Beberapa Alasan Mobil Matic Sebaiknya Tidak Menggunakan Nitrogen

beberapa penyebab dan alasan mengapa mobil matic tidak dianjurkan menggunakan nitrogen - MekanikmitsubishiAnda Pemilik Mobil Matic? Yakin Masih Inggin Menggunakan Nitrogen

Mekanikmitsubishi.com – Dewasa ini, penggunaan nitrogen sebagai pengganti angin biasa pada ban mobil maupun kendaraan lain memang cukup populer. Berbagai kelebihan ditawarkan oleh nitrogen yang tentu membuat Anda semakin tertarik untuk menggunakannnya.

Nitrogen merupakan salah satu unsur kimia yang memiliki lambang N dalam dunia kimia. Nitrogen berbentuk gas tanpa warna, tanpa bau, dan juga tanpa rasa. Unsur kimia yang satu ini dikenal sangat sulit untuk bereaksi terhadap unsur kimia lain. Di bumi ini, nitrogen mengisi sekitar 8,08% dari atmosfer yang ada.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan isi angin ban kendaraan dengan nitrogen

Beberapa kelebihan penggunaan nitrogen sebagai pengisi gas dalam ban di antaranya adalah tekanan udara dalam ban dapat bertahan lebih lama, menghemat bahan bakar, penggunaan ban semakin awet, meningkatkan daya cakram pada ban, dan lain sebagainya.

Tapi, dibalik kelebihan-kelebihan nitrogen sebagai pengisi tekanan udara dalam ban Anda, ternyata nitrogen juga disinyalir tak menguntungkan apabila digunakan oleh mobil matic.

Berikut adalah alasan kenapa ban mobil matic sebaiknya tidak diisi dengan nitrogen :

Baca juga : Bolehkan menaikan tekanan angin ban saat membawa muatan berlebih?

  • Nitrogen Lebih Cocok Digunakan Kendaraan Besar

Seorang pemilik Bengkel Rumah Ban Motor, Bapak Aldrin berpendapat bahwa penggunaan nitrogen memang lebih ditujukan pada kendaraan-kendaraan besar dan sering dioperasikan untuk transportasi jarak jauh.

Hal ini disebabkan karena nitrogen mempunyai molekul yang lebih ringan, dingin, dan stabil dibandingkan angin biasa.

Kendaraan besar memiliki permukaan ban yang juga besar dan tentu mempengaruhi tingkat gesekan yang terjadi dengan jalan raya. Jika pengguna kendaraan menggunakan nitrogen sebagai tekanan dalam ban, nitrogen dapat membantu tekanan gesekan antara ban dengan jalan raya menjadi lebih ringan dan lebih dingin.

  • Mengurangi Kenyamanan dalam Berkendara

Apabila jenis kendaraan matic, mobil khususnya, menggunakan nitrogen sebagai pengisi tekanan udara pada ban, hal tersebut dapat mengurangi kenyamanan Anda dalam berkendara. Mobil Anda akan terasa lebih mengudara sehingga Anda dikhawatirkan sulit dalam mengontrol kecepatan.

Selain itu, ban yang diisi nitrogen juga lebih lama panasnya dan susah lengket. Terlebih jika Anda menggunakan mobil Anda hanya untuk stop and go, stop and go. Maka syarat suhu yang dibutuhkan nitrogen dapat tak tercapai sehingga ban mobil Anda menjadi dingin dan tak lengket dengan jalan.

  • Faktor “Minus” Lain

Di samping alasan yang berpengaruh langsung terhadap penggunaan mobil Anda, mengganti angin biasa dengan nitrogen juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui. Yang pertama, harga pengisian nitrogen.

Harga pengisian nitrogen dipatok sekitar 10 ribu hingga 20 ribu per ban kendaraan Anda. Itupun jika ban Anda memang sudah biasa menggunakan nitrogen sebagai pengganti tekanan. Jika belum, maka Anda diharuskan menguras ban terlebih dahulu dan itu tentu menambah biaya.

Faktor yang kedua yaitu ketersediaan nitrogen. Pengisian gas pada ban menggunakan nitrogen memang belum terlalu umum di telinga masyarakat. Sehingga masih jarang bengkel yang menyediakan nitrogen sebagai gas pengisi ban.

Tetap ingin menggunakan nitrogen? atau akan beralih mengunakan tekanan angin biasa?

Pemeriksaan dan pemeliharaan ban kendaraan sangat berperan demi menjaga kenyamanan dan keamanan mengemudi, banyak sekali informasi yang bisa Anda dapatkan sebagai pengetahuan yang sangat penting bisa membantu Anda untuk do the best. Demikian artikel kali ini yag membahas mengenai beberapa penyebab dan alasan mengapa mobil matic tidak dianjurkan menggunakan nitrogen untuk pengisian ban.

Artikel terkait :

Alasan penting mengapa kita dianjurkan mengecek tekanan angin secara berkala.

Dampak kurangnya tekanan angin pada ban kendaraan terutama pada konsumsi BBM.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *