Beberapa Bahaya Menghirup Freon Ac Mobil Yang Bocor

Waspadai! Beberapa Bahaya Bagi Kesehatan Jika Anda Menghirup Freon Ac Mobil Yang Bocor

Beberapa Bahaya Menghirup Freon Ac Mobil yang Bocor - MekanikmitsubishiMekanikmitsubishi.com – Bagi Anda yang memiliki kendaraan mobil sebagai alat transportasi sehari-hari, tentu tak dapat dipungkiri bahwa mobil Anda pasti dilengkapi dengan air conditioner (AC). Namun, terkadang karena kurangnya kebersihan mobil maupun saluran AC Anda, hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kebocoran AC mobil yang tiba-tiba.

Nah, kebocoran AC tentu akan sangat berbahaya mengingat AC memiliki gas freon (klorofluorokarbon atau CFC) . Gas freon merupakan golongan gas mulia yang terdapat pada alat pendingin seperti AC. Gas ini merupakan gas yang dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan kebocoran lapisan ozon. Wow, berbahaya bukan?

Berikut merupakan beberapa bahaya yang dapat terjadi jika Anda menghirup gas freon pada saat AC mobil Anda bocor.

Baca juga : Tips dan cara mudah membersihkan evaporator ac mobil dengan benar.

  • Keracunan Gas Klorofluorokarbon

Jika Anda tak sadar dengan kebocoran AC di dalam mobil dan Anda menghirup gas ini, maka bukan tak mungkin Anda dapat keracunan gas freon.

Jika tubuh Anda sudah terkontaminasi gas freon, maka biasanya gejala yang muncul adalah sulit bernafas, pembengkakan tenggorokan, sakit tenggorokan parah, luka bakar pada kerongkongan, muntah darah, muncul darah dalam tinja dan gejala lain sebagainya.

  • Jantung

Jika Anda menghirup gas freon dalam jumlah lebih dari 2.000 PPM (part per million), hal tersebut dapat menyebabkan detak jantung Anda menjadi tak teratur karena tekanan darah berubah tinggi sehingga jantung memompa darah dengan detak yang tak normal. Bahkan kemungkinan paling berbahaya adalah menyebabkan jantung berhenti berdetak.

The National Institute for Occupational Safety and Health pernah melaporkan kasus kematian seseorang yang disebabkan detak jantung yang tak normal akibat terlalu banyak menghirup gas freon pada pendingin di ruang tertutup.

Selain detak jantung, menghirup gas freon secara berlebihan juga dapat menyebabkan  Anda terkena serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

  • Efek Mual dan Mengantuk

Jika Anda beruntung  tak menghirup gas freon dalam jumlah banyak, maka biasanya Anda hanya akan terkena efek samping seperti mengantuk, penurunan kewaspadaan, mual, dan depresi. Meskipun efek ini tak begitu berbahaya dibanding dua efek di atas, namun jika Anda sedang dalam kondisi berkendara, tentu dapat menjadi pemicu kecelakaan bukan?

Oleh sebab itu, Anda harus senantiasa memastikan apakah terjadi kebocoran pada AC mobil Anda atau tidak. Untuk itu Anda harus rajin menjaga kebersihan mobil dan saluran AC agar mencegah timbulnya kerak yang menjadi penyebab utama korosi pada kompresor AC.

Baca juga : Beberapa faktor pengemudi menjadi kantuk.

Anda juga harus rutin memastikan kualitas dan jumlah oli kompresor. Oli kompresor berperan sebagai pengontrol tekanan pada kompresor AC. Biasanya, tekanan yang berlebihan merupakan salah satu penyebab kompresor AC Anda menjadi bocor.

Dan yang paling penting, Anda perlu untuk rutin mengecek keadaan AC mobil Anda di bengkel agar semua kerusakan maupun masalah yang ada pada AC dapat terdeteksi dan diperbaiki.

Demikian ulasan artikel kali ini yang membahas mengenai beberapa ancaman bahaya bagi kesehatan jika menghirup gas ac freon mobil yang mengalami kebocoran. Semoga kita lebih waspada dan lebih hati-hati dalam merawat dan memperbaiki mobil. Terimakasih.

Artikel terkait :

Beberapa penyebab mesin kehilangan tenaga saat ac mobil dinyalakan.

Tips olahraga ringan untuk menghilangkan pegal-pegal saat macet perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *