Beberapa Jenis/Type Body Mobil Dari Perbedaan, Contoh Serta Kelebihannya

perbedaan-beberapa-jenis-atau-type-body-mobil-serta-kelebihannya-mekanikmitsubishiPerbedaan Beberapa Jenis/Type Body Mobil Di Indonesia Dan Contoh Serta Kelebihannya

Mekanikmitsubishi.com – Pemilihan jenis/type body mobil sangat penting untuk menentukan fungsionalitas dari mobil tersebut. Georafis,kebutuhan pengemudi sangat penting sekali dalam menentukan jenis/type body mobil apa yang cocok untuknya.

baca juga : Apa kelebihan dan kelemahan teknologi Drive By Wire pada mobil.

Dengan majunya teknologi dan persaingan antar produsen kendaraan khususnya di Indonesia maka pabrikan kian variatif dalam memberikan jenis/type produk yang mereka tawarankan. Dan berikut ini adalah beberapa jenis-jenis body mobil di Indonesia dari perbedaan,contoh serta kelebihannya yang patut diketahui.

Baca juga : Pengaruh warna terhadap harga jual kendaraan.

  1. SUV (Sport Utility Vehicle)

Jenis mobil SUV bukan berarti mobil sport untuk balapan,akan tetapi sport yang dimaksud disini adalah type mobil yang memiliki kelebihan dari segi ketangguhan dibandingkan dengan model mobil yang lainya. Beberapa ciri mobil jenis SUV antara lain :

Mempunyai ketangguhan daya jelajahnya dari pengaplikasian teknologi gound clearance ataupun dari type penggerak roda 4×4.

Seiring perkembangan jaman SUV memiliki beberapa variasi dan dimensi antara lain :

Big SUV, Medium SUV, Mini UV, Compact SUV dan Crossover.

Contoh mobil dengan type SUV sepert: Mitsubishi Pajero, Toyota Land Cruiser, Range Rover. Untuk type SUV mengandalkan Ground Clearance antara lain : Toyota Rush, Hyundai Tucson dll..

2. MPV (Multi Purpose Vehicle)

Untuk jenis body MPV memiliki keunggulan ruang yang lapang, fleksibilitas dan mudah mengalih fungsikan kabin mobil. Dari kebanyakan mobil type MPV daya angkut berkisar 6 sampai 7 penumpang bahkan bisa lebih.

Sama halnya dengan type mobil SUV, type mobil MPV juga mengalami perkembangan yakni dengan munculnya beberapa varian type MPV antara lain :

Medium MPV, Big MPV, Compact MPV hingga High Roof MPV. Beberapa contoh mobil dengan type MPV antara lain : Toyota Kijang Inova, Nissan Grand Livina, Suzuki Ertiga dll…

3. Sedan

Untuk ciri khusus tipe mobil sedan adalah lokasi mesin dan ruang kabin serta bagasi yang terpisah. Mobil jenis ini sangat cocok bagi pengendara yang membutuhkan mobilitas tinggi untuk keseharian tanpa membutuhkan daya angkut yang banyak yakni berkisar 5 orang.

Beberapa contoh mobil yang bertype mobil sedan antara lain : Mitsubishi Galant Hiu, Honda City, Suzuki Ciaz, M Mercedes-Benz C-E-S Class dll…

Mobil jenis ini memiliki rekor penjualan yang kurang bagus akibat harga yang tinggi yang dipengaruhi faktor pajak yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan mobil jenis sedan dikategorikan jenis mobil mewah oleh pemerintah Indonesia.

  1. Wagon/Estate

Mobil type Wagon ataupun Estate merupakan kendaraan yang hamper sama dengan type mobil sedan. Akan tetapi memiliki perbedaan pada rungan yang tidak dipisahkan dengan bagasi.

Sangat sedikit sekali mobil dengan jenis Wagon/Estate di Indonesia. Beberapa contoh mobil dengan type wagon/estate : Volvo Sations Wagon dan Mazda  Vantrend.

  1. Hatchback

Masih berbasis type sedan,akan tetapi berbeda dengan type estate yang pada bagian belakangnya dibesarkan menjadi kabin. Untuk jenis Hatchback justru mengurangi bagian bagasi sehingga ruang bagasi untuk type hatchback jauh lebih sempit dari type mobil sedan.

Keunggulan dari jenis mobil hatchback yakni dimensi bodynya yang sama dan harganya yang terjangkau dari beberapa type body mobil yang lain bahakan mobil ini sering dikembangkan untuk mobil yang efisien. Untuk kapasitas penumpangnya yakni sama dengan mobil type sedan yang  berkisar 5 orang.

  1. Coupe

Sedikit mirip dengan sedan, namun berpintu hanya dua, itulah jenis bodi Coupe. Model bodi ini memang hadir untuk mengakomodir minat masyarakat yang kegiatannya tak membutuhkan banyak ruang untuk penumpang, atau yang sehari-hari hanya menggunakan mobil berdua atau bahkan sendirian.

Hampir mirip dengan mobil jenis sedan,akan tetapi mobil jenis coup hanya memiliki dua pintu. Untuk mobil ini sangat recommended untuk masyarakat yang tidak membutuhkan banyak ruang dan simple. Meski mobil type ini terlihat kecil namum beberpa pabrikan mobil seperti Mercedes-Benz E-Class Couple menyajikan ruang kabin bisa untuk muatan 5 penumpang. Dan untuk tahun tahun belakangan ini mobil jenis coupe memiliki empat pintu seperti pada mobil BMW 4 dan 6 Series Grand Coupe

  1. Pickup

Berbeda dengan ke 6 jenis/type mobil diatas yang lebih mementingkan kenyamanan dan tampilan apik kendaraan. Untuk mobil jenis/type pickup lebih mengedepankan daya angkut  barang. Dengan dibekali pintu yang  bisa dibuka dari sisi-sisinya. Mobil jenis pickup sangat cocok bagi pengusaha dan pebisnis untuk membawa barang-barangnya.

Untuk mobil pickup terdiri dari beberapa type diantaranya : Single Cabin, Double Cabin ataupun Extra Cabin. Dari ketiga jenis pickup ini memiliki perbedaan pada ruang kabin.

Kabin yang terdiri dari satu baris bangku disebut single cabin, sedangkan pickup dengan dua baris dalam satu kabin disebut ( double cabin ) untuk yang ( extra cabin ) memiliki tambahan rung kabin bagian belakangnya.

Beberapa contoh mobil berjenis pickup antara lain : Mitsubishi L300, Nissan Navra, Mitsubishi Tirion, Daihatsu Himax, Suzuki Carry pickup dll…

Sebenarnya masih ada lagi selain dari yang saya sebutkan diatas di Indonesia,akan tetapi dengan mengusung mobil lebih mewah imbasnya pada harga jual yang sangat tingggi diantaranya yang mudah kita jumpai jenis/type body mobil Cabrio, Convertible, roadster, dan Shooting Brake.

Artikel terkait :

Tips penting yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil.

5 mobil LCGC Indonesia terbaik dan terlaris yang wajib kamu baca sebagai referensi.

Lebih baik asuransi kendaraan LTO atau All Risk,berikut penjelasannya.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *