Bahayakah Air Menetes Dari Ujung Knalpot Mobil…?

bahayakah-air-menetes-dari-ujung-knalpot-mobilBahayakah Air Menetes dari Ujung Knalpot Mobil? Ini Yang Harus Anda Waspadai.

Mekanikmitsubishi.com – Berbagai macam mobil sekarang banyak menawarkan banyak fitur dengan berbagai kecanggihan yang sedang ramai dibicarakan. Bahkan sebagian orang banyak yang beranggapan bahwa memiliki mobil dengan fitur terbaik adalah yang paling modern dan memiliki tingkat sosial yang baik di masyarakat.

Baca jua :

Tips mudah merawat knalpot mobil dengan baik dan benar yang jarang diketahui.

Efek buruk geber-geber saat panaskan mobil yang jarang dipahami.

Namun tahukah anda, bahwa mobil dengan fitur yang canggih memiliki mesin yang tidak kalah canggih pula. Kebanyakan dari mesin yang digunakan adalah berbagai mesin yang telah diseleksi dan dipilih berdasarkan dengan kualitas yang mumpuni.

Lalu pernahkah anda ketika pagi hari sedang memanasi mesin mobil anda ada air yang menetes dari knalpot mobil anda? Mungkin anda akan berpikir bahayakah air menetes dari ujung  knalpot mobil? Adakah yang bermasalah dengan mobil anda?

Berikut penjelasannya mengenai air menetes dari ujung knalpot :

Baca juga : Penyebab knalpot mobil bersuara menembak-nembak dan penjelasan lengkapnya.

  • Pembakaran yang sempurna

Air yang menetes dari ujung knalpot sebenarnya tidak bahaya. Hal ini disebabkan karena pembakaran yang sempurna dalam mesin mobil yang menghasilkan gas CO2 dan H2O. Lalu ketika suhu normal, H2O yang dihasilkan dari pembakaran ini menguap. Namun uap air yang berjalan menuju alat pembuangan, yaitu knalpot mengalami proses kondensasi sehingga uap air berubah menjadi butiran-butiran air.

Bahaya air menetes dari ujung knalpot mobil adalah ketika yang keluar dari mesin mobil anda adalah tetesan oli atau bahkan bahan bakar. Air yang menetes dari ujung knalpot bukanlah hal yang harus anda khawatirkan.

Selain hasil dari pembakaran yang sempurna, air yang keluar dari ujung knalpot adalah ketika pagi hari bisa saja embun yang ada pada knalpot keluar bersama dengan hasil pembakaran tersebut. Akhirnya banyak air yang menetes dari ujung knalpot.

  • Suhu suatu daerah

Pada daerah yang memiliki suhu yang dingin, air yang keluar dari knalpot akan lebih sering mengalami hal ini. Karena pada suhu yang rendah, hasil pembakaran yang sempurna tadi akan semakin banyak menghasilkan uap air. Karena suhu yang dingin lebih banyak menghasilkan uap air dibandingkan pada daerah dengan suhu yang hangat.

Bila anda perhatikan maka ketika anda berada pada suhu yang dingin, air yang keluar akan semakin banyak dibandingkan ketika suhu yang normal. Bahkan terkadang akan keluar asap putih yang keluar bersama dengan air yang keluar dari ujung knalpot.

Ini bisa saja terjadi karena hasil pembakaran yang berupa uap air tersebut gagal mengalami kondensasi dan tetap keluar melalui knalpot dalam bentuk asap putih tipis.

Namun anda tidak perlu khawatir mengenai bahaya air yang keluar dari ujung knalpot mobil anda. Karena hal ini tidak akan menimbulkan masalah selama yang keluar adalah air dalam jumlah yang wajar.

Akan tetapi anda mesti waspada akan bahaya air yang keluar dari ujung knalpot mobil adalah air dalam jumlah yang banyak. Bisa saja hal ini terjadi karena terjadi kebocoran pada aki atau pada radiator yang mengalir dan keluar melalui ujung knalpot.

  • Rumus kimia yang mendasari

Penjelasan rumus kimia berdasarkan hasil pembakaran tersebut adalah sebagai berikut. Rumus kimia bahan bakar adalah C8H18. Pada saat proses pembakaran, C8H18 ini bercampur dengan udara yang memiliki rumus O2. Dari hasil kedua rumus kimia tersebut menghasilkan formula 2C8H18+25O2. Setara dengan 16CO2+18H2O.

Di belakang dari hasil formula tersebut menghasilkan H2O. Sedangkan H2O adalah rumus kimia dari air. Karena hal ini lah anda tidak perlu khawatir bila ada air dalam jumlah yang normal keluar dari ujung knalpot mobil anda.

 

Semoga ulasan mengenai penjelasan bahaya air yang keluar dari ujung knalpot mobil ini bisa menghilangkan rasa khawatir anda. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Tips membersihkan kolong mobil tanpa merusak lapisan anti karat.

Beberapa masalah serius akibat mobil jarang dipakai yang wajib kita atasi.

Bahaya yang mengintai kendaraan jika sering kehabisan bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *