Beberapa Alasan Jarang Ada Sepeda Motor Bermesin Diesel

 

Berikut Ini Penjelasan Jarang Kendaraan Bermotor Menggunakan Mesin Diesel.

Penjelasan Jarang Kendaraan Bermotor Menggunakan Mesin Diesel - Mekanikmisubishi

Mekanikmitsubishi.com – Ada dua jenis mesin yang umumnya terpasang pada kedaraan, seperti mesin bensin dan mesin diesel. Kedua mesin ini memiliki perberbedaan dari sistem kerja,perawatan,perbaikan dan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing,hal ini disebabkan bahan bakar yang digunakan juga berbeda, untuk kendaraan bermesin bensin menggunakan bahan bakar jenis bensin sedangkan mesin┬ádiesel menggunakan bahan bakar jenis solar.

Baca juga : Beberapa tips terbaik merawat mobil bermesin diesel.

Biasanya bahan bakar jenis bensin digunakan untuk kendaraan yang memiliki ukuran kecil baik sepeda motor atau mobil, untuk bahan bakar diesel digunakan untuk kendaraan yang memiliki ukuran besar seperti bus dan truk atau sering diaplikasikan pada kendaraan yang membutuhkan tenaga besar dan  berat untuk membawa barang.

Berikut ini alasan mengapa jarang ada sepeda motor bermesin diesel :

Baca juga : Penyebab dan cara atasi tenaga mesin diesel ngempos tak bertenaga.

Diesel Untuk Mesin Berkapasitas Besar

Mesin diesel sendiri merupakan jenis mesin pembakaran dalam, sebuah mesin pemicu kompresi dimana bahan bakar dapat dinyalakan dengan suhu tinggi gas yang telah dikompresi dan tidak dibuat oleh alat berenergi lain. Mesin diesel ini sering sekali digunakan pada mobil dengan kapasitas mesin besar dan tenaga besar.

Ada beberapa mobil pribadi yang menyediakan pilihan dengan mesin diesel tapi tidak semua produsen mau memberikan pelayanan pemasangan mesin dalam produk mereka. Tapi ada juga beberapa produsen khusus sepeda motor yang memproduksi mesin diesel buat sepeda motor yang kemudian menyerah dikarenakan pasaran yang hampir tidak ada karena rendahnya minat konsumen.

Ada alasan truk dan bus yang menggunakan mesin diesel karena mesin ini akan menghasilkan torsi yang besar, torsi yang besar tersebut diperlukan untuk menggerakkan benda dengan bobot yang berat.

Biaya Produksi Mahal

Kenapa mesin diesel jarang ada pada sepeda motor? alasannya karena biaya produksi mesin diesel ini lebih mahal dari sepeda motor dengan bahan bakar bensin maka harga jual dari sepeda motor dengan mesin diesel akan jauh lebih mahal dari mesin bensin.

Diesel Tidak Sebanding dengan Bobot Motor

Alasan lainnya karena tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel tidak sebanding dengan bobot motor. Walaupun sepeda motor tersebut akan memiliki tenaga dengan torsi yang besar tapi mesin diesel buat sepeda motor yang digunakan di jalan raya membutuhkan tenaga kuda yang lebih besar dari pada tenaga torsi tersebut.

Alasan lain mesin diesel jarang digunakan karena mesin diesel ini memiliki kelemahan saat dalam kondisi dingin, mesin akan sulit hidup. Dalam cuaca sangat dingin, bahan bakar dari mesin diesel ini akan mengentak dan meningkatkan viscositas sehingga akan membentuk kristal berupa lilin atau gel. Hal ini akan mempengaruhi sistem dari bahan bakar tanki sampai dengan nozzle.

Selain itu juga akan membuat penyalaan mesin dengan cuaca yang dingin menjadi sulit dan secara umum yang dipakai untuk memanaskan penyaring bahan bakar dengan jalur bahan bakar secara elektronik.

Cara Kerja Kendaraan Bermesin Diesel

Saat udara dikompresi maka suhunya akan meningkat, mesin diesel juga menggunakan sifat ini sebagai proses pembakaran. Udara yang disedot masuk kedalam ruang pembakaran mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang merapat jauh lebih tingi dari rasio kompresi mesin bensin.

Tapi sebelum piston berada di titik mati atas bahan bakar akan disuntikkan ke ruang bahan bakar dengan tekanan tinggi melewati nozzle agar tercampur dengan udara panas bertekanan tinggi. Dari hasil campuram tersebut akan menyala dan membakar mesin dengan cepat. Sedangkan penyemprotan bahan bakar ke dalam ruang bakar dilakukan ketika piston sudah menghindari detonasi.

Penyemprotan ini akan langsung ke ruang bakar di atas piston kedalam ruangan khusus, langsung dengan ruang bakar piston berada. Dengan adanya alasan jarangnya sepeda motor bermesin diesel tersebut tidak heran jika produsen motor enggan menggunakan tenaga diesel.

Sekian ulasan kami mengenai beberapa penyebab kendaraan bermotor jarang menggunakan mesin diesel dan perbandingannya,semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. terimakasih.

Artikel terkait :

Bocoran penjelasan,lebih bagus mana antara mobil bermesin bensin atau diesel.

Tips pintar memilih mobil diesel atau mobil berbahan bakar bensin.

Efek buruk geber-geber mesin diesel,saat memanaskan mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *