya - MekanikmitsubishiBeberapaPenyebab Dan Masalah Mobil Matic Yang Sering Menganggu

Mekanikmitsubishi.com – Pemilik kadang tidak tahu apa yang menjadi masalah saat mobilnya tiba-tiba berjalan tidak semestinya. Dan ujung-ujungnya pergi ke bengkel dan akhirnya merogoh uang yang cukup banyak. Oleh sebab itu tidak ada salahnya bagi kita sebagai pemilik mobil untuk lebih tahu mengenai masalah mobil yang sering terjadi. Dengan begitu kita bisa berhati-hati dan tidak terjadi hal-hal yang berbahaya.

Nah bagi Anda yang ingin belajar mengenai masalah apa saja yang bisa mengancam mobil, berikut adalah beberapa penyebab dan masalah mobil matiyang sering dialami yang jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang.

Baca juga : Tips merawat mobil matic agar tak mudah rewel.

  1. Suara Keras Ketika Posisi Netral

Suara keras yang muncul ketika transmisi di posisi netral terjadi karena keaus pada bearing khususnya pada input shaft. Jika hal ini terjadi maka segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk mengecek masalah yang terjadi. jika tidak segera ditangani maka akan menimbulkan masalah yang lebih besar dan fatal.

  1. Cairan Transmisi Bocor

Cairan transmisi bisa bocor pada mobil matic, dan kasus ini tidak jarang terjadi bahkan bisa dibilang sangat sering padahal cairan ini sangat berguna untuk  melumasi proses pertukaran/perpindahan gear. Jadi apabila terjadi kebocoran maka bisa mengakibatkan masalah yang serius. Cairan transmisi berwarna merah cerah dan beraroma manis, namun jika sudah berwarna gelap akan timbul bau seperti terbakar.

  1. Bau Oli Terbakar

Masalah lain yang bisa saja mengancam keawetan mobil matic adalah seperti bau oli terbakar. Hal ini terjadi karena kurangnya volume dari pelumas transmisi dan dapat muncul karena pelumas yang sudah kotor dan kualitas pelumas yang buruk/tidak standar.

  1. Mobil Tidak Bisa Mundur

Masalah mengenai mobil yang tidak bisa mundur dapat timbul karena sistem mekanik di transmisi sedang mengalami masalah, seringnya hal ini terjadi karena adanya komponen pada gigi yang rusak atau adanya benda asing yang masuk pada sistem transmisi yang mengganggu putaran roda gigi.

  1. Bahan Bakar Boros

Mungkin untuk hal ini kalian pasti paham betul mengenai masalah dan kekurangan mobil matic. Mobil matic yang basisnya lebih boros dari transmisi manual juga bisa mengalami masalah karena bahan bakar yang terlalu boros dan tidak wajar. Hal ini dapat terjadi karena tenaga torsi mobil tidak dapat mengalir dengan maksimal menuju penggerak akhir/ban.

  1. Jalan Mobil Seakan Tertahan

Ketika mobil berjalan dan pengemudi melepaskan pedal gas, maka kecepatan mobil akan berkurang secara tidak wajar. Jika mobil matic mengalami masalah, maka mobil akan tersendat untuk beberapa detik dan barulah mobil tersebut berjalan seperti biasa. Masalah ini perlu penanganan khusus yang harus ditangani oleh ahlinya.

  1. Mobil Tidak Kuat Saat Berjalan Menanjak

Mobil matic yang mengalami masalah bisa saja tidak kuat menanjak di jalan yang tidak terlalau tajam, walaupun transmisi sudah dipindah ke posisi 1 atau L serta pedal gas sudah diinjak meski sudah dalam. Hal ini hampir semua mobil matic yang berumur pasti mengalaminya. Akan tetapi jika kita rawat secara berkala dan benar, hal seperti ini tidak begitu parah dan mudah mengatasinya.

  1. Ngelos atau Slip

Ngelos atau slip bisa terjadi pada semua kendaraan terutama untuk mobil type matic, karena gearbox planetary gear set atau transmisi matic jenis step AT yang biasanya terjadi ketika pindah gigi 1 ke gigi 2. Untuk jenis mobil matic continuously variable transmission, gejala ngelos bisa terjadi ketika mobil akan berjalan.

  1. Adanya Getaran Pada Mobil

Saat mesin mobil sedang bekerja, getaran yang muncul memang wajar. Namun ketika getaran mulai mengganggu, maka bisa terjadi karena masalah pada mesin atau transmisi. Getaran ini biasanya disebabkan oleh kampas kopling aus atau hangus. Kampas yang aus ini nantinya akan menjadi kasar dan terjadi gesekan pada ampas kopling, akibatnya mobil bergetar ketika dipakai berkendara.

Baca juga : Beberapa bahaya dan penyebab menambah dan mencampur berbagai merek pelumas mesin.

Demikian ulasan artikel kali ini yang membahas beberapa penyebab dan masalah yang sering ditimbulkan pada mobil type matic serta sedikit tips mengatasinya. pada intinya sebuah kendaraan jika benar-benar kita rawat dan jaga sebaik mungkin hal-hal yang sekiranya tidak perlu terjadi bisa kita dapatkan. dan keawetan dan nilai kendaraan kita sendiri yang didapat. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

Cara cerdas mengemudikan mobil matic agar hemat BBM.

Beberapa penyebab utama mika reflektor kendaraan meleleh.

Dampak menggunakan oli matic untuk mesin manual yang jarang diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *