Beberapa Efek Buruk Telat Ganti Filter Udara Mobil

mekanikmitsubishi.comApa Efek Buruk Telat Ganti Filter Udara Mobil…? Bisa Merusak Mesin Atau Lebih Mengerikan Dari Itu..??

Mekanikmitsubishi.com – Filter udara yang ada pada mobil mempunyai fungsi yang sama dengan filter udara pada motor. Filter udara berfungsi untuk menyaring kotoran atau debu dari udara luar yang akan masuk ke ruang pembakaran pada mobil atau motor.

Kebersihan pada filter udara mobil sangat penting sekali dan harus diperhatikan untuk keawetan dan performa mesin mobil anda. Tentu akan ada efek buruk telat ganti filter udara mobil jika anda melalaikan perawatan filter udara pada mobil anda.

Baca juga : Cara membersihkan filter udara mobil yang baik dan benar agar lebih maksimal.

Filter udara atau air filter ini bisa dikatakan sebagai sistem pembersihan yang ada pada mobil yang bisa menghilangkan kotoran yang berbahaya bagi performa mesin mobil dan bisa mencegahnya masuk ke dalam ruang pembakaran, sehingga mesin mobil akan bekerja lebih maksimal.

Nah berikut ada beberapa efek buruk telat ganti filter udara mobil yang harus anda perhatikan :

  1. Mengurangi performa mesin

Efek buruk telat ganti filter udara mobil yang pertama adalah bisa mengurangi performa mesin mobil anda, ini berakibat mesin mobil anda menjadi tidak bertenaga. Nah ini akan membuat tarikan mobil akan terasa lebih berat, karena otomatis jika filter udara mobil kotor udara yang masuk akan berkurang atau sedikit.

  1. Mobil cepat panas

Yang kedua, efek buruk telat ganti filter udara mobil yaitu bisa membuat mobil anda cepat panas. Dan tentu ini akan membuat mesin mobil anda tidak awet atau cepat rusak.

  1. Boros bahan bakar

Efek buruk telat ganti filter udara mobil yang selanjutnya adalah boros bahan bakar, karena jika filter udara mobil kotor akan menghambat udara yang masuk ke ruang pembakaran. Dan ini akan berakibat mesin akan lebih banyak menggunakan bahan bakar. Nah ini mengapa anda harus atau wajib memperhatikan kebersihan filter udara pada mobil anda. Karena jika filter udara mobil anda kotor atau tidak bersih ini akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar akan semakin boros.

Nah setelah mengetahui efek buruk telat ganti filter udara mobil, tentu penting juga mengetahui cara membersihkan filter udara jika anda belum sempat mengganti. Berikut ada beberapa cara sederhana untuk membersihkan filter udara mobil yang kotor, yaitu :

  • Pembersihan filter udara yang pertama adalah cara penyemprotan dengan menggunakan kompresor. Untuk penyemprotan menggunakan kompresor ini terbilang cukup mudah, yaitu dengan cara melepas elemen filter udara tersebut kemudian semprot dengan angin dari kompresor sampai bersih.
  • Langkah atau cara yang kedua ini cukup simple, yaitu masukan filter udara ke dalam air yang sudah dicampur dengan shampoo. Rendam jangan terlalu lama, hanya sekitar 2 menit saja. Setelah itu angkat filter udara tersebut kemudian digoyang-goyangkan sampai tuntas.
  • Cara yang ke tiga dalam membersihkan filter udara sebaiknya jangan terlalu lama. Karena bisa merusak elemen filter udara mobil anda, keringkan dengan angin ditempat yang sejuk dan jangan dijemur jangan langsung terkena sinar matahari.
  • Bersihkan filter udara dengan sangat hati-hati karena banyak filter udara dengan bahan karton yang mudah sekali rusak.

Demikian tadi adalah efek buruk telat ganti filter udara mobil dan sekaligus cara atau tips membersihkan filter udara yang kotor, agar tidak membahayakan mesin mobil anda. Selain harus memperhatikan kebersihan filter udara agar tidak merusak mesin, anda juga tentu harus memperhatikan elemen lainnya dalam mesin mobil anda. Supaya mobil mesin anda bekerja lebih optimal dan tentu akan membuat mobil anda awet tidak cepat rusak. Semoga informasi ini membantu anda.

Artikel terkait :

Cara paling mudah dan aman mengganti filter solar mobil.

Pengecekan oli gardan mobil secara berkala,apakah penting?

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *