Beberapa Fungsi Colokan Di Bawah Setir Mobil Yang Jarang DIketahui

Fungsi Penting Colokan DI Bawah Setir Mobil Yang Jarang Diketahui - MekanikmitsubishiBeberapa Fungsi Penting Colokan DI Bawah Kemudi Mobil Yang Jarang Diketahui

Mekanikmitsubishi.com – Ada berbagai bagian mobil yang memiliki fungsi yang sangat penting sebagai fitur keamanan ataupun kenyamanan dalam mengemudikan mobil. Namun, ada begitu banyaknya berbagai fitur mobil yang mungkin tidak diketahui secara pasti akan fungsi dan kegunaan dari fitur tersebut. Salah satunya adalah colokan di bawah setir mobil yang terkadang dianggap tidak begitu penting.

Baca juga : Fungsi lis karet pada atap mobil yang jarang kita pahami.

Padahal sebenarnya kita harus benar-benar mengetahui akan berbagai fungsi dari fitur mobil yang ada serta bisa menggunakan dengan baik beberapa fungsi komponen mobil sangat penting lainnya. Hal ini bertujuan supaya kita bisa memaksimalkan teknologi dan fitur yang ada,serta dalam perawatan service berkala bisa dilakukan sesuai dengan aturan sehingga keawetan mobil tetap terjaga.

Meskipun terkadang terlihat hanya sebagai bagian yang tidak memiliki fungsi penting, namun ada berbagai colokan mobil yang juga memiliki fungsi terbaru dan perlu Anda ketahui untuk memudahkan saat berkendara. Bahkan, saat ini dengan semakin majunya teknologi yang ada, ada banyak sekali mobil keluaran terbaru juga sudah dibekali dengan berbagai fitur komputer yang sangat canggih.

Fungsi Colokan Dibagian Bawah Setir Mobil

Baca juga : Beberapa jenis dan fungsi masing-masing model tutup pentil.

Penggunaan komputer ini sangat berguna untuk memberikan informasi dan penympanan data jika ada berbagai masalah. Selain itu, fitur komputer ini juga berguna untuk membuat penggunaan dari mobil menjadi semakin maksimal dan pengemudi merasa lebih aman dan nyaman lagi karena adanya beberapa fitur yang mendukung.

Dengan kemajuan teknologi saat ini yang berkembang sangat pesat, membuat proses penanganan perbaikan dan service berkala mobil juga menjadi semakin maju dan mudah sehingga bisa mendeteksi bagian mana saja yang rusak dan butuh penanganan,pengecekan, perbaikan atau pergantian dengan lebih maksimal lagi. Sebagai contoh, pada saat mobil akan service, mobil hanya tinggal dihubungkan dengan laptop kemudian bisa mendeteksi kerusakan yang mungkin ada pada bagian mobil tersebut dan hal inilah yang juga menjadi fungsi dari colokan mobil yang ada dibawah kemudiĀ mobil. Colokan pada bagian bawah mobil ini merupakan bagian fitur mobil yang dinamakan dengan on-board diagnostic II.

Colokan mobil atau on-board diagnostic II ini terletak dibagian bawah setir mobil. Mobil yang memiliki type matic merupakan salah satu kendaraan yang sudah dibekali dengan fitur on-board diagnostic II ini.

Terlihat sepele, namun adanya fitur on-board diagnostic II akan membuat pengecekan mobil menjadi semakin maksimal lagi. Proses diagnosis tidak hanya dilakukan dengan mendeteksi mesin saja, melainkan dengan menggunakan komputerisasi kita bisa melakukan pengecekan secara menyeluruh dari sistem kelistikan, sampai tanda-tanda kerusakan komponen.

Segala hal bisa dicek dengan menggunakan laptop yang dihubungkan pada on-board diagnostic II tersebut. Salah satunya pengecekan permesinan, transmisi, kelistikan serta berbagai hal lainnya yang berguna untuk mempermudah mendeteksi kerusakan kendaraan Anda.

Hal lain yang juga bisa diagnosis dengan fitur on-board diagnostic II adalah dengan mengubah tinggi dan rendah dari putaran mesin. Jika sebelumnya proses pengecekan dengan memutar baut, namun saat ini dengan adanya teknologi yang semakinĀ  maju bisa dilakukan dengan menggunakan komputerisasi saja.

Colokan Listrik Ke Mobil

Selain berguna sebagai penghubung kabel konektor dari laptop ke mobil, ada juga colokan di bawah setir yang berguna untuk memberikan arus listrik ke mobil. Sebagai contoh jika Anda ingin mengecas ponsel ataupun lainnya Anda bisa langsung untuk menggunakan colokan tersebut.

Bahkan, beberapa diantaranya berguna untuk menghantarkan listrik ke mobil ini juga bisa digunakan untuk membuat air panas dan membuat kopi saat Anda berada di mobil.

Colokan di bawah setir mobil ini juga memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan Anda. Mulai dari tegangan yang diciptakan berukuran 550W-220V. Beragam pilihan ini tentu membuat Anda bisa semakin mudah saat berkendara dan berada di mobil. Dari berbagai design mulai dari design yang mungil, compatible dan berbagai design lainnya yang membuat Anda bisa mendapatkan fungsi terbaik dari colokan listrik pada mobil.

Demikian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan menganai berbagai fungsi dari colokan di bawah setir mobil yang mungkin sebelumnya kita tidak paham akan kegunaannya. Terimakasih.

Artikel terkait :

Apa sebenarnya fungsi lampu hazard dan pemakaian yang benar.

Kelebihan teknologi canggih cruise control pada fitur mobil.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *