Batas Waktu Penggunaan Ban Mobil Paling Tepat Dan Benar

Batas Waktu Penggunaan Ban Mobil Yang Tepat Dan Benar

 

Masa Expire Ban Mobil – Kali ini saya akan membahas mengenai batas waktu penggunaan ban mobil yang paling tepat untuk kenyamanan dan keamanan Anda. Kita tahu pergantian ban paling tepatbahwa masa expired ban berbeda-beda antara ban satu dengan ban lainnya. Ada ban yang dapat digunakan maksimal 50.000 km dan ada yang hanya dapat digunakan maksimal 40.000 km. Batas masa pakai ini dipengaruhi oleh komposisi material yang digunakan produsen untuk membuat ban tersebut. Para produsen ban telah mengatur komposisi ban dan telah menetapkan masa pakai ban tersebut sesuai standar keamanan anda sebagai pengguna.

 

Pada dasarnya, semua dapat diketahui dari informasi yang tertera pada setiap ban. Namun, pada kenyataanya masih banyak pengendara mobil khususnya di Indonesia yang masih kurang paham dengan standar keamanan ban mobilnya. Alhasil penggantian ban di lakukan jika ban mobil benar-benar sudah tipis. Hal ini tentu sangat membahayakan keeselamatan pengendaranya sendiri. Bisa saja terjadi pecah ban saat mobil dalam kondisi berjalan, dll. Tidak memandang musim penghujan atau musim kemarau. Bahaya akibat kurangnya informasi tentang ban mobil dapat terjadi kapan saja.

Tips Dan Cara Paling Baru Dan Terbukti Ampuh Menghemat Bahan Bakar Kendaraan Mobil.

 

Nah, kali ini admin akan memberikan sedikit informasi mengenai Batas Waktu Penggunaan Ban Mobil yang Tepat. Check it out!

 

1.Periksalah tanda segitiga atau cetakan “TWI” yang terdapat pada dinding ban. Informasi ini merupakan batas keausan ban yang diperbolehkan. Biasanya berupa tonjolan.

 

2.Pada saat memeriksa ban, pastikan posisi anda sejajar dengan ban lalu periksalah apakah permukaan ban telah rata antara penunjuk pada dinding ban dengan tonjolan pada permukaan ban. Jika permukaannya rata maka ban mobil anda sudah mencapai masa penggunaan maksimal dan anda harus segera melakukan penggantian ban.

 

3.Saat membeli ban, tanyakan tahun produksi ban kepada pemilik toko. Lalu cocokkan dengan tahun produksi yang tertera pada label ban. Setiap produsen ban sebenarnya sudah menyertakan label tahun produksi pada setip ban.

Baca juga : 6 Tanda Coil Mobil Mati dan Solusi Terbaiknya Untuk Kendaraan Anda.

 

4.Periksa ukuran ban. Setiap ban memiliki standar ukuran. Misalkan tertera angka pada ban 195/60/R15. Cara membacanya adalah angka 195 berarti ukuran, lebar ban. Sedangkan angka 60 merupakan tinggi ban. Yang terakhir angka 15 menunjukkan ukuran velg yang sesuai untukdi gunakan.

 

5.Periksalah kondisi ban anda secara berkala apalagi ketika anda melewati jalan yang permukaannnya tidak rata, berlubang atau ketika anda melewati medan yang ekstrim. Setap ban tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika terdapat tonjolan pada ban maka anda harus segera mengganti ban tersebut. Biasanya tonjolan pada ban mudah terjadi pada ban yang masa produksinya lebih dari 3 tahun. Maka telitilah dalam membeli ban. Jadilah konsumen yang cerdas. Jangan langsung tergiur pada harga murah yang ditawarkan penjual, tapi periksalah juga informasi tentang ban.

 

Demikian ulasan saya mengenai batas waktu penggunaan ban mobil paling tepat sesuai standar yang ditentukan perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Baca juga beberapa artikel terkait :

Ini Dampak Buruk Yang Jarang Diketahui Jika Tangki BBM Tidak Diisi Penuh.

Penyebab Dan Tips Mencegah Aki Mobil Cepat Tekor dan Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak/Mati Dengan Mudah.

Tips Agar Ban Mobil Anda Lebih Awet dan Jenis-jenis Telapak Ban Mobil Secara Umum Yang Jarang Diketahui.

Tips Dan Cara Membedakan Oli Asli Dengan Oli Palsu Dengan Mudah Dan Akurat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *