Beberapa Larangan Pengemudi Saat Mengemudikan Mobil Matik

Beberapa Larangan Pengemudi Saat Mengemudikan Mobil MatikBeberapa Larangan/Pantangan Pengemudi Saat Mengemudikan Mobil Matik

Mekanikmitsubishi.com – Di Indonesia, pengendara mobil sudah tidak bisa dihitung jumlahnya karena terlampau banyak. Mulai dari mobil kelas bawah hingga kelas yang paling atas.

Mulai dari laki-laki hingga perempuan dan pengguna perempuan biasanya lebih memilih  menggunakan mobil matik karena penggunaannya yang lebih mudah dari pada mobil manual ( bergigi dan memiliki kopling ).

Baca juga : Cara merawat mobil matik agar selalu prima dan tak mudah trouble.

Menggendarai mobil matik angatlah mudah bila dibandingkan mengendarai mobil manual. Pengoperasiannya tidak sesulit seperti mobil manual yang membutuhkan keahlian yang lebih daripada mobil matik. Saat mengendarai mobil matik, pengendara tidak perlu sibuk untuk menginjak kopling atau memindahkan gigi transmisi waktu berkendara dan saat menambah atau mengurangi kecepatan.

Karena mengemudikan mobil matik sangat mudah, sehingga banyak orang yang tidak mengindahkan peraturan yang harusnya dilakukan saat mengendarai mobil ini. Sekalipun sangat mudah untuk mengoprasikan mobil matik memiliki resiko yang sangat tinggi ketika pengendara salah dalam penggunaannya bahkan bisa menimbulkan resiko kerusakan parah pada kendaraan lebih mengerikannya lagi resiko kecelakaan.

Untuk itu, Anda mesti tetap berhati-hati dan tetap berkonsentrasi saat mengendarai mobil matik ini karena jika tidak, mobil matik akan sangat berbahaya bagi keselamatan nyawa pendendara dan orang lain disekitarnya jika pengemudi tidak tau cara menegemudi yang baik dan benar seta paham beberapa larangan yang harus dihindari mobil matik.

Untuk mengendarai mobil matik Anda tetap perlu memperhatikan hal-hal yang bisa menjamin keselamatan jiwa saat mengendarainya. Karena sekalipun mudah, pengendara mobil matik seringkali lupa akan beberapa larangan saat mengemudi mobil matik yang akan disebutkan di bawah ini.

Berikut cara mengendarai mobil matic yang baik dan benar serta beberapa larangan pengemudi saat mengemudikan mobil matik :

Baca juga :

Tak banyak yang tahu, cara paling tepat mengemudikan mobil matik agar heman BBM.

Saat Turun Jangan Pindahkan Transmisi Ke Posisi Netral

Mobil ini memang sangat terkenal dengan bahan bakarnya yang awet. Karena, dari awal mobil ini didesain untuk menghemat bahan bakar secara otomatis. Untuk itu, karena bahan bakar yang disediakan sudah sangat awet, maka memindahkan tranmisi ke posisi netral saat di turunan sangatlah tidak dianjurkan.

Jika hal tersebut tetap dilakukan mesin bisa saja mati dan transmisi akan menjadi rusak dan yang lebih berbahaya dimana mobil akan sulit dikendalikan bahkan kecepatan tidak bisa bisa ditambah sehingga mesin sulit diatur. Maka, tidak heran jika di jalanan banyak sekali kecelakaan yang terjadi karena penggunaan mobil matik yang salah.

Akan jauh lebih baik jika Anda memperhatikan cara mengemudi kendaraan ini dengan baik demi keselamatan Anda di perjalanan.

Pindahkan Transisi Setelah Mobil Berhenti

Kebiasaan yang sering dilakukan para pengemudi mobil matik adalah buru-buru memindahkan transisi dari D ke R padahal mobil belum berhenti. Selain berbahaya, kebisaan ini akan membuat transmisi cepat rusak. Sehingga Anda harus pergi ke bengkel lagi untuk memperbaiki transmisi yang rusak karena penggunaan yang salah.

Tidak Memindahkan Transmisi dari Netral Ke Maju Sambil Menginjak Gas

Cara yang paling tepat menggunakan mobil matik adalah membiasakan untuk memindahkan transmisi dari netral ke maju terlebih dahulu sebelum meningjak gas. Karena kebiasaan menginjak memindahkan transmisi ke netral kemudian ke arah maju sambil menginjak gas akan sangat berbahaya.

Saat Lampu Merah, Jangan Pindahkan Transmisi Ke Netral

Menghemat bahan bakar bukan dengan cara memindahkan transmisi Anda ke netral saat lampu merah adalah hal yang salah. Cara ini bukannya akan menghemat bahan bakar, tetapi malah akan membuat transmisi Anda cepat aus dan rusak.

Jangan Pindahkan Transmisi Ke Posisi Parkir Sebelum Benar-Benar Berhenti

Kebiasaan buruk pengemudi matik lainnya adalah memindahkan transmisi ke posisi parkir sebelum mobil benar-benar berhenti. Cara ini adalah cara yang tidak tepat, karena jika dipindahkan ke posisi parkir maka akan mengunci transmisi dan akan terlepas saat rem diinjak.

Tentunya Anda tahu apa yang akan terjadi. Untuk itu, jika Anda akan berhenti, pastikan mobil yang Anda kendarai benar-benar berhenti baru kemudian pindahkan transmisi Anda ke posisi  parkir.

 

Demikian artikel kali yang membahas mengenai cara mengemudi mobil matic yang baik dan benar serta beberapa larangan pengemudi mobil matik yang wajib dipahami sebagai wawasan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Cara paling mudah mendeteksi kerusakan pada transmisi mobil matik dan akurat.

Apakah mobil matik boleh diderek? berikut penjelasan ilmiyahnya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *